inspirasi

Brondby Haveby, Pemukiman dengan Konsep Lingkaran Unik

By  | 

Ada banyak ruang perkotaan di dunia yang dirancang unik dan terlihat menakjubkan. Tata ruang kota yang unik bisa dipandang dari bentuknya, ukurannya, fasilitasnya, dan lain-lain.

Salah satu sudut kota dengan pemandangan yang menakjubkan adalah Brondby Haveby atau Brondby Garden City di barat Kopenhagen, Denmark.

Yang unik dari Brondby Haveby adalah kompleks pemukimannya dirancang melingkar dengan taman-taman luas.

Bagaikan latar di dalam film fantasi, kompleksnya terlihat sangat teratur dan futuristik.

Baca juga: Hyperborea, Peradaban Misterius Bagaikan Surga dalam Mitologi Yunani

Dirancang oleh arsitek yang terinspirasi dari desa tua dengan sumur di tengahnya

Brondby Haveby, Pemukiman dengan Konsep Lingkaran Unik di Denmark

(foto: pinterest)

Deretan rumah-rumahnya tersusun rapi dan mengikuti garis lingkar yang artistik. Awal pembangunannya adalah dari gagasan arsitek lanskap Erik Mygind yang berniat merancang taman kota dengan pola lingkaran.

Sang arsitek mendapat inspirasi dari suasana desa tua yang penduduknya biasa bertemu di sebuah sumur di tengah desa. Gagasannya sudah disetujui pemerintah kota pada tahun 1964.

Saat itu wilayah pemerintahan Munisipalitas Brondby sedang mengalokasikan wilayah tanah kotanya untuk bereksperimen.

Bersamaan dengan pembangunan Brondby Haveby, saat itulah disepakati perencanaan tempat liburan. Meskipun bukan sesuatu baru, ternyata keunikannya baru mencuri perhatian dunia bertahun-tahun kemudian.

Ada taman terbuka di antara rumah penduduk, sehingga lingkungannya lebih sehat

Brondby Haveby, Pemukiman dengan Konsep Lingkaran Unik di Denmark

(foto: henrydo)

Kompleksnya terlihat menakjubkan jika dilihat dari atas dengan bantuan satelit atau foto dari udara.

Beberapa fotografer berhasil memotret hamparan Brondby Haveby dan kemudian menunjukkan seberapa teratur bangunan-bangunannya ditata.

Brondby Haveby yang terkenal sebagai kota taman memang didominasi warna hijau menyegarkan dengan ruang terbuka yang luas.

Sebagian orang yang menyaksikan dari atas juga punya pendapat lain bahwa kompleks ini lebih mirip lempengan pizza atau bahkan koloni dari luar angkasa.

Pemukiman dan fasilitas umum dibangun berdampingan dengan mempertimbangkan aspek lingkungan yang sehat. Ruang terbuka juga memungkinkan penduduknya saling bersosialisasi satu sama lain.

Baca juga: Menelusuri Desa Hallstatt, Surga Tersembunyi Bekas Tambang Garam

Suasananya seperti desa-desa Skandinavia yang tenang dan harmonis dengan alam

Brondby Haveby, Pemukiman dengan Konsep Lingkaran Unik di Denmark

(foto: henrydo)

Daya tariknya bukan hanya dari atas melalui foto-foto, tapi juga ketika sedang berada di dalam kompleksnya. Merasakan tinggal di dalamnya juga menjadi pengalaman tersendiri.

Sebagian penghuninya tidak menetap permanen, melainkan hanya menyewa untuk beberapa waktu yang disepakati.

Karena Denmark termasuk ke dalam wilayah Skandinavia, Brondby Haveby juga sangat bernuansa seperti desa-desa Skandinavia yang tenang.

Pada saat cuacanya mendukung, kehidupan di Brondby Haveby adalah sumber ketenangan yang langka. Meskipun masih termasuk di wilayah ibukota, tapi terlihat harmonis dengan alam.

Deretan rumahnya masing-masing dilengkapi dengan halaman luas agar terhindar dari segala kebisingan.

Halamannya yang luas tentunya juga cocok dimanfaatkan untuk berkebun atau bercocok tanam beberapa bahan pertanian.

Struktur melingkar dan taman yang luas juga memiliki konsekuensi tersendiri

Brondby Haveby, Pemukiman dengan Konsep Lingkaran Unik di Denmark

(foto: demilked)

Bulan April dan Oktober adalah waktu yang paling banyak dipilih oleh penduduk dari kota untuk menyewa rumah di Brondby Haveby karena ingin merasakan seperti apa kehidupan pedesaan yang asri.

Di saat cuaca cerah, lingkungannya memang menyenangkan untuk dipandang maupun dirasakan. Sayangnya beberapa rumah kurang terawat karena hanya difungsikan untuk gudang penyimpanan.

Meskipun sejak awal dikonsep sebagai kota berkelanjutan yang memperhatikan estetika, tapi kompleks ini juga tidak sempurna.

Di satu sisi, suasana jauh dari kebisingan kota memang menenangkan, tapi kadang suasana terisolasi juga kurang baik untuk kebahagiaan penduduknya.

Strukturnya yang melingkar juga memunculkan konsekuensi tersendiri, misalnya kebutuhan tanah yang lebih luas untuk masing-masing rumah.

Tamannya yang luas  juga membutuhkan perawatan ekstra, apalagi kalau sudah memasuki musim dingin bersalju. Jadi apakah kamu tertarik untuk mencoba tinggal di kompleks perumahan seperti Brondby Haveby?