doa

Doa Nabi Hud, untuk Bertawakal Kepada Allah SWT

Penulis:   | 

Nabi Hud adalah nabi yang berasal dari Bangsa Arab dan merupakan cucu dari Nabi Nuh yang diutus untuk berdakwah pada kaum ‘Aad.

Dimana kaum ‘Aad ini adalah kaum yang tinggal di Al-ahqaf, daerah yang sangat makmur dengan bangunan yang bagus, air melimpah dan berbagai kenikmatan lainnya.

Selain itu kaum ‘Aad juga merupakan generasi pertama yang selamat dari bencana banjir yang terjadi pada saat masa kenabian Nabi Nuh.

Namun sayangnya mereka begitu tamak dengan apa yang diberikan oleh Allah, mereka juga sombong dan paling parah adalah kaum ‘Aad kembali menyembah berhala.

Oleh karena itu Allah SWT mengutus Nabi Hud untuk kembali berdakwah dan mengajak kaum ‘Aad untuk kembali ke jalan yang benar.

Namun alih-alih diterima, Nabi Hud malah dicerca oleh kaum ‘Aad dengan sebuatan orang gila sedangkan mereka terus menyembah patung. Tak hanya itu, kaum ‘Aad juga menantang untuk mendatangkan azab bagi mereka.

Tak lama Allah SWT  mendatangkan azab pertama yaitu bencana kekeringan yang berakibat hingga terjadi kelaparan. Walaupun begitu mereka masih belum percaya bahwa itu adalah azab Allah SWT.

Kemudian datanglah azab kedua berupa awan hitam yang disertai dengan dingin selama 7 hari 8 malam hingga meluluhlantahkan kaum ‘Aad.

Berikut ini adalah doa Nabi Hud untuk kaummnya yang diberikan azab oleh Allah SWT.

Baca juga: Doa Nabi Ibrahim, Memohon Pertaubatan hingga Keturunan

Kisah Kaum Ad, Umat Nabi Hud yang Binasa karena Azab

(foto: rctiplus)

Dengan kejadian tersebut, Nabi Hud kemudian berdoa.

إِنِّي تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ رَبِّي وَرَبِّكُمْ مَا مِنْ دَابَّةٍ إِلَّا هُوَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا إِنَّ رَبِّي عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Inni tawakkaltu ‘alallaahi rabbi wa rabbukum maa min daabbatin illaa huwa akhizum binashiatiha inna rabbi ‘alaa shiraatim mustaqiim.

Artinya: “Sesungguhnya aku bertawakal kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu. Tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya (menguasainya). Sungguh, Tuhanku di jalan yang lurus (adil)”. (QS. Hud: 56).

Baca juga: Doa Nabi Nuh untuk Memohon PerlindunganNya

Ini adalah cara Nabi Hud memanjatkan doa kepada Allah SWT atas apa yang terjadi. Walaupun begitu Nabi hud termasuk nabi yang sabar dalam mengajak untuk beriman kepada Allah SWT.

Walaupun dicerca dan dibilang orang gila, Nabi Hud tetap berdakwa dan mengajak untuk kembali menyembah Allah SWT.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.