inspirasi

Daftar Angka Keramat dan Kisah Singkat di Baliknya

Penulis:   | 

Apakah kamu termasuk yang percaya dengan angka keramat? Di masa kejayaan teknologi yang semua hal serba modern seperti sekarang, ternyata masih ada kepercayaan mengenai angka-angka keramat.

Kepercayaan seperti ini tumbuh dan berkembang di berbagai negara di seluruh dunia. Umumnya angka-angka seperti ini memilki cerita atau filosofi negatif.

Sebagian orang ada yang menggunakannya agar tidak ditimpa kesialan. Mungkin saja di sekitar kita juga masih ada yang mempercayai. Berikut ini adalah daftar angka keramat dan kisah singkat di baliknya.

Baca juga: Misteri Point Nemo, Wilayah Bumi yang Paling Sulit Dikunjungi

Angka 9

Daftar Angka Keramat dan Kisah Singkat di Baliknya

(foto: pixabay)

Masyarakat Jepang sampai saat ini masih percaya bahwa angka 9 merupakan angka keramat yang bisa mendatangkan kesialan.

Jepang memang menjadi salah satu negara yang sangat menjaga tradisi serta budaya warisan leluhurnya, dan mitos angka 9 ini salah satunya.

Angka ini dianggap membawa kesialan karena mirip dengan salah satu huruf di Jepang yang berarti penderitaan atau siksaan.

Berdasarkan kepercayaan ini, ada penerbangan dan rumah sakit yang memilih untuk tidak menggunakan angka 9.

Angka 191

Daftar Angka Keramat dan Kisah Singkat di Baliknya

(foto: wikipedia)

Di Amerika Serikat, angka ini menjadi momok menakutkan bagi masyarakatnya. Di Indonesia mungkin ini hanyalah angka biasa yang tidak terlalu menarik. Namun di sana, angka ini berkaitan dengan sebuah kecelakaan pesawat.

Tercatat ada 5 penerbangan berbeda dengan angka penerbangan 191 yang mengalami kecelakaan fatal. Salah satu yang paling menghebohkan terjadi tahun 1979.

American Airlines Flight 191 yang mengudara di bandara O’Hare daerah Chicago, mengalami kecelakaan yang menewaskan seluruh penumpangnya sebanyak 258 orang.

Angka 17

Daftar Angka Keramat dan Kisah Singkat di Baliknya

(foto: mysticalnumber)

Di negara tempat Menara Pisa berada, Italia, ada kepercayaan yang menganggap bahwa angka 17 harus dijauhi karena dapat menimbulkan kesialan.

Awal mulanya kepercayaan ini berkembang pada masa Romawi. Saat itu, angka 17 memiliki lambang XVII dan memiliki anagram VIXI yang dalam Bahasa Latin berarti ‘hidup saya telah berarkhir’.

Sejak itu banyak orang percaya angka 17 dapat membawa malapetaka.

Baca juga: Mengenal Sosok Sir Humphry Davy, Ahli Kimia Penemu Gas Tawa

Angka 4

Daftar Angka Keramat dan Kisah Singkat di Baliknya

(foto: mysticalnumber)

Bagi masyarakat Tiongkok, angka 4 adalah angka sakral dan dianggap dapat membawa sial. Tak tanggung-tanggung, angka 4 memiliki arti kematian karena itu penggunaannya cukup dibatasi.

Untuk mengatasi kesialan yang didatangkan oleh angka 4, masyarakat Tiongkok biasanya menambahkan angka 5 di depannya. Angka 5 sendiri memiliki arti ‘tidak’. Maka saat dikombinasikan, angka 54 memiliki arti ‘tidak mati’.

Angka 13

Daftar Angka Keramat dan Kisah Singkat di Baliknya

(foto: hystory)

Angka 13 dipercaya sebagai pembawa sial di banyak negara. Selain itu, beberapa agama juga ikut meyakini kepercayaan tersebut. Angka ini memiliki kaitan dengan banyak tragedi kematian di masa lalu.

Dalam agama Katolik, angka 13 berhubungan dengan murid Yesus yang mengkhianati dan menyerahkannya ke Romawi, yaitu Judas Iskariot.

Sementara itu, pada hari Jumat 13 Oktober 1307, Raja Philip IV mengeluarkan perintah kepada bawahannya untuk menyiksa, menangkap, dan membunuh penjaga kuil.

Angka 39

Nomer 39

(foto: rd)

Masyarakat Afghanistan sangat menghindari dan menakuti angka 39. Mereka percaya bahwa angka ini memiliki arti sapi mati atau kutukan mematikan.

Karena itu, saat ada sesuatu yang mengandung angka 39 di dalamnya akan dijauhi. Misalnya rumah bernomor 39 atau sepeda motor dengan plat 39.

Selain dianggap kutukan, angka 39 juga tak jarang dianggap kode bagi para pelacur. Maka ketika ada wanita yang menggunakan angka ini, dianggap sebagai pekerja seks komersial (PSK).

Angka 666

Nomer 666

(foto: npr)

Di negara yang mayoritas warganya menganut agama Katolik dan Kristen, angka 666 dipercaya sebagai pembawa sial dan sangat dilarang untuk menggunakannya.

Begitu menakutkannya angka ini, sampai ada beberapa orang yang memiliki ketakutan berlebihan pada angka 666 dan mengidap kelainan Hexakosioikexekontahexaphobia.

Sementara itu, dalam alkitab angka 666 dipercaya merupakan bintang besar yang sangat menakutkan.

Bintang inilah Anti Kristus dan semua hal yang mengandungnya dianggap sebagai iblis. Misalnya jika ada orang yang menyembah angka 666 maka dia adalah penyembah setan.

Itulah daftar angka keramat dan kisah singkat dibaliknya yang dipercaya oleh banyak negara di dunia.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.