in

Mengenal Istilah Psikosomatik, Gangguan Kecemasan Berlebihan

Hati-hati Psikosomatik Disaat Virus Corona Sedang Mewabah
(foto: pixabay)

Seluruh warga Indonesia kini sangat mewaspada akan adanya virus corona atau juga yang dikelan dengan covid-19. Sudah banyak pasien yang sedang dirawat terkait wabah penyakit tersebut.

Berbagai informasi terbaru banyak yang diberitakan, dengan tujuan untuk menambah wawasan dalam menangani virus corona.

Namun, tahukan kamu? Sekarang ada yang namanya Psikosomatik? Hal ini bisa terjadi jika seseorang mengalami kecemasan yang berlebihan. Maka pada saat itu tubuh dapat merespon dengan beberapa keluhan. Seperti kepala pusing, jantung berdebar dengan kencang, merasa wa-was sepanjang masa.

Psikosomatik dapat dialami seseorang ketika ia merasakan rasa kekhawatiran yang teramat sangat. Salah satu pemicunya ialah pikiran yang stres, dan menumpuk untuk kurun waktu yang cukup lama.

Baca juga: Mengenal “Herd Immunity” dan Kaitannya dengan Virus Corona

Lalu, pada saat mendengar kabar yang kurang menyenangkan, orang tersebut akan langsung mengalami panik. Biasanya menunjukkan gejala awal seperti mengeluarkan keringat yang banyak.

Juga bertingkah dengan tidak semestinya. Nah, belakangan ini banyak yang mendengar kabar membahayakan dari virus corona. Saat membaca atau mendengar berita dari media elektronik, cetak, atau dari orang-orang terdekat.

Coba perhatikan dengan seksama, jika tubuh kamu mengalami gejala-gejala seperi yang telah dijelaskan di atas. Maka, besar kemungkinan kamu mengalami Psikosomatik. Memang untuk situasi saat ini, kita harus waspada terhadap bahaya penularan virus corona.

Akan tetapi, rasa panik, dan kekhawatiran yang berlebihan akan sangat tidak baik bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Melakukan hal-hal yang dianjurkan pemerintah seperti, berdiam diri di rumah, rajin mencuci tangan, menggunakan masker saat bepergian dan lainnya. Maka hal itu sudah lebih dari cukup untuk cara pencegahan.

Namun, ketika kamu mengalami hal tersebut. Maka tidak perlu khawatir, karena hal itu tidak perlu membutuhkan perawatan. Hanya cukup menarik nafas yang dalam, lalu hembuskan. Ulangi hingga beberapa kali hingga pikiran dapat tenang.

Selalu berpikir positif dan melakukan hal-hal yang dianjurkan pemerintah. Maka psikosomatik akan segera reda dan hilang dengan sendirinya.