teknologi

TikTok Shop, Cara Belanja dan Jualan Produk Masa Kini

Penulis:   | 

Dengan jumlah pengguna yang kian hari kian bertambah, TikTok merilis TikTok Shop. Sebagaimana nama yang diusung, ini adalah layanan belanja atau marketplace baru yang terintegrasi secara langsung dengan TIkTok. 

Tak satupun dari kita dapat mengelak bahwa TikTok telah sukses menjadi aplikasi video streaming singkat paling terkenal di Indonesia. 

Trafik atau lalu lintas TikTok yang begitu ramai ini menjadi kesempatan emas bagi brand-brand ternama mengiklankan produk mereka. 

TikTok memang merilis TikTok Ads sebagai alat utama beriklan. Tak berhenti disitu saja, TikTok kembali melihat peluang yang besar.

Sekarang pengguna dapat mendaftar, menjual produk dan menerima pesanan lewat aplikasi ini lho? Benar gak ya? Mari kita ulas tuntas mengenai TikTok Shop pada ulasan berikut ini.

Baca juga: 10 Cara Download Video Facebook Gratis dan Mudah

Apa itu TikTok Shop?

TikTok Shop, Tempat Belanja dan Jual Produk Masa Kini!

(foto: kompas)

TikTok Shop adalah sebuah inovasi baru racikan TikTok sebagai alat untuk jual beli produk tanpa harus repot-repot keluar dari aplikasi TikTok itu sendiri. 

Tentu sebagai pengguna TikTok, beberapa waktu ini konten video berisi penjualan produk seringkali nongol di FYP.

Diatas deskripsi video biasanya terdapat sebuah link pembelian produk yang kini langsung mengarah ke detail produk itu sendiri.

Kalau biasanya kita harus menaruh link atau mengajak pengguna untuk beralih ke e-commerce lain seperti Shopee, Tokopedia, BukaLapak.

Kini creator atau penjual produk dapat menjual produk secara langsung dari satu aplikasi saja yakni TikTok. 

Setiap pengguna dapat mendaftarkan diri mereka menjadi seorang penjual produk. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak TikTok.

Pada akhir dari ulasan ini, kami akan memberikan tips dan cara mendaftar di TikTok Shop

Namun sebelum melangkah begitu jauh, ada baiknya untuk melihat setiap fitur yang diusung oleh TikTok Shop dan mencari tahu kelebihan apa saja yang ditawarkan. 

Fitur TikTok Shop

TikTok membekali TikTok Shop dengan sejumlah fitur menarik yang unik dan mungkin hanya dapat kamu temui di TikTok. Beberapa fitur tersebut adalah:

1. Penjualan dalam live streaming

TikTok Shop, Tempat Belanja dan Jual Produk Masa Kini!

(foto: grid)


TikTok Shop mengizinkan pengguna untuk menjual produk secara live streaming. Dengan fitur ini, penjual dapat menawarkan produk kepada calon pembeli secara langsung. 

Mungkin kita pernah menemukan video live streaming semacam ini. Lewat fitur ini, kita dapat menaruh sebuah link pembelian diatas deskripsi video. Ketika di klik, link tersebut mengarah kepada detail checkout produk. 

Fitur ini menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan TikTok, melihat audiens aplikasi ini adalah penonton video. 

Bayangkan dari ratusan juta pengguna di seluruh dunia yang menonton setiap video. Peluang untuk produk terjual sangat lah besar. 

2. Sistem pembayaran lengkap

Sebagai marketplace atau e-commerce sudah jadi barang pasti sistem pembayaran adalah hal yang krusial. Sebuah sistem pembayaran harus aman dan praktis alias tidak ribet. 

TikTok Shop memenuhi kriteria tersebut. Ya! Aplikasi ini menyediakan beberapa pilihan metode pembayaran yang terbukti aman dan mudah untuk digunakan. 

Beberapa diantaranya adalah Shopeepay, OVO, Dana, Go-Pay, Kartu Debit/Kredit, Transfer Bank dan yang paling menarik adalah metode COD atau pembayaran ditempat. 

Untuk saat ini TikTok memang belum menyediakan pembayaran cicilan atau paylater yang tengah tenar di kalangan e-commerce. Walau tidak menutup kemungkinan metode pembayaran ini akan dirilis. 

3. Iklan beragam

TikTok Shop, Tempat Belanja dan Jual Produk Masa Kini!

(foto: kompas)

Jika kita menginginkan banyak orderan datang, menggunakan iklan sebagai metode promosi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa iklan, sulit bagi kita menjangkau pembeli. 

Mengapa bisa demikian? Karena lewat iklan kita dapat menjangkau calon pembeli sesuai dengan targeting yang kita tentukan. 

Semisal produk yang kita jual adalah alat kecantikan, target utama kita tentu adalah perempuan yang menyukai konten video kecantikan atau yang berhubungan dengan hal itu. 

Dengan demikian, peluang produk terjual sangatlah lebar. Di TikTok Shop, penjual dibekali dengan beberapa model atau jenis iklan yang memiliki kelebihan masing-masing. Beberapa diantaranya adalah:

  • Collection Ads yakni konten iklan yang berisi slides produk, sehingga pengguna dapat melihat model-model atau jenis-jenis dari produk yang dijual. Cocok untuk produk fashion, make up, perhiasan dan lain sebagainya.
  • Dynamic Showcase Ads adalah iklan yang memungkinkan brand atau penjual untuk mempromosikan produknya melalui konten video. Biasanya video akan ditayangkan sesuai dengan target iklan yang telah ditetapkan. 
  • Lead Generation adalah jenis iklan yang membantu brand atau penjual untuk mengumpulkan data pembeli melalui formulir yang disediakan. 

4. Layanan gratis ongkir

Meski tergolong sebagai layanan jual-beli baru, bukan berarti TikTok Shop tidak mampu memberikan layanan gratis ongkir seperti e-commerce lainnya. 

Terbukti, TikTok Shop dibekali dengan layanan ini sehingga pembeli tidak dibebani biaya ongkos kirim dan hanya membayar harga produk yang dibeli. 

Tak hanya bagi konsumen, layanan ini juga menguntungkan penjual karena dengan layanan ini produk mereka dapat terjual dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Dan memudahkan penjual untuk menggaet pembeli baru. 

5. Pengembalian barang

TikTok Shop memberikan keamanan dan kenyamanan transaksi yang begitu nyata. Terbukti, mereka menyediakan fitur pengembalian barang jika produk yang dibeli tidak sesuai dengan deskripsi dan informasi yang diberikan penjual 

Dengan begini, kita sebagai pembeli tentu merasa aman dan tidak khawatir kena tipu oleh penjual abal-abal asal transaksi dilakukan melalui TikTok Shop bukan transfer pribadi. 

Untuk pengembalian barang, ada beberapa ketentuan yang harus diikuti agar adil bagi penjual yakni pembeli yang mengajukan komplain atau pengembalian barang harus menyertakan foto dan video. 

Artinya, transaksi jual beli ini aman bagi penjual ataupun pembeli. Meski fitur ini sudah disediakan e-commerce lainnya, tentu menjadi poin plus untuk TikTok Shop sebagai aplikasi jual beli yang tergolong baru. 

Baca juga: Sound of Text, Situs Ubah Teks jadi Suara

Cara jualan di TikTok Shop

Agar dapat menjual produk di TikTok Shop, tentu kamu harus melakukan proses registrasi atau pendaftaran sebagai penjual. Berikut adalah cara mendaftar sebagai penjual di TikTok Shop: 

  1. Buka halaman pendaftaran TikTok Shop resmi di https://seller-id.tiktok.com/account/welcome

    Cara jualan

    (foto: tiktok)

  2. Lakukan pendaftaran  lewat akun TikTok yang kamu miliki atau mendaftar dengan email dan nomor telepon dengan menekan tombol yang disediakan. 
  3. Ada proses verifikasi email/ nomor ponsel atau authorize akun TikTok yang dilakukan. TikTok akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email atau nomor ponsel kamu.

    Cara jualan

    (foto: tiktok)

  4. Untuk mulai berjualan, kamu harus mengunggah dan memverifikasi sejumlah dokumen dengan menekan tombol upload documents. Selamat akunmu berhasil dibuat. 

Selayaknya e-commerce pada umumnya, kamu dapat menambahkan produk melalui menu “add product” yang tersedia. Masukan informasi produk meliputi foto produk, nama, harga, deskripsi, varian dan lain sebagainya. 

Kini produk mu sudah tayang dan dapat dijangkau oleh orang. Tinggal tunggu pesanan masuk saja. TikTok Shop juga akan mengirimkan notifikasi jika ada pesanan baru masuk. 

Pada section seller ini, kamu juga akan menemukan metode beriklan untuk mem-boosting produk jualanmu agar dilihat oleh banyak orang.

Cara belanja di TikTok Shop 

TikTok Shop, Tempat Belanja dan Jual Produk Masa Kini!

(foto: kompas)

Sebagai fitur yang masih fresh dan baru, tentu kita sedikit kebingungan dalam melakukan transaksi jual beli pada aplikasi ini. Walaupun sebenarnya caranya cukup mudah dan gampang. 

Kita dapat menemukan produk-produk menarik di FYP kemudian kita dapat menekan pada tag pembelian yang akan diarahkan langsung ke halaman checkout. Selain itu, kita juga dapat mencari produk dengan menulis kata kunci di kotak pencarian. 

Semisal kita dapat menulis “sepatu converse”, maka akan muncul beberapa video produk yang menjual sepatu tersebut. 

Selain itu, kamu juga bisa langsung mengarahkan tab ke bagian belanja. Di sana akan ditampilkan produk yang kamu cari dan bisa langsung kamu checkout. 

Proses checkout pada TikTok Shop sangat mirip dengan e-commerce pada umumnya. Tentu kamu harus memasukan informasi penting seperti nama, alamat, nomor telepon dan lain sebagainya. 

Terakhir kamu bisa memilih jasa pengiriman dan metode pembayaran. Jika sudah, proses checkout akan berakhir ketika kamu sudah mengirim uang sesuai dengan jumlah yang ditentukan. 

Akhir kata

TikTok Shop akan menjadi trend jual beli baru di Indonesia. Apalagi Indonesia adalah negara yang aktif menggunakan sosial media tak terkecuali TikTok sendiri. 

Setiap fitur yang diusung TikTok Shop sudah sangat memenuhi kriteria sebagai e-commerce yang memenuhi keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. 

Layanan ini akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi yang ingin menjual produk secara online. Atau menjadi pendongkrak bisnis dan metode jualan baru bagi yang telah sudah terjun ke dunia jual beli barang secara onlinse. 

Tak sabar untuk menantikan bagaimana TikTok Shop menjalankan layanannya dengan segudang fitur-fitur menarik yang akan terus diperbaharui. 

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.