teknologi

7 Emulator Android Gratis, Bisa Main Game Android di PC

Penulis:   | 

Sistem operasi Android menawarkan banyak sekali aplikasi atau game-game seru yang gratis. Beberapa game pada Android yang memiliki grafis tinggi, umumnya membutuhkan spesifikasi yang tinggi pula agar game berjalan mulus tanpa lag.

Namun ada kalanya, smartphone kita tak cukup kuat untuk memainkan game dengan grafis tinggi tersebut. Emulator Android bisa jadi alternatif untuk mengatasi masalah seperti ini.

Dengan emulator kita dapat memainkan game Android lewat PC atau pun Laptop yang kita punya.

Pada dasarnya, Emulator adalah perangkat lunak atau software yang memiliki sistem operasi Android sehingga kompatibel dengan seluruh aplikasi atau game Android yang beredar di PlayStore atau pun yang memiliki ekstensi apk.

Untuk saat ini, ada beberapa emulator Android yang dapat kamu install pada komputer atau laptop yang kamu miliki.

Kira-kira apa saja emulator Android yang dapat berjalan dengan baik dan mulus? Kami telah siapkan 7 Emulator Android khusus untuk kamu pada ulasan berikut ini.

Baca juga: 10 Situs Baca Komik Gratis yang Bikin Kamu Ketagihan

1. BlueStacks

BlueStacks

(foto: bluestacks)

Menyebut dirinya sebagai Emulator Aplikasi No. 1 di Dunia, BlueStacks percaya diri mampu menyuguhkan fitur yang mumpuni dan optimal.

Terbukti,  BlueStacks memberikan emulator dengan sistem operasi mulai dari Android Nougat hingga Android Pie. Sistem operasi yang sudah kompatibel dengan beberapa game ada saat ini.

Ada lebih dari 2 juta game yang dapat kamu mainkan pada BlueStacks, dari game-game baru sampai game-game lama seperti PUBG, Mobile Legend, FIFA, Among Us dapat kamu install.

Ada banyak fitur yang dihadirkan seperti game control untuk mengendalikan game melalui keyboard, mouse atau gamepad, ada juga eco mode untuk mengoptimasi aplikasi agar tidak lag dan masih banyak lainnya.

BlueStacks dapat kamu unduh dan gunakan secara gratis. Untuk saat ini, BlueStacks hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows dan MacOS.

Minimal persyaratan spesifikasi komputer

  • OS: Microsoft Windows 7 ke atas.
  • Processor: Intel atau AMD Processor.
  • RAM: Minimal 4GB RAM
  • Penyimpanan: 5GB Ruang Penyimpanan.

Download BlueStacks

2. NoxPlayer

NoxPlayer

(foto: noxplayer)

Rekomendasi Emulator terbaik kedua adalah NoxPlayer. Emulator yang satu ini cukup populer dan telah digunakan oleh banyak orang.

NoxPlayer menawarkan kemudahan untuk bermain game secara mulus tanpa lag. Selain itu, hampir seluruh game yang tersedia di Google PlayStore saat ini, sudah kompatibel dan dapat diinstal pada NoxPlayer.

NoxPlayer sudah menggunakan sistem operasi Android 9 sehingga sistem berjalan dengan baik. Selayaknya Emulator Android, NoxPlayer menyediakan game control atau app control yang lengkap, mudah dipelajari dan dapat dikustomisasi.

Kabar baiknya, NoxPlayer dapat kamu gunakan secara gratis di sistem operasi Windows atau pun MacOS.

Minimal persyaratan spesifikasi komputer

  • OS: Microsoft Windows 7 ke atas.
  • Processor: Intel atau AMD Processor Dual Core.
  • RAM: Minimal 4GB RAM
  • Penyimpanan: 1.5 GB Ruang Penyimpanan.

Download NoxPlayer

3. MemuPlay

MemuPlay

(foto: memuplay)

Emulator berikutnya adalah MemuPlay. Emulator yang satu ini memiliki performa yang bahkan mampu mengalahkan OnePlus 7T  dan Samsung Note 10+ berdasarkan Skor Antutu Benchmark.

MemuPlay dapat kamu gunakan untuk memainkan game-game berat seperti PUBG Mobile, Call of Duty, atau pun Mobile Legends secara optimal dan mulus.

MemuPlay memiliki sistem GPU yang optimal, yang diklaim lebih cepat dibanding emulator Android lainnya.

Hampir seluruh game Android dapat di mainkan pada Emulator ini secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Minimal persyaratan spesifikasi komputer

  • OS: Microsoft Windows XP SP3 ke atas.
  • Processor: Intel atau AMD Processor Dual Core.
  • RAM: Minimal 4GB RAM
  • Penyimpanan: 5 GB Ruang Penyimpanan

Download MemuPlay

4. LDP Player

7 Emulator Android Gratis, Bisa Main Game Android di PC!

(foto: ldpplayer)

Emulator Android gratis berikutnya adalah LDP Player. Emulator yang satu ini juga menawarkan kualitas dan performa yang tak kalah mumpuni.

LDP Player dapat digunakan untuk memainkan game-game berat dengan FPS yang stabil dan nyaris tidak ada lag (jika sistem komputer juga sebanding).

Menggunakan sistem operasi Android 7 Nougat, LDP Player berjalan dengan ringan dan support dengan game-game yang sedang trending saat ini.

Mulai dari game-game RPG, Aksi, Petualangan, Balapan dan lain sebagainya, telah tersedia dan dapat diunduh secara gratis.

Minimal persyaratan spesifikasi komputer

  • OS: Microsoft Windows XP SP3 ke atas.
  • Processor: Intel atau AMD Processor.
  • RAM: Minimal 4GB RAM
  • Penyimpanan: 36 GB Ruang Penyimpanan

Download LDP Player

Baca juga: 7 Cara Dapat Uang dari Nonton YouTube, Cuma Modal Internet

5. Mumu Player

7 Emulator Android Gratis, Bisa Main Game Android di PC!

(foto: mumuplayer)

Meski memiliki nama yang mirip, emulator Ini bukanlah seri kedua dari MemuPlay, keduanya adalah emulator yang diciptakan oleh dua developer berbeda. Mumu Player menawarkan fitur yang lengkap selayaknya Emulator  Android.

Mumu Player menawarkan FPS yang stabil hingga 120, tampilan yang luas, dan fitur Accurate Aiming yang sangat berguna untuk bermain game battle-royale seperti PUBG atau pun Garena Free Fire.

Saat ini, Mumu Player sudah menggunakan Android 9 sebagai sistem operasi emulator. Dengan begini, Mumu Player dapat memainkan seluruh game atau pun untuk menjalankan aplikasi di PlayStore.

Minimal persyaratan spesifikasi komputer

  • OS : Microsoft Windows 7 ke atas.
  • Processor : Intel atau AMD Processor Quad Core.
  • RAM : Minimal 4GB RAM
  • Penyimpanan : 2 GB Ruang Penyimpanan

Download Mumu Player

6. Droid4X

7 Emulator Android Gratis, Bisa Main Game Android di PC!

(foto: droid4x)

Ingin memiliki emulator yang ringan? Droid4X adalah pilihan terbaik untuk hal tersebut. Droid4X memang diciptakan untuk pemilik PC atau laptop spesifikasi rendah.

Meski begitu, Droid4X dapat digunakan untuk memainkan game-game seperti PUBG Mobile, FF, Mobile Legend atau untuk menjalankan aplikasi Android.

Selain sederhana dan praktis, Droid4X berjalan dengan mulus dan tanpa lag serta game control yang disediakan berjalan dengan optimal.

Minimal persyaratan spesifikasi komputer

  • OS: Microsoft Windows XP ke atas.
  • Processor: Intel atau AMD Processor.
  • RAM: Minimal 1GB RAM
  • Penyimpanan: 2 GB Ruang Penyimpanan

Download Droid4X

7. GameLoop

7 Emulator Android Gratis, Bisa Main Game Android di PC!

(foto: gameloop)

GameLoop menyajikan pengalaman bermain game yang mulus melalui emulator yang disediakan. GameLoop cocok sekali digunakan untuk memainkan game PUBG, Free Fire, Call of Duty,  berkat fitur kontrol cerdas yang disediakan.

Dengan demikian, tingkat akurasi tembakan akan tinggi sehingga memudahkanmu untuk meraih sebuah kemenangan.

GameLoop dibekali dukungan mesin AOW yang membuat performanya semakin ngacir dan meminimalisir lag saat bermain game atau melakukan multi-tasking.

GameLoop dapat diunduh secara gratis di sistem operasi Windows, bahkan setiap game yang disediakan juga dapat kamu mainkan secara gratis selayaknya ponsel Android pada umumnya.

Minimal persyaratan spesifikasi komputer

  • OS : Microsoft Windows 7 ke atas
  • Processor : Intel atau AMD Processor Core I-3
  • RAM : Minimal 4GB RAM
  • Penyimpanan : 1 GB Ruang Penyimpanan

Download Gameloop

Demikianlah informasi mengenai 7 Emulator Gratis yang memiliki kualitas mumpuni dan performa yang kuat untuk memainkan game atau untuk menjalankan aplikasi Android secara multi-tasking.

Sebenarnya ada banyak emulator lain yang tersedia, namun untuk saat ini 7 Emulator di atas masih yang terbaik dan terus diupdate sehingga dapat digunakan untuk memainkan game-game terbaru saat ini.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.