teknologi

Y2Mate, Situs Unduh Video YouTube Gratis dan Cepat

Penulis:   | 

Y2Mate sebagai situs unduh dan konversi video YouTube sering dicari dan digunakan belakangan ini. 

Bagaimana tidak? YouTube masih konsisten menjadi situs dan aplikasi video streaming nomor 1 di dunia.

Sepertinya, belum ada saingan yang cukup kuat untuk mengalahkan popularitas layanan video buatan Google yang satu ini. 

Seringkali kita menemukan video YouTube menarik yang sesuai dengan selera kita. Seperti lagu favorit, serial favorit atau acara-acara yang kamu suka. 

Namun, bagaimana jika kita tak selalu terhubung dengan internet atau tak mau boros menggunakan paket internet untuk streaming video terus-terusan?

Jangan khawatir, Y2Mate adalah jawabannya. Berbekal situs ini kamu dapat mengkonversi video YouTube ke video MP4 yang dapat disimpan secara langsung di memori lokal smartphone atau PCmu. 

Supaya makin paham, kami akan ulas tuntas mengenai Y2Mate meliputi fitur yang diusung, kelebihan dan kekurangan serta cara menggunakannya dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: 7 Kegunaan Google Scholar yang Belum Banyak Diketahui

Apa itu Y2Mate?

Y2Mate: Situs Unduh Video YouTube Gratis dan Cepat!

(foto: y2matecom)

Y2Mate adalah situs konversi video YouTube ke dalam format video unduhan MP4,  dalam kualitas HD dan M4V hingga 3GP dengan kualitas yang menengah kebawah untuk menghemat ukuran video.

Selain mengkonversi ke video, layanan ini juga mengizinkan pengguna untuk mengkonversi video YouTube ke audio dalam format MP3.

Video yang berhasil dikonversi dapat diunduh dan disimpan pada lokal memori smartphone, laptop atau komputer yang kamu punya. 

Fitur Y2Mate

Y2Mate: Situs Unduh Video YouTube Gratis dan Cepat!

(foto: y2matecom)

1. Download video gratis selamanya

Fitur utama yang diusung tentunya adalah pengunduhan video YouTube yang gratis. Bahkan, kamu tidak perlu melakukan proses login atau mendaftar. Selain itu, tidak ada batasan download harian juga lho. 

Kamu bisa download video sepuasnya dan sebanyak mungkin cukup dengan memasukan link video yang ingin kamu unduh. 

2. Format video dan audio beragam

Menyediakan konversi ke beberapa format video dan audio sehingga kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. MP4, M4V, 3GP, WMV, FLV, MO, MP3, WEBM adalah sederet format yang telah disediakan. 

Walaupun masih ada beberapa format lain yang juga disediakan oleh Y2Mate. Setiap format tentu memiliki kualitas yang berbeda-beda. Untuk MP4 sendiri sudah mendukung resolusi tinggi yakni HD. 

3. Mendukung Unduhan Platform Lain

Di Awal perilisan, situs ini memang dikhususkan untuk mengkonversi dan mengunduh video dari YouTube. Namun seiring berjalannya waktu, developer juga menyediakan unduhan untuk sosial media lainnya. 

Ya! Y2Mate juga kompatibel untuk mengkonversi video dari Facebook, DailyMotion, Youku dan sejumlah sosial media lainnya. 

Tak perlu lagi menginstal aplikasi atau membuka situs lain, lewat Y2Mate kamu bisa mengunduh video dari banyak sumber dan sosial media terkenal.

4. Tersedia ekstensi untuk browser

Y2Mate: Situs Unduh Video YouTube Gratis dan Cepat!

(foto: y2matecom)

Untuk memudahkan pengguna dalam mengkonversi setiap video di YouTube dan sosial media lainnya, Y2Mate menciptakan ekstensi yang dapat diinstall dan diintegrasikan pada browser perangkat yang kita miliki.

Lewat ekstensi yang tersedia, kita tak perlu repot-repot lagi membuka situs tiap ingin mengkonversi video. Cukup dengan membuka ekstensi di kanal browser. Lebih praktis dan mudah bukan?

5. Tersedia dalam berbagai bahasa

Situs Y2Mate oleh developer luar yang menggunakan default bahasa Inggris dalam situsnya. Namun untuk saat ini telah tersedia dalam banyak bahasa meliputi Belanda, Prancis, Italia, Malay dan tentu saja Indonesia.

Dengan demikian, kamu tidak akan kebingungan saat menggunakan dan mengakses situs ini. 

Baca juga: 10 Aplikasi Translate Bahasa Arab, Translate Arab-Indonesia Jadi Mudah

Kelebihan

Selayaknya aplikasi yang diciptakan oleh tangan manusia, Y2Mate tak lepas dari nilai plus dan nilai minus.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan seharusnya tetap dipertahankan. Berikut kami mulai pembahasan dari kelebihan situs ini, diantaranya adalah: 

1. Pengunduhan video lancar dan cepat

Sebagai alat konversi dan pengunduhan video, sudah jadi barang pasti kecepatan adalah hal yang harus diprioritaskan. Rasa-rasanya, Y2Mate telah membekali situs mereka dengan server yang kencang dan lancar

Sehingga proses konversi video dan pengunduhannya berjalan dengan lancar, jarang terjadi lag atau gagal download. 

2. Kualitas HD

Seperti yang sudah kami singgung diatas, Y2Mate dapat mengkonversi video dan menghasilkan video unduhan berkualitas HD. Tampilan video yang diberikan tentu sudah jernih dan sedap dipandang.

Kualita HD ini tentu untuk format MP4. Sementara untuk format yang lain memang dikhususkan untuk video dengan kualitas lebih rendah.

3. Kualitas download audio jernih

Situs ini menyediakan konversi dari YouTube ke format MP3. Terbukti, hasil audio yang diberikan sangatlah jernih, sama seperti apa yang kita dengar dari sumber videonya. 

Tidak ada proses kompres yang dilakukan oleh pihak Y2Mate. Fitur ini cocok untuk kamu yang suka mendengarkan lagu, podcast atau konten yang mengedepankan audio sebagai kekuatan utamanya.

Kelemahan

Beranjak dari kelebihan yang diberikan, mari kita cari tahu apa saja kekurangan yang masih perlu diperbaiki oleh pihak Y2Mate. 

1. Belum berintegrasi dengan YouTube dan sosial media lainnya

Y2Mate hanya menyediakan situs dan ekstensi pada browser. Cara pengunduhan masih menggunakan link atau url dari sumber video. Bayangkan jika Y2Mate dapat terintegrasi dengan YouTube. 

Sehingga kita dapat mengunduh video tanpa perlu repot-repot memasukan url atau link video. Cukup menekan tombol yang tersedia. 

2. Belum ada versi aplikasi

Sampai dengan artikel ini dirilis, belum ada aplikasi Y2Mate yang dapat diinstal pada perangkat mobile. Ini artinya, kita masih tetap harus membuka browser dan mengakses Y2Mate.

Seandainya, Y2Mate menyediakan aplikasi Android atau pu iOS tentu akan jauh lebih praktis dan mudah untuk digunakan. 

3. Belum ada riwayat pengunduhan

Saat mengkonversi video dan mengunduhnya, seringkali kita lupa video apa saja yang sudah kita download. Dan ketika kita ingin menonton atau mengeditnya, membutuhkan waktu lagi. 

Andai saja, Y2Mate menyediakan riwayat pengunduhan tentu masalah seperti ini akan teratasi. Ini adalah kekurangan dari tidak ada prosesnya autentifikasi pada situs ini. 

4. Iklan popup

Y2Mate dapat digunakan secara gratis. Layanan ini menggantungkan penghasilan mereka pada iklan yang ditayangkan. Sayangnya, Y2Mate menayangkan iklan popup yang sedikit mengganggu.

Iklan popup muncul ketika kita sudah melakukan konversi dan pengunduhan video. Kami rasa, Y2Mate perlu melakukan optimasi agar pengguna tidak merasa terganggu.

Cara konversi dan download video di Y2Mate

Pada dasarnya, Y2Mate adalah situs yang memiliki UI sederhana sehingga membuatnya praktis saat digunakan. Namun, agar dapat memudahkan kamu untuk menggunakan situs ini, berikut adalah cara atau langkah-langkah yang harus kamu ikuti. 

1. Buka browser kesayanganmu, kemudian akses situs resmi y2mate pada link berikut ini https://www.y2mate.com/

Y2Mate: Situs Unduh Video YouTube Gratis dan Cepat!

(foto: y2matecom)

2. Pada halaman utama, tertera sebuah kotak pencarian. Pada kotak tersebut tempel link atau url video yang ingin kamu unduh. Kamu juga bisa menulis judul video yang kamu ingin download pada kotak dan akan muncul beberapa rekomendasi.

3. Klik Start untuk memulai proses fetch atau validasi url. ‘

4. Kamu akan diarahkan pada halaman download. Pilih format unduhan yang kamu inginkan dan klik Download

 Situs Unduh Video YouTube Gratis dan Cepat!

(foto: y2matecom)

5. Video akan terunduh dan tersimpan pada memori lokalmu.

Akhir Kata

Y2Mate adalah solusi terbaik untuk kamu yang ingin hemat kuota atau yang tidak memiliki akses internet Wi-Fi. Dengan situs ini, kamu dapat menonton video atau mendengarkan lagu dan podcast kapanpun dan dimanapun tanpa terhalang internet. 

Selain itu, Y2Mate cocok untuk reuploader atau editor video yang menyuguhkan konten video cuplikan dari berbagai video terkenal di YouTube. 

Dengan segala fitur yang diberikan, layanan ini dapat diakses dan digunakan secara gratis bahkan tanpa perlu registrasi. Good job untuk Y2Mate dan Selamat menyedot banyak video kawan!

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.