lifestyle

10 Manfaat Seledri, Menjaga Kesehatan Jantung dan Mata

Penulis:   | 

Manfaat seledri sebagai pelengkap sajian seperti sayur sop, dan juga sebagai hiasan dalam soto maupun bakso. Seledri memberikan cita rasa yang khas dengan aroma wangi yang menggugah selera.

Sayuran dengan nama latin Apium graveolens ini, rupanya memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam, diantaranya serat, karbohidrat, protein, vitamin, folat, kalsium, kolin, kalium, dan magnesium.

Tidak hanya nutrisi, seledri juga mengandung senyawa seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan flavonoid.

Semua kandungan nutrisi dan senyawa di dalam sayuran tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa manfaat seledri tidak hanya sebagai pelengkap sajian saja, melainkan juga untuk kesehatan tubuh.

Ada beberapa manfaat seledri untuk kesehatan tubuh, diataranya sebagai berikut.

Baca juga: 10 Manfaat Teh Hijau, Atasi Insomnia dan Penuaan Dini

1. Menurunkan tekanan darah

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Tingginya tekanan darah disebabkan oleh otot-otot dinding pembuluh darah arteri mengencang, sehingga aliran darah tidak lancar. Jika kondisi tersebut dibiarkan berlanjut maka akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Berbagai penyakit yang timbul akibat tekanan darah tinggi adalah hipertensi, stroke, bahkan penyakit jantung. Oleh sebab itu, perlu tindakan segera untuk mengatasinya.

Manfaat seledri dapat menurunkan tekanan darah. Sebab, kandungan kalium, antioksidan, dan senyawa phthalide yang terdapat di dalamnya mampu membantu mengendurkan otot-otot dinding pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir dengan lancar.

Dengan demikian, tekanan darah juga akan menjadi normal dan stabil. Kamu bisa mengonsumsi seledri dalam bentuk sup ataupun jus.

2. Mengontrol berat badan

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung kalori tinggi, dapat mengakibatkan kenaikan berat badan. Berat badan yang tidak dikontrol dapat memicu resiko penyakit yang lebih serius, yakni obesitas dan diabetes.

Untuk mengontrol berat badan agar tetap stabil, kamu bisa mengonsumsi daun seledri secara rutin.

Sebab, sayuran ini mengandung kalori yang cukup rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi tanpa harus takut berat badan mengalami kenaikan.

Selain itu, sayuran ini juga tinggi serat yang cukup bagus untuk melancarkan pencernaan. Dengan pencernaan lancar, maka secara tidak langsung berat badan akan berkurang.

3. Mengontrol gula darah

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Manfaat seledri juga bisa membantu mengontrol gula darah. Seperti yang kita tahu bahwa tingginya kadar gula darah dapat memicu resiko penyakit diabetes.

Biasanya, kadar gula darah tinggi disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Jika terus dibiarkan, maka penyakit diabetes akan berubah menjadi komplikasi yakni timbulnya berbagai penyakit lainnya yang juga berbahaya.

Oleh karenanya, penting untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam seledri dapat membantu organ pankreas dari kerusakan.

Seperti yang kita tahu bahwa organ tersebut memiliki peran penting dalam menghasilkan insulin, yakni hormon yang berperan dalam mengontrol gula darah.

4. Mengatasi nyeri saat haid

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Ketika haid tiba, otot perut dan rahim menjadi kaku sehingga menyebabkan nyeri pada perut. Kondisi tersebut tentu saja membuat tidak nyaman, apalagi kalau sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tidak sedikit wanita mengalami rasa nyeri perut ketika haid. Sebagian dari mereka ada yang mampu menahan rasa nyeri tersebut, namun ada juga yang sampai mengonsumsi obat penghilang nyeri.

Manfaat seledri bisa membantu mengatasi rasa nyeri ketika sedang haid. Hal ini dikarenakan kandungan mineral yang terdapat di dalamnya mampu dapat melemaskan otot perut yang kaku. Sehingga, rasa nyeri yang diakibatkan oleh kram perut dapat diatasi.

5. Membantu menyehatkan mata

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, manfaat seledri juga baik untuk kesehatan organ panca Indra, yakni mata.

Kandungan berbagai macam nutrisi sepeti vitamin A serta antioksidan yang terdapat di dalamnya, sehingga mampu melindungi mata dari berbagai resiko penyakit mata, salah satunya adalah katarak.

Sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan mata karena ia merupakan organ penting yang membantu manusia melihat indahnya dunia.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Kelor, Enak Dimasak & Baik untuk Tubuh

6. Mengurangi resiko terkena penyakit kanker

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Jika kamu bertanya, penyakit apa yang yang paling berbahaya di dunia? Jawabannya adalah kanker. Penyakit ini memang sangat berbahaya karena bisa mematikan.

Seorang penderita kanker akan mengikuti serangkaian pengobatan yang tentu saja membutuhkan waktu dan materi tidak sedikit. Walaupun begitu, kesempatan untuk bertahan hidup juga tidak akan banyak.

Oleh sebab itu, lebih baik penyakit tersebut dicegah, daripada mengobatinya. Caranya, perbaiki pola hidup dan konsumsi makanan sehat yang mengandung antioksidan tinggi.

Seledri merupakan salah satu sayuran yang mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat mencegah radikal bebas, termasuk penyebab kanker.

Selain itu, ia juga mengandung flavonoid dan vitamin C yang berguna untuk menjaga sel dari kerusakan.

7. Mencegah penyakit ginjal

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam menyaring darah, membuang racun, air, garam, dan mineral yang berlebih di dalam tubuh.

Mengingat pentingnya fungsi ginjal, maka sebaiknya diperlukan tindakan untuk menjaga kesehatannya, agar tidak memicu resiko terjadinya penyakit ginjal yang berbahaya.

Manfaat seledri bisa menyehatkan dan menjaga ginjal dari kerusakan, sehingga mampu mencegah resiko penyakit ginjal.

Kandungan vitamin dan zat besi yang terdapat di dalamnya mampu menghilangkan racun di dalam tubuh.

Selain itu, tanaman ini juga memiliki kandungan yang dapat meningkatkan imunitas, serta menghambat pertumbuhan bakteri.

8. Mengurangi gejala asma

Mengurangi gejala asma

(foto: istockphoto)

Penyakit asma atau kesulitan untuk bernapas dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Walaupun tidak begitu berbahaya seperti kanker, namun penyakit ini juga perlu ditangani dengan cepat.

Seledri mengandung vitamin C yang begitu tinggi. Vitamin tersebut dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa vitamin C dapat melindungi saluran udara pernapasan.

Tidak hanya itu, sayuran ini juga mengandung anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan asma.

9. Menurunkan rematik dan asam urat

Menurunkan rematik dan asam urat

(foto: istockphoto)

Rematik dan asam urat merupakan penyakit yang menyerang sendi, sehingga terkadang membuatnya terasa nyeri dan sakit.

Rasa nyeri pada sendi terkadang cukup mengganggu, bahkan terkadang membuat kita kesulitan dalam melakukan aktivitas

Seledri mengandung senyawa anti-inflmasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri pada sendi. Sehingga, gejala rematik maupun asam urat dapat diatasi.

Selain rematik dan asam urat, mengonsumsi batang dan daun seledri juga dapat membangu menyembuhkan nyeri otot, dan radang sendi.

10. Menurunkan kadar kolesterol

Menurunkan kadar kolesterol

(foto: istockphoto)

Kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh disebabkan oleh kebiasaan buruk mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.

Akibat dari tingginya kadar kolesterol dapat menimbulkan resiko penyakit jantung, stroke, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Sehingga, sebisa mungkin untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Caranya dengan rutin mengonsumsi seledri setiap hari. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang terdapat di dalam tanaman ini dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah arteri.

Selain itu, kandungan phthalates pada seledri juga bisa meningkatkan produksi empedu, yang mana kita tahu cairan terebut berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol. Dengan demikian, jantung akan selalu terjaga kesehatannya.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.