teknologi

Sound of Text, Situs Ubah Teks jadi Suara

Penulis:   | 

Situs sound of text yang mengubah teks jadi suara sangat dicari belakang ini. Ini adalah cara paling mudah untuk membuat sulih suara tanpa perlu dubbing atau melakukan perekaman suara secara manual.

Selain itu, sound of Text viral di kalangan muda mudi, karena melalui situs ini kita bisa membuat nada dering pesan yang unik. Seperti membuat nada dering dengan kata-kata yang unik atau dengan suara yang khas. 

Pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai Sound Of Text meliputi fitur, cara kerja dan cara mengubah teks menjadi suara. Tanpa perlu berlama-lama, berikut adalah ulasannya.

Baca juga: Y2Mate, Situs Unduh Video YouTube Gratis dan Cepat

Apa itu sound of text?

Sound of Text: Situs Ubah Teks jadi Suara

(foto: soundoftext)

Seperti yang telah kami singgung, sound of text adalah situs untuk mengubah teks menjadi suara.

Berbekal situs ini kamu hanya perlu menyalin atau menulis setiap kata yang ingin diubah menjadi suara dan melakukan proses konversi.

Kemudian situs akan mengubah teks tersebut yang dapat langsung kamu play atau download untuk disimpan dan digunakan lagi. 

Kebutuhan untuk dubbing video atau membuat video presentasi kini tak perlu ribet merekam suara kita sendiri. Apalagi jika kita tak terlalu percaya diri dengan suara yang kita miliki. Situs ini akan sangat berguna!

Fitur Sound of Text

Sound of Text: Situs Ubah Teks jadi Suara

(foto: soundoftext)

Meski termasuk ke dalam situs yang sederhana, namun fungsi dari sound of text begitu penting untuk saat ini. Oleh sebab itu, berikut adalah fitur-fitur yang akan kamu nikmati ketika menggunakan situs ini.

1. MP3 audio download gratis

Jika kamu adalah seorang konten kreator, tentu kamu membutuhkan hasil dalam bentuk audio yang nantinya dapat kamu gunakan dan edit kembali. 

Sound of text menghasilkan audio mp3 yang dapat kamu unduh secara gratis. Bahkan tidak ada batas limit harian yang diberikan. Kamu bebas mengubah suara sebanyak apapun dalam satu hari tanpa perlu mendaftar.

2. Banyak pilihan bahasa

Sebagai situs convert kata ke audio, situs ini menyediakan banyak pilihan bahasa sesuai dengan logat dan cara pengucapan yang benar.  

Kata dalam bahasa Inggris, Afrika, Belanda, Jerman, Arab, Indonesia dan masih banyak pilihan bahasa lainnya. 

Dengan begini, kamu dapat mengubah kata ke audio dari banyak bahasa yang kemudian dapat kamu unduh dan gunakan. 

Jika mau membuat suara yang lucu, kamu bisa menggunakan teks bahasa Indonesia yang dibaca dalam bahasa Afrika atau dengan bahasa lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah membahas fitur utama yang diberikan Sound of Text, mari kita ulas mengenai kekurangan dan kelebihan dari aplikasi ini. 

Kelebihan Sound of Text

1. Tampilan sederhana dan responsive

Memiliki tampilan situs yang sederhana. Justru ini yang membuat situs ini mudah untuk dioperasikan karena fokus terhadap fungsi yang diberikan. 

Selain itu, situs ini juga sudah responsive sehingga dapat diakses dari berbagai perangkat mulai dari PC, Laptop, Tablet atau pun smartphone. 

Situs yang tergolong ringan  sehingga dapat diakses dengan cepat dan lancar.

2. Gratis tanpa iklan

Saat menggunakan layanan ini, kamu tidak perlu membayar. Semua fitur yang diberikan dapat kamu nikmati secara gratis. 

Poin lebihnya lagi, kamu bahkan tidak menemui iklan yang nangkring seperti yang biasanya kamu temukan pada situs-situs gratis.

Situs ini hanya menggantungkan penghasilan dari patreon yakni situs donasi dimana pengguna dapat mengirim donasi seikhlasnya lewat patreon. 

Kekurangan Sound of Text

1. Tidak bisa mengubah banyak kata sekaligus

Salah satu kekurangan yang paling menonjol adalah situs ini belum bisa mengonversi banyak teks menjadi suara.

Artinya, ketika kamu memasukan teks yang panjang maka akan membaginya menjadi beberapa bagian. 

Hal ini tentu membuatmu harus mengunduh satu persatu kalimat yang berhasil dikonversi. Sedikit merepotkan jika kita membutuhkan teks yang panjang untuk dikonversikan menjadi suara.

2. Belum ada aplikasi

Belum menyediakan aplikasi untuk layanan yang diberikan. Sehingga kita harus mengakses layanan ini menggunakan browser. Andai saja layanan ini menyediakan aplikasi yang dapat diinstal, tentu menjadi kelebihan. 

Baca juga: 7 Kegunaan Google Scholar yang Belum Banyak Diketahui

Cara Menggunakan Sound of Text

Untuk dapat menggunakan situs ini, caranya cukup mudah untuk dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

  1. Buka situs sound of text melalui browser kesukaanmu melalui smartphone, PC atau laptop di https://soundoftext.com//

    Sound of Text: Situs Ubah Teks jadi Suara

    (foto: soundoftext)

  2. Masukan teks yang ingin kamu ubah menjadi suara
  3. Pilih bahasa yang kamu gunakan
  4. Klik submit untuk memulai proses konversi teks menjadi suara.
  5. Hasil audio akan keluar, kamu bisa mengunduh MP3 untuk kebutuhan dubbing video atau ringtone pesan. 

Situs alternatif selain Sound of Text

Beberapa situs lain juga sudah menyediakan fitur konversi yang tak kalah cepat dan menarik. Berikut ini adalah situs alternatif yang juga dapat kamu gunakan selain sound of text.

1. Botika Text to Speech 

Botika Text to Speech 

(foto: botika)

Situs yang satu ini menyediakan dua pilihan suara yakni wanita muda atau wanita dewasa. Kita tinggal menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan kita. 

Salah satu kelebihan dari situs ini adalah tersedianya aplikasi mobile yang dapat langsung diinstal. 

Kunjungi situs botika di https://botika.online/ dan lakukan pegubahan kata menjadi suara lewat form yang tersedia. 

2. Fakeyou

Fakeyou

(foto: fakeyou)

Situs alternatif berikutnya adalah fakeyou. Melalui situs ini kamu dapat mengubah kata menjadi suara ke mulai dari robot voices, games, musicans, television dan lain sebagainya. 

Tersedia pula pilihan jenis audio yang ingin kita download. Kamu dapat mengakses situs ini dengan mudah melalui browser di https://fakeyou.com/ dan memasukan kata melalui form yang tersedia. 

3. Myinstans.com

Myinstans.com

(foto: myinstants)

Berbeda dengan dua situs sebelumnya, myinstans adalah situs yang menyediakan suara-suara unik yang sempat viral dan dapat dimanfaatkan sebagai ringtone atau kebutuhan pengisian efek suara di video.

Kamu dapat menemukan suara ara-ara, suuu dari Cristiano Ronaldo, suara doraemon dan masih banyak pilihan lainnya. 

Untuk dapat mengakses situs ini, kamu bisa mengunjungi https://www.myinstants.com/ dan mencari sound yang kamu butuhkan.

Akhir kata

Situs ini menjadi fenomena yang unik dimana banyak sekali orang menggunakan layanan ini untuk kebutuhan dubbing video  atau sekedar untuk ringtone alias nada dering dari pesan yang masuk.

Tujuannya agar nada dering menjadi unik dan memiliki ciri khas tertentu. Sound of text sebagai layanan gratis masih memiliki banyak sekali keterbatasan. 

Namun, layanan ini sudah cukup membantu kita untuk membuat sulih suara secara mudah dan gratis untuk didownload. Hasil unduhan mp3 yang diberikan juga sudah memiliki kualitas yang baik. 

Untuk versi yang berbayar dengan fitur yang tentunya lebih detail lagi, kamu dapat menggunakan situs Hearling dan Anki yang merupakan versi berbayar dari Sound of Text.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.