kuliner

10 Makanan Khas Jawa Tengah, Bikin Ngiler

Penulis:   | 

Ada banyak macam makanan khas Jawa Tengah yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke provinsi yang terkenal akan kesopanannya tersebut.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri. Tentu saja, dengan cita rasa lezat dan unik yang mampu menggoyang lidah, tidak terkecuali Jawa Tengah.

Beragam jenis makanan yang ada di setiap daerah di Indonesia dipengaruhi oleh Bahasa, sejarah, dan juga budaya, yang juga didukung oleh letak geografis.

Nah, berikut adalah beberapa macam makanan khas Jawa Tengah yang wajib kamu ketahui agar suatu saat nanti kamu berkunjung ke provensi tersebut, bisa merasakan kelezatannya.

Baca juga: 9 Makanan Pengganti Kue Tart di Hari Ulang Tahun

1. Nasi gundul

10 Makanan Khas Jawa Tengah, Bikin Ngiler

(foto: pinterest)

Namanya memang sangat lucu, ialah nasi gundul. Namun, soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Banyak yang mengatakan bahwa makanan khas Jawa Tengah yang satu ini memiliki kenikmatan yang luar biasa.

Bentuknya mirip seperti nasi uduk, namun bedanya pada nasi ini terdaoat kuah yang lebih banyak.

Tidak hanya memilik cita rasa lezat, nasi gundul juga memiliki keunikan lain dari cara makannya, yakni menggunakan daun pandan.

Tujuannya dalah agar bau harum yang dihasilkan dapat menggugah selera. Tidak hanya itu, cara penyajiannya juga letakkan di atas alas daun pisang, sehingga wanginya melebur menjadi satu.

2. Lumpia

10 Makanan Khas Jawa Tengah, Bikin Ngiler

(foto: pinterest)

Mungkin, makanan yang satu ini cukup sering kamu jumpai di berbagai daerah. Akan tetapu, untuk lumpia khas Jawa Tengah memiliki perbedaan, yakni ada lumpia kering dan lumpia basah.

Kedua jenis lumpia tersebut memiliki isian yang sama, yakni dari rebung, ayam, dan juga sayuran seperti wortel.

Perbedaannya adalah, jika lumpia basah disajikan dengan cara dikukus. Sementara, lumpia goreng disajikan dengan cara digoreng.

Walaupun cara penyajiannya berbeda, namun rasanya sama-sama nikmat. Kamu bisa memilih keduanya atau berdasarkan selera saja.

Jangan lupa untuk mencocolnya dengan saus khas lumpia yang membuatmu ketagihan dan tidak ingin berhenti makan.

3. Botok

10 Makanan Khas Jawa Tengah, Bikin Ngiler

(foto: pinterest)

Sama seperti lumpia, di daerah lain juga terdapat botok yang mungkin cukup sering kamu jumpai.

Namun, apakah kamu tahu bahwa sebenarnya botok berasal dari Jawa Tengah? Ya, botok merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari bahan utama parutan kelapa, tempe, saun simbuan, lamtoro, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu dengan tambahan beberapa bumbu untuk menambah kelezatannya.

Setelah semua bahan tercampur, selanjutnya dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu dimasak dnegan cara dikukus.

Proses memasak dengan cara dikukus membuat makanan khas yang satu ini terbilang cukup sehat. Selain itu, aroma yang dihasilkan saat dikukus, mampu menggugah selera.

4. Sate buntel

10 Makanan Khas Jawa Tengah, Bikin Ngiler

(foto: pinterest)

Sate yang biasa kamu beli di daerahmu mungkin tidak akan sama dengan sate khas Jawa Tengah.

Saat kamu berkunjung ke provinsi tersebut, jangan lupa untuk mencicipi sate buntel. Sate ini yang berasal dari koto Solo ini bisa dijumpai dengan mudah di pingggir jalan.

Dikatakan sebagai sate buntel dikarenakan cara penyajiannya bukan hanya daging yang dipotong kotak kecil lalu ditusuk, melainkan dengan cara dihaluskan lalu di bungkus dengan lemak kol dan ditusuk menggunakan tusukan sate.

Akan tetapi, untuk cara memasaknya juga sama dengan sate pada umumnya, yakni dipanggang di atas arang.

Untuk bahan utamanya juga sama, yakni dari daging sapi, kambing, maupun ayam. Kamu bisa pilih jenis daging yang kamu mau.

5. Bongko mento

10 Makanan Khas Jawa Tengah, Bikin Ngiler

(foto: pinterest)

Bongko mento merupakan makanan khas dari salah satu kota di Jawa tengah, tepatnya kota Jepara.

Makanan khas yang satu ini terbilang cukup unik karena memiliki rasa gurih dan nikmat. Bahan utama pembuatannya adalah telur yang sebelumnya digoreng dadar terlebih dahulu.

Kemudian, telur yang sudah digoren diberi isian berupa daging ayam suwir, jamur, dan lain sebagainya sesuai selera.

Setelah itu, dibungkus dengan daun pisang. Kemudian, kukus sampai masak. Rasanya dijamin mampu membuatmu ketagihan.

Baca juga: 10 Makanan Jepang Populer di Indonesia, Bikin Ngiler

6. Nasi grombyang

10 Makanan Khas Jawa Tengah, Bikin Ngiler

(foto: pinterest)

Sesuai namanya, makanan khas satu ini mampu membuat lidah bergoyang. Grombyang berasal dari Bahasa Jawa yang artinya bergoyang.

Keunikan dari nasi grombyang adalah lebih banyak kuah daripada nasi dan lauknya. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan mengapa makanan ini dinamakan sebagai nasi grombyang, karena pada saat dibawa, maka kuah di dalamnya akan bergoyang.

Bahan utama dari pembuatan makanan khas ini adalah daging kerbau yang diberi kuah khusus dengan ragam rempah-rempah sehingga menciptakan rasa gurih dan nikmat.

Tidak hanya itu, nasi grombyang juga akan sangat nikmat jika disantap pada siang hari di cuaca panas maupun dingin karena dapat memberikan kesegaran dari kuah yang melimpah ruah.

7. Nasi liwet

10 Makanan Khas Jawa Tengah, Bikin Ngiler

(foto: pinterest)

Sama seperti nasi uduk, nasi liwet juga dimasak dengan mencampurkan santan di dalamnya, sehingga keduanya dikatakan sebagai makanan yang mirip.

Namun, jika dilihat lagi, terdapat perbedaan dari keduanya, yaitu pada nasi liwet terdapat labu siam, sementara pada nasi uduk tidak ada.

Tidak hanya itu, beberapa juga ada yang menambahkan telur ataupun potongan ayam untuk dijadikan sebagai lauk.

Namun, walau tidak terdapat lauk tersebut, tidak membuat rasa gurih dan nikmat dari nasi liwet berkurang.

8. Mie ongklok

Mie ongklok

(foto: pinterest)

Bagi kamu pecinta mie, tidka ada salahnya untuk mencoba kelezatan dari mie yang berasal dari kota Wonosobo, Jawa Tengah ini.

Bahan utama untuk pembuatannya adalah tetap menggunakan mie seperti biasanya, hanya saja terdapat perbedaan cukup mencolok dari kuah yang disajikan.

Kuah yang digunakan dalam penyakian mie ongklok adalah kuah dengan campuran rempah-rempah yang juga diberi sentuhan tepung kanji, sehingga menjadikannya kental.

Tidak hanya kuah yang kental, mie ini juga disajikan dengan menambhakan kol maupun daun kucai sehingga terbilang cukup berbeda dari mie lainnya.

9. Nasi goreng tembakau

Nasi goreng tembakau

(foto: pinterest)

Apakah tembakau bisa disulap menjadi makanan yang cukup lezat? Tentu saja bisa. Salah satu makanan khas Jawat Tengah ada juga yang menggunakan tembakau, namanya adalah nasi goreng tembakau.

Namun, jangan khawatir, yang dimasak bukanlah daun tembakau yang biasa digunakan untuk merokok, melainkan hanya biji tembakaunya saja.

Cara memasaknya juga sama seperti nasi gorang seperti biasanya. Yang menjadi pembedanya hanyala pada biji tembakau yang digunakan sehingga mampu emnciptakan aroma dan rasa yang khas.

10. Dawet ireng

Dawet ireng

(foto: pinterest)

Tidak hanya makanan berat saja, Jawa Tengah juga memiliki minuman khas yang membuat tenggorokan menjadi segar, ialah dawet ireng.

Mungkin kamu cukup sering menjumpai es dawet di berbagai daerah. Namun, dawet yang berasal dari Jawa Tengah memiliki warna yang berbeda, yakni hitam.

Warna hitam dari dawet tersebut ialah karena adanya campuran abu jerami yang sudah diproses sedemikian rupa, sehingga aman untuk dikomsumsi.

Rasa yang dihasilkanpun cukup lezat dan nikmat, apalagi jika disajikan dengan kuah santan kental dan juga gula aren sebagai penambah rasa manis.

Akhir kata

Nah, itu dia 10 macam makanan khas Jawa Tengah yang wajib kamu coba. Mungkin, setelah kamu membaca artikel ini, kamu cukup menelan ludah karena membayangkan betapa lezatnya dari 10 makanan di atas.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk langsung berburu beberapa makanan kahas Jawa Tengah, atau kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.