. 6 Makanan dan Minuman Ini Pemicu Naiknya Berat Badan | Dailysia

lifestyle

6 Makanan dan Minuman Ini Pemicu Naiknya Berat Badan

By  | 

Kasus obesitas telah meningkat di beberapa kota-kota besar sekarang ini. Hal ini tidak terlepas dari gaya hidup manusia yang cenderung mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji. Akhirnya banyak yang mengambil program diet untuk menurunkan berat badannya.

Belum banyak orang tahu dan menyadari bahwa makanan-makanan yang dikonsumsinya sehari-hari dengan mudah dapat menaikkan berat badannya.

Nah, berikut ini makanan dan minuman apa saja yang bisa dihindari jika kita tidak ingin berat badan kita naik dengan cepat.

Baca juga: 5 Ciri Pacar yang Sudah Gak Mencintai Kamu Lagi

1. Nasi

6 Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Ketika Diet

(foto: unsplash/kevin)

Makanan pokok bangsa Indonesia ini merupakan salah satu penyebab kegemukan. Selain menyebabkan kegemukan, nasi juga menaikkan kadar gula dalam darah. Lalu kandungan apa sebenarnya yang membuat nasi ini menjadi penyebab kegemukan.

Jika dilihat dari hitungannya dalam 186 gram nasi putih mengandung 242 kilo kalori dan 53,2 gram karbohidrat. Karbohidrat pada dasarnya adalah gula.

Zat tersebut dipecah oleh tubuhmu dengan cepat sehingga dapat memberikan energi yang diperlukan untuk bahan bakar tubuhmu dan memberi energi bagi otakmu. Karbohidrat dalam nasi putih sebenarnya dapat dipecah terlalu cepat. 

Zat-zat tersebut membanjiri aliran darahmu dengan gula, menyebabkan pankreas kamu mengirimkan insulin untuk mengeluarkan gula tambahan dari darahmu.

Gula apa pun yang tidak dapat diproses akan disimpan sebagai lemak, karena itu merupakan ide bagus untuk membatasi jumlah karbohidrat dalam makananmu.

2. Steak

6 Makanan dan Minuman Yang Dihindari Ketika Diet

(foto: unsplash/ignacio)

Steak adalah daging yang biasanya diiris melintasi serat otot dan termasuk tulang yang dimasak dengan cara dipanggang.

Kandungan lemak dan protein steak akan bervariasi tergantung pada potongan daging dan cara pembuatannya. Menurut USDA dalam 85g daging sapi panggang (tenderloin) mengandung 179 kalori. 

Jumlah kalori tersebut cukup dapat menstimulasi kegemukan pada tubuhmu. Biasanya, satu porsi steak dihidangkan dengan kentang goreng, mayones, dan sayuran. Kombinasi tersebut menyebabkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi berlipat.

Walaupun daging merah baik untuk pembentukan otot, namun dengan pertimbangan kalori di atas sebaiknya kamu berpikir ulang untuk mengkonsumsinya.

3. Hamburger

6 Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Ketika Diet

(foto: unsplash/carles)

Hamburger adalah penganan yang terbuat dari daging cacah biasanya daging sapi, yang dibentuk bulat, kemudian dipipihkan dan digoreng dengan mentega atau dipanggang diatas bara, biasanya dimakan sebagai isi roti bulat, diberi daun selada, saus tomat, dan bumbu lain.

Kandungan kalori hamburger dengan selembar daging cacah tanpa kondimen (garam, lada, dll) adalah sebesar 266. Sedangkan lemaknya sebesar 10 gram dan karbohidrat 30 gram.

Dilihat dari komposisinya hamburger sangat efektif untuk menambah berat badan. Ada pun teman dari penganan ini tak kalah tinggi kalorinya, sebut saja kentang goreng, soda dan bawang.

Baca juga: 7 Tips Mencapai Financial Freedom Agar Kaya Raya di Usia Muda

4. Gorengan

6 Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Ketika Diet

(foto: unsplash/fikri)

Jenis makanan yang digoreng selalu digandrungi dan biasanya fleksibel kapanpun waktunya untuk dikonsumsi. Ragam dari gorengan pun bermacam-macam, mulai dari camilan sampai lauk untuk makan besar.

Kita mengenal jajanan gorengan yang dekat sekitar kita seperti, gehu, bala-bala, pisang goreng, kroket, dll. Jajanan satu ini juga berpotensi bisa menaikkan berat badan kamu.

Sebagian besar gorengan mengandung tepung terigu. Dalam 100 gram tepung terigu mengandung karbohidrat 76 gram dan 364 kalori. Ini belum termasuk lemak yang didapat dari minyak goreng.

Kamu dapat mengurangi konsumsi gorengan ini untuk menjaga berat badanmu. Jika harus mengkonsumsinya, usahakan menggoreng sendiri dengan menggunakan minyak goreng di rumah yang lebih terjamin karena tidak berulang-ulang dipakainya. 

5. Soda

6 Makanan dan Minuman Yang Wajib Dihindari Ketika Diet

(foto: unsplash/artem)

Minuman ini hadir dalam paket-paket makanan instan atau cepat saji. Mari kita lihat komposisinya. Dalam sekaleng soda itu mengandung 140 kalori dan 36 gram karbohidrat.

Mengonsumsinya setiap hari dapat menaikkan berat badanmu yang lebih banyak lagi. Meminum sekaleng soda per hari sama dengan menambah berat badanmu sekitar 900 gram’an.

Dan cukup untuk memperbesar lingkar pinggangmu. Ada baiknya mengubah kebiasaanmu meminum soda karena pemanis buatannya juga menjadi pemicu penyakit diabetes.

6. Smoothies

6 Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Ketika Diet

(unsplash: joanna)

Perlu diketahui jika minuman ini adalah minuman yang sehat karena dibuat dari buah-buahan, sayuran, atau kombinasi keduanya.

Tujuan dari mengonsumsi minuman ini untuk menyehatkan tubuh kita. Namun, beberapa smoothies sangat sarat dengan kalori dan gula.

Sebagai pertimbangan, dalam segelas smoothies stroberi dan nanas mengandung 106 kalori dan 22 gram karbohidrat. Minuman ini mencampur buah dan produk berbahan dasar susu lainnya sehingga tidak lagi sehat jika dibandingkan dengan jus buah murni. 

Nah, masih ingin mengkonsumsi makanan dan minuman, diatas? Yuk, mulai kurangi selain demi mendapatkan bentuk tubuh impian kamu, kesehatan kalian juga akan terjaga.