teknologi

10 Aplikasi Translate Bahasa Arab, Translate Arab-Indonesia Jadi Mudah

Penulis:   | 

Aplikasi Translate Bahasa Arab – Bahasa Arab menjadi sangat spesial di Indonesia karena mayoritas penduduk dalam negeri adalah beragama Islam dan menggunakan kitab suci Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dalam menjalankan setiap ibadahnya. 

Sayangnya, tak semua orang Indonesia dapat menerjemahkan bahasa Arab dan perlu waktu untuk belajar membaca dan mengucapkannya. 

Wajar saja karena bahasa Arab adalah bahasa yang menggunakan aksara berbeda dengan bahasa Indonesia. Selain itu, pengucapannya pun berbeda dan terbilang sulit dibanding bahasa lainnya. 

Bahkan cara membaca tulisan Arab adalah dari kanan ke kiri. Sangat berbeda dengan tata cara baca bahasa lain di dunia ini.

Namun, di era teknologi seperti sekarang ini sudah ada banyak aplikasi yang akan membantu kita memahami bahasa dan tulisan Arab dengan cara menerjemahkannya ke bahasa Indonesia.

Benarkah aplikasi translate bahasa Arab ini dapat bekerja secara optimal dan membantu kita? Apakah hasil terjemahan akurat? Temukan jawabannya pada daftar 10 aplikasi translate bahasa Arab gratis berikut ini. 

Baca juga: 10 Cara Menambah Subscriber YouTube, Makin Tenar dengan Cara Ini!

1. Google Translate

Aplikasi Translate Bahasa Sunda-Indonesia

(foto:playstore)

Kemampuan Google Translate/ Terjemahan untuk menerjemahkan bahasa tak bisa diragukan lagi. Google Translate dapat mengenali bahasa arab secara otomatis bahkan ketika kita menempel bahasa Arab pada form translate yang disediakan. 

Cukup salin bahasa Arab yang ingin kamu terjemahkan dan dapatkan hasilnya dalam bahasa Indonesia dalam hitungan detik saja. 

Selain itu, kamu juga bisa mengubah bahasa Indonesia ke dalam tulisan Arab dan menyalin hasilnya untuk digunakan. 

Tak hanya itu saja, Google Translate juga dapat mendeteksi bahasa Arab melalui fitur terjemahan suara sehingga kamu tak perlu repot menulis kata dalam tulisan Arab. 

Download Google Translate

2. Google Lens

Aplikasi Translate Bahasa Sunda-Indonesia

(foto:playstore)

Google Lens adalah bagian dari Google Translate namun keduanya diciptakan dalam dua aplikasi yang berbeda. Bedanya adalah Google Lens menggunakan lensa kamera untuk menerjemahkan kata. 

Google Lens sendiri mampu mendeteksi tulisan Arab dan menerjemahkannya secara realtime. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membidik tulisan Arab yang ada di Al-Qur’an, buku, benda, atau apapun itu. 

Hasil terjemahan akan muncul di layar smartphone mu dalam hitungan detik saja lho. Sangat canggih bukan? 

Download Google Lens

3. Indonesia – Arab Translator

10 Aplikasi Translate Bahasa Arab Gratis dan Akurat

(foto: playstore)

Aplikasi berikut adalah Indonesia – Arab Translator. Senada dengan nama yang diusung, aplikasi ini menyediakan fitur terjemahan bahasa Arab ke bahasa Indonesia yang akurat dan cepat atau sebaliknya. 

Lewat aplikasi ini kamu dapat menerjemahkan bahasa Arab baik dalam bentuk teks maupun suara. Tentu saja, kamu bisa belajar mengucapkan bahasa Arab dengan benar melalui aplikasi Indonesia – Arab Translator. 

Selain itu, disediakan pula tombol clipboard jika kamu ingin menyalin bahasa Arab dan menggunakannya di aplikasi lainnya.

Download Indonesia Arab Translator

4. Kamus Arab Indonesia

10 Aplikasi Translate Bahasa Arab Gratis dan Akurat

(foto: playstore)

Aplikasi yang dapat menerjemahkan bahasa Arab berikutnya adalah Kamus Arab Indonesia buatan Ristek Muslim. Kamus elektronik Arab ini telah menyediakan database kata hingga 154.644 kata. 

Dengan jumlah kata yang tersedia, tentu kamu dapat menerjemahkan kata dengan mudah. Tak hanya menyediakan kamus bahasa Arab, disediakan pula Kamus Munawwir, Kamus Kamus Lisanul Arab, Kamus Al-Qur’an untuk pencarian ayat Al-Qur’an.

Kamu bisa memasukan kata dalam bahasa Arab dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

Kata dapat kamu input dalam bentuk teks maupun suara. Aplikasi ini benar-benar paket komplit yang menyediakan semua kebutuhanmu. 

Download Kamus Arab Indonesia

5. Indonesian Arabic Translator

Indonesian Arabic Translator

(foto: playstore)

Indonesian Arabic Translator jadi alternatif berikutnya yang dapat kamu gunakan untuk menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia. 

Berbekal aplikasi ini kamu dapat mentranslate bahasa Arab dengan sangat mudah dan cepat lho. Cukup masukan bahasa Arab pada form yang disediakan, bisa dalam bentuk teks ataupun suara. Sistem akan menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. 

Kamu juga bisa mengubah bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab dengan cara yang sama. Dengan fitur yang dibawa, aplikasi ini dapat kamu gunakan secara gratis. 

Download Indonesian Arabic Translator

Baca juga: Lulubox APK, Aplikasi Android yang Banyak Diburu Para Gamer

6. Almaany Kamus Arab Indonesia

Almaany

(foto: playstore)

Memiliki rating yang cukup tinggi, Almaany Kamus Arab Indonesia jadi rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa Arab selanjutnya. Aplikasi ini memiliki pustaka bahasa yang lengkap. 

Masukan kata yang ingin kamu terjemahkan pada form yang telah disediakan. Kamu bisa menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia atau bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab. 

Selain itu aplikasi ini juga dapat dioperasikan dalam kondisi offline sehingga dapat kamu gunakan dimanapun kamu mau. Ditambah lagi, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. 

Download Almaany Kamus Arab Indonesia

7. Kamus Arab Indonesia

10 Aplikasi Translate Bahasa Arab Gratis dan Akurat

(foto: playstore)

Mendapatkan review yang sangat positif dari banyak pengguna, kamus Arab Indonesia buatan Kamusku adalah pilihan selanjutnya.

Kamusku dikenal sebagai developer kamus yang profesional dan mampu menciptakan sistem yang akurat. 

Masukan kata dalam bahasa Arab dan terjemahan dalam bahasa Indonesia akan muncul secara langsung.

Begitu pula dengan sebaliknya, kamu juga bisa menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Arab dengan mudah. 

Aplikasi ini tidak membutuhkan internet untuk beroperasi sehingga kamu bisa menggunakan kapanpun dan dimanapun. Menariknya, aplikasi Kamus Arab Indonesia dapat kamu unduh secara gratis. 

Download Kamus Arab Indonesia

8. Yandex Translate 

Yandex Translate 

(foto: playstore)

Yandex adalah situs pencarian layaknya Google buatan Rusia. Selain menawarkan fitur pencarian informasi, Yandex juga merilis Yandex Translate sebagai situs dan aplikasi penerjemah bahasa. 

Ada banyak bahasa yang dapat diterjemahkan termasuk bahasa Arab. Mirip seperti Google Translate kamu hanya perlu memasukan kata ataupun suara dalam bahasa Arab, maka terjemahan dalam bahasa Indonesia akan muncul. 

Hal ini juga berlaku untuk sebaliknya ya. Bicara soal keakuratan, tentu Yandex Translate dibekali dengan machine yang cukup canggih dengan kosa kata bahasa yang terus diperbaharui. 

Download Yandex Translate

9.  Microsoft Translator

Aplikasi Translate Bahasa Inggris-Indonesia

(foto:playstore)

Seolah tak mau kalah, Microsoft juga merilis Microsoft Translator sebagai mesin atau alat penerjemah bahasa buatan mereka. Microsoft Translator telah dibekali kemampuan menerjemahkan bahasa termasuk bahasa Arab ke Indonesia.

Berbekal aplikasi ini kamu hanya perlu mengetik kata dalam bahasa Arab, kemudian hasil terjemahan dalam bahasa  Indonesia akan muncul dalam hitungan detik saja. 

Selain teks, Microsoft Translator juga menyediakan terjemahan via suara agar memudahkan pengguna dalam menginput kata. 

Selain itu, tersedia pula cara pelafalan atau pengucapan kata dalam bahasa Arab supaya kita tak salah kaprah dalam membaca dan mengucapkannya. 

Download Microsoft Translator

10. Penerjemah Bahasa Arab Indonesia

10 Aplikasi Translate Bahasa Arab Gratis dan Akurat

(foto: playstore)

Di urutan terakhir dan akan menjadi penutup daftar kali ini adalah Aplikasi penerjemah bahasa Arab Indonesia karya TTMA Apps. Aplikasi terjemahan ini sejatinya menyuguhkan UI yang sederhana dan ringan. 

Walau demikian, kemampuan terjemahannya cukup akurat. Aplikasi terjemahan ini menerima masukan kata dalam bentuk teks ataupun suara. Tak hanya menerjemahkan bahasa Arab ke Indonesia. 

Aplikasi ini juga dapat melakukan sebaliknya, yakni menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Arab. 

Dengan aplikasi ini kamu dapat dengan mudah memahami arti dan maksud dari tulisan Arab yang sering kamu baca dan temukan. 

Download Penerjemah Bahasa Arab Indonesia

Akhir kata

Inilah daftar aplikasi penerjemah bahasa Arab ke bahasa Indonesia yang dapat kamu coba. Setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, temukanlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu!

Belajar bahasa Arab memang tidak mudah, namun di zaman serba canggih seperti sekarang ini tidak ada alasan untuk tidak belajar.

Apalagi saat ini kita sudah dibantu oleh aplikasi-aplikasi yang sudah canggih dan akurat. Semangat belajar!

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.