teknologi

10 Situs dan Aplikasi Translate Sunda – Indonesia Lengkap dan Akurat

Penulis:   | 

Sebagai salah satu suku terbesar di Indonesia, suku Sunda memiliki kebudayaan yang unik dan menarik.

Selain nilai kesenian yang begitu dijunjung tinggi, salah satu keunikan suku ini terletak pada bahasa asli Suku Sunda.

Dialek atau logat khas suku Sunda terdengar lembut dan alus. Tak jarang, masyarakat yang bukan suku Sunda-pun kerap kali menirukan dialek atau logat suku ini.

kumaha, damang?”,  “Ih, meni geulis pisan”,  adalah beberapa contoh kalimat dalam bahasa Sunda yang kerap kali muncul di sosial media.

Jumlah penduduk suku Sunda sangatlah banyak. Terhitung sekitar 36.701.670 juta jiwa yang telah tersebar di seluruh Indonesia, baik di pulau Jawa hingga pulau Kalimantan.

Dengan demikian, bahasa Sunda menjadi bahasa populer. Terbukti banyak sekali orang belajar menggunakan bahasa daerah ini.

Untungnya untuk belajar bahasa Sunda, kini telah tersedia situs-situs yang dapat menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Sunda dengan perbendaharaan kata yang lengkap dan pastinya akurat.

Jika kamu ingin belajar bahasa Sunda, 10 Situs dan aplikasi ini wajib kamu coba! Berbekal situs dan aplikasi translate Sunda – Indonesia, mengerti dan memahami arti dari bahasa Sunda akan sangat mudah dan cepat.

Baca juga: 10 Situs dan Aplikasi Translate Bahasa Jawa ke Indonesia, Yuk Lestarikan Budaya Bangsa

1. Google Translate

Aplikasi Translate Bahasa Sunda-Indonesia

(foto: playstore)

Google Translate tentu menjadi situs pertama yang dapat kamu manfaatkan untuk menerjemahkan bahasa Sunda ke bahasa Indonesia atau bahkan sebaliknya.

Kemampuan Google Translate dalam menerjemahkan bahasa Sunda ke Indonesia tak layak untuk diragukan lagi.

Google Translate mampu mengartikan satu demi satu kata, hingga kalimat yang kamu masukan pada kolom penerjemahan.

Hasil penerjemahanpun akurat dan kemampuan mesin penerjemahan akan terus ditingkatkan.

Selain itu, kamu juga bisa belajar cara pengucapan kalimat dalam bahasa Sunda melalui fitur listening atau dengarkan pada Google Translate.

Kunjungi Situs Google Translate | Download Aplikasi Google Translate

2. Yandex Translate

Aplikasi Translate Bahasa Sunda-Indonesia

(foto: playstore)

Sebagai mesin pencarian terbesar di Rusia, Yandex ternyata memberikan kemampuan untuk menerjemahkan bahasa Sunda ke Indonesia pada situs dan aplikasi mereka yakni Yandex Translate.

Kamu hanya perlu memasukan kata atau kalimat, kemudian Yandex Translate akan menerjemahkan bahasa Sunda ke Indonesi atau sebaliknya secara cepat.

Kelebihan dari Yandex Translate adalah fitur translate dokumen, gambar serta situs berbahasa Sunda.

Dengan demikian, kamu dapat mengunggah file berbahasa Sunda dalam format doc, docx, ppt, xsl dan lain sebagainya. Mesin Yandex akan bekerja untuk menerjemahkan dokumen tersebut.

Fitur ini sangat berguna ketika kamu ingin menerjemahkan e-book dalam bahasa Sunda ke bahasa Indonesia.

Kunjungi Situs Yandex Translate| Download Aplikasi Yandex Translate

3. IndoLang 

Aplikasi Translate Bahasa Sunda-Indonesia

(foto: IndoLang)

Jika dua situs di atas berasal dari luar negeri, situs yang satu ini hasil buatan anak bangsa alias asli Indonesia.

IndoLang memiliki kemampuan yang cukup mumpuni. Terbukti, IndoLang mampu menerjemahkan bahasa Sunda secara tepat.

Kamu hanya perlu menulis kata bahasa Sunda, dan IndoLang akan mengartikannya dalam Bahasa Indonesia. Prinsip kerja yang hampir sama seperti Google Translate.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur send to WA dan Telegram sehingga pengguna tak perlu menyalin kata namun bisa langsung mengirim pesan WA atau telegram kepada orang yang dituju.

IndoLang merupakan situs web dan tidak tersedia untuk versi Aplikasi. Kamu bisa mengunjung situs IndoLang pada link dibawah ini.

Kunjungi Situs IndoLang

4. Terjemahan Sunda

Aplikasi Translate Bahasa Sunda-Indonesia

(foto: terjemahansunda)

Menawarkan tampilan yang sederhana, praktis dan mudah digunakan, situs TerjemahanSunda.com jadi rekomendasi berikutnya.

Situs ini mengizinkan penggunanya untuk memasukan 5000 karakter dalam bahasa Sunda yang kemudian akan diterjemahkan  ke dalam Bahasa Indonesia.

Hal tersebut berlaku juga untuk sebaliknya yakni ketika kamu ingin mengubah bahasa Indonesia ke bahasa Sunda.

Meski terlihat sangat sederhana, tingkat keakuratan situs ini cukup tinggi, ditambah lagi mereka memberikan daftar riwayat terjemahan teks dari setiap pengguna dari waktu ke waktu.

Dari daftar riwayat ini, kita juga akan menemukan kalimat-kalimat sehari-hari yang mungkin akan menambah referensimu mengenai bahasa Sunda.

Kunjungi Situs Terjemahan Sunda

5. Kamus-Sunda.com

Aplikasi Translate Bahasa Sunda-Indonesia

(foto: kamussunda)

Masih dengan situs buatan Indonesia, kali ini Kamus-Sunda.com menjadi situs penerjemahan bahasa Sunda ke Indonesia yang dapat kamu gunakan.

Tidak hanya menawarkan translate dari  bahasa Sunda umum, namun situs ini juga menyediakan penerjemahan untuk bahasa Sunda kasar maupun halus.

Perlu diketahui bersama, ketika kita berbicara dengan orang yang lebih tua, umumnya orang Sunda akan menggunakan bahasa Sunda halus agar lebih sopan.

Selain menyediakan fitur penerjemahan kata dan kalimat, sesuai nama situs yang diusung, kamus-sunda.com menyediakan kamus Sunda dari abjad A hingga Z serta frasa yang sering kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kunjungi Situs Kamus Sunda

Baca juga: 15 Situs dan Aplikasi Nonton Anime Sub Indo, Bisa Nonton Sepuasnya!

6. DocTranslator

DocTranslator

(foto: doctranslator)

Di urutan ke-6, ada DocTranslator. Situs yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang hendak menerjemahkan dokumen dalam bahasa Sunda ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Proses translate yang dilakukan DocTranslator sangat cepat dan praktis. Kamu bisa mengunggah dokumen secara manual melalui tombol atau  menyeret dokumen tersebut.

DocTranslator  bekerja sama dengan Google Translate untuk mesin penerjemahnya. Sehingga bisa dipastikan cukup akurat.

Dokumen yang kamu unggah, akan dihapus secara otomatis oleh sistem satu jam setelah kamu  mengunggahnya. Jadi jangan khawatir, dokumenmu akan dijaga privasinya.

Kunjungi Situs DocTranslator

7. LingvaNex

LingvaNex

(foto: lingvanex)

LingvaNex memiliki kemampuan yang sangat mumpuni untuk menerjemahkan bahasa termasuk  bahasa Sunda ke Indonesia atau sebaliknya.

Pada situs, kamu diizinkan untuk menulis sebanyak 10000 karakter bahasa Sunda dan menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia.

Hasil penerjemahan bisa langsung kamu bagikan ke sosial media seperti WA, Telegram, Twitter dan lain sebagainya.

Tak hanya menyediakan situs online, LingvaNex juga menyediakan versi Windows, Android dan iOs.

LingvaNex versi Windows memiliki kemampuan yang lebih keren lagi yakni ada fitur penerjemahan dokumen secara real time.

Kunjungi Situs | Download LingvaNex

8. Sundanese – Indonesian Translator

Aplikasi Translate Bahasa Sunda-Indonesia

(foto: playstore)

Sundanese – Indonesian Translator merupakan aplikasi Android yang dapat kamu gunakan untuk menerjemahkan bahasa Sunda ke Indonesia dan sebaliknya.

Tampilan UI aplikasi ini sangat sederhana dan praktis, sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk mengoperasikannya.

Aplikasi ini menerima input-an bahasa dalam bentuk teks maupun suara. Proses penerjemahan-nya pun sangat cepat.

Selain itu disediakan pula fitur loved untuk menandai kata-kata yang kamu suka. Kamu juga dapat menyalin kata dengan mudah melalui tombol yang telah disediakan.

Download Sundanese – Indonesian Translator

9. Kamus Sunda Lengkap (Offline)

Aplikasi Translate Sunda-Indonesia

(foto: playstore)

Kamus Sunda karya Sukron Jazuli menyediakan fitur kamus Sunda- Indonesia secara offline. Tentu fitur ini sangat berguna ketika kamu berada di luar rumah tanpa koneksi internet.

Kamu dapat memasukan kata dalam bahasa Sunda dan melihat arti dalam bahasa Indonesia. Kata dari abjad A-Z tersedia dalam aplikasi ini.

Selain itu ada pula section percakapan, yang mana kamu akan diajarkan untuk menggunakan bahasa Sunda pada kondisi tertentu.

Misalnya percakapan umum yang biasa terjadi dengan teman di sekolah, percakapan mengenai rencana belanja, percakapan ketika kenalan dengan orang lain di jalan.

Tak hanya itu saja, Kamus Sunda juga menyediakan fitur translate online yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan kalimat secara realtime.

Fitur online penerjemah Bahasa Sunda- Indonesia pada aplikasi ini sejatinya menggunakan API Google sehingga menghasilkan penerjemahan yang tepat.

Download Kamus Sunda Lengkap (Offline)

10. Google Lens

 Google Lens

(foto:playstore)

Google Lens akan menjadi penutup dari daftar situs dan aplikasi translate Sunda-Indonesia. Aplikasi racikan Google yang satu ini memang ajaib.

Ya! Kamu dapat menerjemahkan bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia berbekal kamera smartphonemu.

Kerennya lagi, kamu hanya perlu membidik kata atau kalimat dalam bahasa Sunda. Dan hasil penerjemahan dalam  bahasa Sunda akan langsung muncul.

Download Google Lens

Deretan situs dan splikasi translate Sunda – Indonesia diatas bisa kamu coba untuk membantu menerjemahkan kosa kata atupun kalimat berbahasa Sunda. Selain itu, beberapa juga bisa membantu memberikan pelafalan yang benar.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.