teknologi

10 Situs dan Aplikasi Translate Bahasa Jawa ke Indonesia, Yuk Lestarikan Budaya Bangsa

Penulis:   | 

Suku Jawa merupakan suku terbesar di Indonesia. Populasi dari suku yang satu ini memang belum terkalahkan oleh suku lain di Indonesia.

Berdasarkan data, jumlah populasi suku Jawa kurang lebih 100 juta jiwa dan telah tersebar di seluruh pulau di Indonesia bahkan di mancanegara seperti Malaysia, Suriname dan Belanda.

Itulah alasan mengapa bahasa Jawa begitu terkenal dan sering kali kita dengar atau baca, baik di real life maupun di sosial media.

Bahkan, lagu lokal bahasa Jawa akhir-akhir ini kerap kali trending di YouTube Indonesia.

Meski pun ada banyak kata dalam bahasa Indonesia yang diadopsi langsung dari bahasa Jawa, fakta-nya ada banyak kata dalam bahasa Jawa yang sifatnya unik.

Bahasa Jawa sendiri memiliki beberapa tingkatan seperti krama alus, krama inggil dan ngoko. Untuk belajar bahasa Jawa memang membutuhkan usaha yang tekun.

Namun sebenarnya, belajar bahasa Jawa sedikit lebih mudah dibanding bahasa daerah lainnya.

Kabar baiknya, saat ini tersedia situs atau aplikasi yang dapat membantumu menerjemahkan bahasa Jawa ke bahasa Indonesia dalam hitungan detik saja.

Ini akan membuatmu semakin memahami arti dari lagu bahasa jawa yang kerap kamu dengar, atau membuatmu makin akrab dengan saudara, teman, sahabat yang berasal dari suku Jawa.

Penasaran apa saja situs dan aplikasinya? Simak daftarn situs dan splikasi translate bahasa Jawa ke Indonesia berikut ini.

Baca juga: 15 Situs dan Aplikasi Nonton Anime Sub Indo, Bisa Nonton Sepuasnya!

1. Google Translate

Aplikasi Translate Bahasa Jawa-Indonesia

(foto: playstore)

Tak bisa dipungkiri, kemampuan Google Translate dalam menerjemahkan bahasa Jawa ke bahasa Indonesia sangatlah mumpuni.

Google Translate mampu mendeteksi bahasa Jawa dalam bentuk krama alus,  inggil atau pun ngoko dan langsung menerjemahkan-nya ke bahasa Indonesia.

Tak hanya itu saja, dialek atau pengucapan dalam bahasa Jawa juga bisa kamu pelajari dengan cara menekan tombol speaker. Pengucapan kata khas jawa alias “medok” bisa kamu pelajari melalui fitur ini.

Seperti yang kita tahu, kecerdasan Google Translate dalam menerjemahkan bahasa terus ditingkatkan sehingga tingkat keakuratannya sangat tinggi.

Kunjungi Situs Google Translate | Download Aplikasi Google Translate

2. Yandex Translate

Aplikasi Translate Bahasa Jawa-Indonesia

(foto: playstore)

Mengikuti jejak Google Translate, Yandex menawarkan kemampuan untuk menerjemahkan bahasa Jawa ke bahasa Indonesia melalui aplikasi dan situs mereka yakni Yandex Translate.

Dari segi kemampuan, memang harus diakui Yandex Translate belum se-cerdas Google Translate dalam hal mengenali jenis-jenis bahasa dalam bahasa Jawa.

Yandex Translate belum mampu mendeteksi krama alus atau pun krama inggil. Akan tetapi, untuk menerjemahkan bahasa jawa umum (ngoko), situs ini telah menampilkan hasil yang tepat.

Salah satu kelebihan dari Yandex Translate adalah kemampuannya menerima karakter hingga 10000 dalam sekali proses penerjemahan.

Kunjungi Situs Yandex Translate| Download Aplikasi Yandex Translate

3. LingvaNex

LingvaNex

(foto: lingvanex)

Berada diurutan ketiga, LingvaNex juga menyediakan fitur translate Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia.

Tak diduga, ternyata LingvaNex mampu mendeteksi bahasa Jawa dengan baik seperti krama alus, inggil dan ngoko.

Kamu hanya perlu memasukan kata dalam bahasa Jawa, kemudian LingvaNex akan memberikan hasil penerjemahan-nya.

LingvaNex mengizinkan penggunanya untuk memasukan 10.000 karakter pada form yang telah disediakan.

Salah satu kelebihan dari LingvaNex adalah cross platform software yakni tersedia dalam bentuk situs, aplikasi android, ios serta aplikasi desktop.

Pada versi Windows, pengguna diberikan fitur untuk menerjemahkan file dalam format pdf, doc, docx dan lain sebagainya secara realtime melalui aplikasi ini.

Kunjungi Situs | Download LingvaNex

4. Translator Jawa

Aplikasi Translate Bahasa Jawa-Indonesia

(foto: playstore)

Berawal dari sebuah situs penerjemah Bahasa Jawa-Indonesia bernama “monggo silahkan”, kini situs tersebut bertransformasi menjadi aplikasi Android bertajuk Translator Jawa.

Sudah pasti, aplikasi ini menyediakan fitur translate bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia atau pun sebaliknya. Selain itu, Translator Jawa menyediakan fitur pemilihan jenis bahasa Jawa baik ngoko, krama alus dan krama inggil.

Tak berhenti di situ saja, Translator Jawa juga menyediakan  kamus  bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia mulai dari abjad A hingga abjad B.  Hal ini akan menambah perbedaharan kata dalam bahasa Jawa.

Download Translator Jawa

5. Translate Bahasa Jawa

Aplikasi Translate Bahasa Sunda-Indonesia

(foto: playstore)

Berlanjut ke aplikasi selanjutnya, Aplikasi Translate Bahasa Jawa karya Code Source Studio bisa jadi pilihan berikutnya.

Aplikasi ini diciptakan untuk menerjemahkan bahasa dalam bentuk teks, atau pun melalui suara kita.

Tak muluk-muluk, Aplikasi ini memang tidak  menyediakan kamus, namun ada satu fitur keren yang dapat kamu nikmati.

Fitur tersebut adalah penerjemahan bahasa Jawa menggunakan kamera smartphone. Kamu hanya perlu membidik objek yang mengandung tulisan dalam bahasa jawa, kemudian aplikasi akan mengubahnya ke dalam bahasa Indonesia secara realtime.

Download Translate Bahasa Jawa

Baca juga: 12 Aplikasi Kamera Tembus Pandang yang Wajib Dicoba

6. Javanese Indonesian Translator

Aplikasi Translate Bahasa Jawa-Indonesia

(foto: playstore)

Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, Javanese Indonesian Translator menawarkan fitur translate bahasa Jawa ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Bedanya, tampilan pada aplikasi ini terlihat lebih minimalis dan praktis alias lebih mengutamakan fungsionalitas.

Penggunanya hanya perlu memasukan kata atau kalimat pada form yang tersedia, kemudian hasil terjemahan akan ditayangkan pada bilik yang telah tersedia.

Selain menerima kalimat dalam bentuk teks, Javanese Indonesian Translator juga menerima masukan kata atau kalimat melalui rekaman suara.

Download Javanese Indonesian Translator

7. Javanese – Indonesian

Aplikasi Translate Bahasa Jawa-Indonesia

(foto: playstore)

Aplikasi Translate Javanese-Indonesia racikan Hypertonic menjadi rekomendasi aplikasi translate bahasa Jawa ke bahasa Indonesia berikutnya.

Sejujurnya, tampilan dari aplikasi ini memang sangat sederhana dan minimalis.

Tampilan yang sederhana memiliki kelebihan pada sisi efisiensi, tak menyita banyak ruang memori dan akses aplikasi yang cepat.

Untuk segi kemampuan penerjemahan, Aplikasi Javanese-Indonesia  tergolong cukup mumpuni dan menyajikan hasil terjemahan yang baik.

Javanese-Indonesia dapat diunduh secara gratis serta hanya memiliki ukuran sekitar 4,1 MB.

Download Javanese-Indonesia  

8. Bocah Kampus

Bocah Kampus

(foto: bocahkampus)

Selain memberikan informasi mengenai kampus, karier, dan dunia pendidikan, situs Bocah Kampus ternyata juga menyediakan fitur penerjemah bahasa Jawa ke bahasa Indonesia.

Tampilan dari situs ini memang sangat sederhana. Namun bocahkampus menyediakan beberapa pilihan translate lho.

Diantaranya yakni bahasa jawa ke bahasa Indonesia, ada pula Indonesia ke Jawa Ngoko, Indonesia ke Krama Alus ataupun Indonesia ke Krama Inggil.

Kamu hanya perlu memasukan teks pada box yang disediakan, kemudian hasil penerjemahan akan muncul ketika kamu menekan tombol translate yang tersedia.

Kunjungi Situs Bocah Kampus

9. Kamus Jawa Dan Terjemahan

Aplikasi Translate Bahasa Jawa-Indonesia

(foto: playstore)

Aplikasi ini menyediakan fitur kamus yang dapat kamu akses tanpa koneksi internet.  Hal ini akan memudahkanmu untuk menemukan kata dalam bahasa Jawa dan melihat arti kata tersebut dalam bahasa Indonesia.

Tak ketinggalan, ada pula fitur translate kalimat dalam bahasa Jawa ke bahasa Indonesia yang lebih kompleks. Aplikasi Kamus Jawa dan Terjemahan menggunakan API Google Translate untuk menerjemahkan kata ataupun kalimat.

Download Kamus Jawa dan Terjemahan

10. SemutAspal.com

SemutAspal.com

(foto: semutaspal)

SemutAspal akan menjadi penutup daftar situs dan aplikasi penerjemah bahasa Jawa ke bahasa Indonesia.

Nama situs yang unik untuk sebuah situs penerjemah bahasa. Ya! Semut Aspal akan menolongmu untuk mengartikan bahasa Jawa ke bahasa Indonesia.

Semut Aspal menyediakan beberapa pilihan bahasa Jawa, yakni Bahasa Jawa Kramantara, Wreda-Krama, dan Krama Pasar.

3 Jenis tersebut bisa kamu translate secara otomatis melalui situs ini. Selain itu, kamu juga bisa mengubah bahasa Indonesia ke bahasa Jawa sesuai jenis bahasa Jawa yang kamu pilih.

Kunjungi Situs Semut Aspal

Nah, itu tadi daftar  situs dan splikasi translate bahasa Jawa ke Indonesia yang bisa kami coba. Ini bisa kamu gunakan untuk lebih mudah memahami percakapan sehari-hari.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.