lifestyle

10 Manfaat Teh Hijau, Atasi Insomnia dan Penuaan Dini

Penulis:   | 

Apakah kamu termasuk pecinta teh hijau? Jika iya, tentu kamu pasti tahu manfaat teh hijau yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah mampu menurunkan berat badan.

Tidak sedikit pelaku diet memilih jenis teh ini sebagai ramuan untuk mengurangi berat badan. Pasalnya, kandungan yang ada di dalam teh hijau mampu melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Seperti yang kita tahu bahwa, masalah metabolisme seperti buang air besar yang tidak lancar, dapat menyebabkan kotoran atau ampas sisa-sisa penggilingan tidak dapat keluar dari dalam tubuh.

Akibatnya, terjadilah penimbunan lemak yang akhirnya menyebabkan kenaikan berat badan. Tahukah kamu, bahwa manfaat teh hijau tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja, loh?

Ada ragam manfaat lainnya yang bisa didapatkan dan tentunya sangat baik untuk kesehatan. Penasaran apa saja itu? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Kenali 7 Manfaat Kencur, Meningkatkan Nafsu Makan

1. Mengatasi mata panda

10 Manfaat Teh Hijau, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: istockphoto)

Mata panda merupakan lingkaran hitam yang ada pada bagian bawah mata. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh kurangnya waktu tidur akibat begadang sepanjang malam.

Lingkaran hitam pada mata tentu saja mengakibatkan wajah terlihat kurang sempurna. Selain itu, juga bisa membuat wajah seperti lesu dan tidak segar.

Manfaat teh hijau rupanya sangat ampuh mengatasi mata panda. Hal ini dikarenakan, kandungan antioksidan dan tanin yang terdapat di dalamnya diyakini mampu mengobati bengkak pada mata dan lingkaran hitam di area bawah mata.

2. Ampuh mengobati jerawat

10 Manfaat Teh Hijau, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: istockphoto)

Teh hijau mengandung katekin yang terbukti ampuh dalam mengobati jerawat. Tentu saja, hal ini sangatlah bagus bagi kamu yang memiliki masalah jerawat pada wajah dan susah untuk dihilangkan.

Perlu diketahui bahwa katekin memiliki sifat antibakteri sehingga mampu mengatur ketidakseimbangan hormon yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat.

Bahkan, sebuah studi membuktikan bahwa semua kandungan yang terdapat di dalam teh hijau mampu mengobati jerawat dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri penyebab masalah kulit tersebut.

3. Mencegah penuaan dini

10 Manfaat Teh Hijau, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: istockphoto)

Semua orang pasti ingin selalu terlihat awet muda, bukan? Mungkin juga kamu adalah salah satunya. Pasalnya, jika kondisi wajah selalu tampak awet muda, maka akan terhindar dari masalah penuaan dini.

Penuaan dini ditandai dengan timbulnya garis halus pada wajah, serta kulit wajah yang sudah tidak kencang lagi. Akibatnya, penampilan akan terlihat kurang sempurna.

Teh hijau dipercaya mampu mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan, adanya kandungan polifenol yang terdapat di dalamnya sehingga mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi menyebabkan penuaan dini yang terjadi di kulit wajah.

4. Meningkatkan kesehatan mulut dan gigi

10 Manfaat Teh Hijau, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: adobestock)

Kesehatan mulut dan gigi sangatlah penting, terumaga dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, jika mulut dan gigi dalam kondisi sehat, maka tidak akan menimbulkan masalah kesehatan seperti bau mulut yang tidak sedap.

Mulut dan gigi yang sehat dapat menciptakan aroma segar pada mulut. Sehingga, ketika sedang berbincang dengan orang lain, rasa percaya diri tidak akan menurun.

Untuk meningkatkan kesehatan mulut dan gigi, kamu bisa mengonsumsi teh hijau secara rutin.

Hal ini dikarenakan, kandungan katekin yang terdapat di dalam teh hijau mampu membunuh bakteri streptococcus mutans, yang menyebabkan karang gigi dan gigi berlubang.

5. Menurunkan resiko kanker

10 Manfaat Teh Hijau, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: adobestock)

Kanker disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat yakni sering mengonsumsi alkohol dan juga merokok.

Saat tubuh terserang oleh sel kanker, maka harus segera diobati. Sebab, sel tersebut akan menyebar ke organ tubuh lain dengan cepat dan mudah.

Sehingga, membuat organ yang diserang tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Oleh karenanya, resiko terserang penyakit kanker harus diturunkan, yakni dengan cara mengonsumsi teh hijau.

Sebab, kandungan senyawa antioksidan tinggi yang terdapat di dalamnya, mampu melawan dan membunuh sel kanker.

Baca juga: 8 Alasan Mengapa Kita harus Memiliki Sikap Empati

6. Menurunkan resiko diabetes

10 Manfaat Teh Hijau, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: adobestock)

Sebenarnya, ada banyak cara untuk mencegah diabetes atau penyakit gula, salah satunya adalah dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin.

Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Biasanya, disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis, serta mengandung tinggi karbohidrat.

Sebelum terserang oleh penyakit berbahaya ini, ada baiknya untuk menurunkan resikonya terlebih dahulu, yakni dengan cara mengonsumsi teh hijau.

Pasalnya, manfaat teh hijau dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit diabetes.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang membuktikan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi teh hijau setiap hari, maka ia akan menurunkan resiko diabetes sebanyak 42%.

7. Mencegah penyakit kardiovaskular

10 Manfaat Teh Hijau, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: istockphoto)

Kardiovaskular merupakan penyempitan pembuluh darah di jantung sehingga menyebkan penyakit berbahaya, yakni penyakit jantung dan stroke.

Akibat yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut adalah tidak berfungsinya sebagian organ tubuh.

Salah satu contoh, ketika stroke menyerang kaki, maka organ tersebut tidak bisa berfungsi lagi, alias mengalami kelumpuhan. Sehingga, penderitanya hanya bisa bergerak dengan bantuan kursi roda ataupun orang lain.

Penyakit kardiovaskular bisa terjadi akibat gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, serta mengonsumsi makanan mengandung lemak tinggi.

Manfaat teh hijau dapat membantu mencegah penyakit tersebut, sebab terdapat kandungan antioksidan di dalamnya yang berperan penting untuk melindungi lemak baik dari oksidasi.

Rutin mengonsumsi teh hijau juga dapat menurunkan resiko terserang penyakit kardiovaskular secara signifikan.

8. Menjaga kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang

(foto: istockphoto)

Tulang memiliki fungsi penting dalam kehidupan manusia, yakni sebagai penopang tubuh agar tetap tegak. Selain itu, fungsi tulang juga untuk membantu otot dalam menggerakkan tubuh.

Mengingat pentingnya fungsi tulang, maka perlu untuk selalu dijaga kesehatannya. Tulang yang sehat dapat terhindar dari berbagai macam penyakit tulang salah satunya osteoporosis.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau, diyakini mampu menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, ia juga mengandung fenol yang terbukti ampuh untuk menjaga kepadatan tulang.

9. Memperbaiki suasana hati

Memperbaiki suasana hati

(foto: pexels)

Suasana hati alias mood sangat berpengaruh bagi kehidupan seseorang. Jika mood sedang bagus, maka akan merasa senang sepanjang hari.

Sebaliknya, jika suasana hati senang jelek, maka semua yang dilakukan akan terlihat jelek.

Perubahan mood biasanya disebabkan oleh banyak faktor, seperti stres, rasa cemas, rasa takut, dan lainnya.

Oleh sebab itu, kondisi tersebut jangan dianggap remeh. Ada baiknya untuk selalu menjaga suasana hati agar tetap stabil agar tidak memperburuk kesehatan.

Manfaat teh hijau rupanya bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Sebab, teh ini mengandung I-theanine, epigallocatechin gallate, dan kafein yang dianggap ampuh memperbaiki mood, dari jelek menjadi bagus.

Selain itu, kandungan tersebut juga bisa meredakan rasa cemas dan khawatir secara berlebih, sehingga secara tidak langsung dapat mencegah timbulnya stres.

10. Untuk mengatasi insomnia

mengatasi insomnia

(foto: adobestock)

Insomnia merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan sulitnya untuk tidur di malam hari.

Akibat dari penyakit ini adalah tubuh mudah lelah terutama di siang hari, serta kurangnya konsentrasi yang bisa berakibat fatal dan membahayakan diri sendiri.

Dengan demikian, aktivitas sehari-hari akan terganggu. Oleh sebab itu, sangat perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi insomnia agar bisa menjalani kehidupan dengan normal.

Cara untuk mengatasi insomnia adalah dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Sebab, kandungan theaniine yang terdapat di dalamnya mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang.

Sehingga, mata akan mengantuk dengan cepat dan tubuh akan tertidur lebih awal.

Akhir kata

Nah, itu dia 10 manfaat teh hijau yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut jika mengonsumsinya secara bijaksana dan tidak berlebihan.

Untuk mengatasi masalah kesehatan, ada baiknya jika kamu mengonsultasikannya dengan dokter ahli terlebih dahulu agar terhindar dari efek samping yang ditimbulkan setelahnya.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.