teknologi

10 Cara Menambah Subscriber YouTube, Makin Tenar dengan Cara Ini!

Penulis:   | 

Cara Menambah Subscriber YouTube – Sampai saat ini popularitas YouTube sebagai aplikasi dan situs streaming video tak kendor sedikit pun, malahan makin meningkat. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya pengguna YouTube.

Tak hanya penonton yang terus meningkat dan aktif, jumlah creator YouTube juga terus berkembang dan bertambah.

Tak ayal, beberapa dari mereka bahkan fokus membuat video dan menghasilkan uang dari sistem monetizing yang disediakan YouTube. 

Untuk menjadi creator yang terkenal dibutuhkan subscriber yang setia mengikuti setiap video yang kita upload. Semakin banyak jumlah subscriber, makan semakin besar pula potensi untuk meningkatkan jumlah views video kita. 

Sayangnya, menambah atau menemukan subscriber adalah hal yang tricky atau susah-susah gampang. Butuh beberapa langkah khusus agar akunmu dikenal orang dan mendapatkan subscriber baru.

Tenang, kami telah berhasil merangkum 10 cara menambah subscriber YouTube yang dapat kamu coba dan terapkan. Apa saja? Simak informasi berikut ini. 

Baca juga: 7 Cara Dapat Uang dari Nonton YouTube, Cuma Modal Internet

1. Buat video yang unik dan menarik

10 Cara Menambah Subscriber YouTube, Makin Tenar dengan Cara Ini!

(foto: esqnews)

Prinsip fundamental yang selalu dimiliki oleh seorang kreator sukses adalah membuat konten video sebagus mungkin dan se-unik mungkin. 

Ada banyak orang gagal menjadi seorang kreator video yang sukses karena lebih fokus kepada uang sehingga melupakan kualitas video yang seharusnya bisa ditayangkan secara maksimal. 

Bagaimanapun, kualitas tayangan video adalah senjata pamungkas untuk menggaet banyak orang untuk menonton video yang kita buat atau bahkan menjadi subscriber setia kita. 

Pastikan kamu membuat dan mengunggah video dengan ide yang menarik dan unik sehingga video buatanmu standing out atau lebih mudah dijangkau oleh orang lain. Apalagi jika konten video yang kamu buat sesuai dengan selera penonton. 

Video yang berkualitas umumnya memiliki dampak yang kuat kepada penonton. Berhasil membuat mereka sedih, senang, terhibur, tercerahkan atau lain sebagainya.

Intinya, fokuslah pada konten video yang kamu buat bukan terhadap uang atau hal lain yang mengganggu motivasimu dalam menciptakan konten berkualitas.

2. Upload video secara konsisten dan rutin

10 Cara Menambah Subscriber YouTube, Makin Tenar dengan Cara Ini!

(foto: socialmediaexaminer)

Konsistensi adalah kunci utama untuk mendapatkan dan menambah subscriber YouTube. Konsisten disini lebih berbicara kepada waktu upload yang rutin dan terjadwal.

Bayangkan jika kamu mengunggah video sebulan satu kali, tentu potensi subscriber naik sangatlah sedikit. Kecuali jika kamu berhasil mengunggah video yang langsung viral dan trending, mungkin bisa.

Namun, kesempatan untuk viral dan trending berkaitan dengan kesempatan bertemu keberuntungan yang mana momentum setiap orang akan berbeda-beda. 

Untuk creator yang baru mulai, disarankan untuk mengunggah video setidaknya seminggu satu kali atau seminggu dua kali. Lebih dari itu justru lebih bagus.

Namun ingat, harus kembali ke prinsip nomor satu yakni kualitas video adalah yang nomor satu.

Jika unggahan video terjadwal secara rutin, kesempatan untuk menemukan subscriber baru lebih tinggi.

3. Thumbnail dan judul yang menarik 

10 Cara Menambah Subscriber YouTube, Makin Tenar dengan Cara Ini!

(foto: canva)

Judul dan thumbnail adalah hal pertama yang dilihat oleh penonton, jadi pastikan kamu membuat judul semenarik mungkin dan thumbnail yang benar-benar menggoda orang untuk menonton videomu. 

Tak masalah untuk membuat judul yang sedikit clickbait asal sesuai dengan isi content yang disuguhkan.

Deddy Corbuzier adalah salah satu YouTuber kondang yang sampai sekarang masih membuat judul yang clickbait ditambah lagi thumbnailnya pun selalu sukses membuat orang penasaran. 

Kamu bisa menggunakan software desain seperti adobe photoshop untuk membuat thumbnail yang menarik.

Atau bahkan saat ini sudah tersedia situs yang dapat kamu gunakan untuk membuat thumbnail seperti canva, picmaker, simplified, dan masih banyak lainnya. 

Beberapa situs bahkan telah menyediakan template khusus, sehingga kamu hanya tinggal perlu mengedit beberapa bagian kecil saja.

4. Perpanjang durasi video

10 Cara Menambah Subscriber YouTube, Makin Tenar dengan Cara Ini!

(foto: pngtree)

Algoritma YouTube selalu mendapatkan pembaruan dari Google yang sifatnya rahasia dan tidak diketahui oleh siapapun kecuali pencipta algoritma tersebut. Namun, selayaknya sistem tentu bisa ditebak dan dipelajari seiring dengan berjalannya waktu. 

Beberapa creator ternama kini mengunggah video berdurasi lama yang ternyata punya pengaruh yang kuat untuk menaikan views atau engagement.

Dengan durasi yang lama, maka penonton akan menggunakan YouTube dalam jangka waktu yang lama pula. 

Dan YouTube menyukai hal ini. Selain itu, cara ini juga akan menaikan watch time dan average view akun YouTubemu. 

5. Terapkan SEO YouTube

10 Cara Menambah Subscriber YouTube, Makin Tenar dengan Cara Ini!

(foto: anderapp)

Selayaknya Google, YouTube juga memiliki arsitektur yang berhubungan dengan SEO atau Search Engine Optimization. Dengan menerapkan prinsip SEO, kemungkinan video kita ada dalam pencarian teratas sangat besar. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi SEO di YouTube adalah sebagai berikut ini:

  • Buat judul dengan keyword yang sering dicari oleh orang (cocok untuk video tutorial, video informatif, dan lain sebagainya)
  • Menambahkan Kategori Website
  • Menerapkan Hashtag
  • Mengoptimasi deskripsi pada setiap video yang diunggah

Baca juga: HappyMod APK, Solusi Praktis Berburu Aplikasi Mod

6. Buat rekomendasi video

10 Cara Menambah Subscriber YouTube, Makin Tenar dengan Cara Ini!

(foto: tubeskills)

Strategi berikutnya adalah membuat rekomendasi video untuk setiap video yang kamu unggah. Tujuannya adalah agar pengguna YouTube menonton setiap video yang kamu upload. 

Semakin banyak orang yang menonton video YouTube buatanmu, tentu akan berkaitan dengan jumlah subscriber yang kamu miliki akan terus bertambah. 

Fitur rekomendasi video ini tersedia pada pengaturan YouTube Studio, pastikan kamu mengaktifkannya agar pengunjung YouTubemu menemukan beberapa pilihan video untuk ditonton selanjutnya. 

7. Membuat konten video berseri

10 Cara Menambah Subscriber YouTube, Makin Tenar dengan Cara Ini!

(foto: google)

Membuat konten video dengan konsep serial atau episode bisa jadi cara jitu untuk menggaet banyak subscriber. Contohnya adalah serial “malam minggu miko” buatan Raditya Dika yang sukses memikat hati penonton. 

Umumnya, konten berseri membuat orang lain penasaran dan menunggu seri-seri berikutnya dari video yang dibuat oleh sang creator.

Dan karena tidak ingin ketinggalan, mau tidak mau mereka akan mendaftarkan diri sebagai pelanggan atau subscriber. 

Konten berseri juga ada kaitannya dengan playlist yang dapat dibuat di YouTube. Berkat bantuan fitur playlist maka video per episode akan ditayangkan secara urut. 

8. Berikan kalimat “Call To Action”

Berikan kalimat “Call To Action”

(foto: ctfassets)

Jangan lupa untuk selalu mengajak pengunjung atau penonton videomu untuk melakukan subscribe dengan kalimat ajakan yang menarik.

Seperti “jangan lupa subscribe ya, karena subscribe itu gratis” atau menggunakan bahasa lain yang lebih menarik dan anti mainstream. Kalimat seperti ini sangat penting untuk diucapkan di awal atau di akhir video.

Oleh sebab itulah, YouTuber kondang pun memberikan space waktu di akhir video berisi ajakan untuk berlangganan melalui tayangan animasi, cuplikan video berisi ajakan, atau bahkan lewat giveaway. 

9. Balas komentar

Balas komentar

(foto: falcon)

Membalas komentar adalah hal yang wajib kamu lakukan di saat merintis akun YouTube. Mengapa penting?

Alasan yang pertama adalah karena kamu hanya bisa membalas komentar satu per satu ketika jumlah subscriber belum terlalu banyak. 

Bayangkan jika kamu sudah memiliki lebih dari 1 juta subscriber, tentu membalas satu persatu pesan dari mereka tak memungkinkan. Ini juga jadi salah satu cara agar penonton merasa dispesialkan dan dihargai. 

10. Bagikan video di sosial media

Bagikan video di sosial media

(foto: aerng)

Di Indonesia, hampir seluruh sosial media aktif dan memiliki jumlah pengguna yang banyak. Ini adalah sebuah kesempatan yang bagus untuk kita mempromosikan konten YouTube kita.

Ya! Kamu bisa membagikan cuplikan atau potongan video YouTubemu di Facebook, Instagram, Twitter hingga TikTok. Ingat! Hanya cuplikan saja.

Tapi jangan lupa untuk memberikan informasi link video lengkap pada tayangan cuplikan atau potongan video tersebut. Agar ketika orang tertarik, mereka tahu kemana mereka harus menonton video lengkapnya. 

Cara ini bisa jadi cara yang paling efektif untuk menambah subscriber jika dilakukan secara konsisten dan berkala. Tapi usahakan untuk tidak melakukan spamming  di sosial media tersebut. 

Akhir kata

Demikianlah 10 cara menambah subscriber YouTube yang bisa kamu terapkan sekarang juga. Tentu 10 cara ini harus dibarengi dengan tekad, niat dan konsistensi yang kuat agar menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Pastikan kamu tidak melewatkan satu cara pun. Selamat berjuang!

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.