lifestyle

Berikut 10 Tips Mudah Belajar Chord Gitar, Pemula Wajib Tahu

Penulis:   | 

Gitar menjadi salah satu alat musik yang populer di masyarakat. Selain mudah dimainkan, gitar dapat membentuk irama lagu yang bisa menjadi moodboster.

Terlebih, bermain gitar bisa meningkatkan fungsi otak, melatih konsentrasi, sekaligus menghilangkan stres. Pasalnya, saat bermain gitar, kamu membutuhkan konsentrasi tinggi.

Ambil contoh, rata-rata lagu berdurasi 3 – 4 menit. Agar lagu yang dimainkan tuntas, kamu harus berkonsentrasi dari awal hingga lagu selesai.

Secara tidak langsung pula, bermain gitar membantumu untuk menghilangkan stres akibat rutinitas sehari-hari.

Bayangkan, saat kamu bermain gitar, seolah-olah kamu jatuh kedalam alunan sehingga bebanmu terasa berkurang, serta membantu pikiran lebih jernih.

Namun, untuk mahir bermain gitar, kamu haru menguasai chord terlebih dahulu. Sayangnya, banyak dari pemula yang menyerah karena chord gitar dinilai sulit untuk dipelajari. Padahal, chord gitar menjadi kunci dasar agar kamu mahir bermain gitar.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan agar mahir mempelajari chord gitar?

Baca juga: Super Gampang, 5 Cara Alami Hilangkan Mata Panda

1. Perlu komitmen yang tinggi

Pemula Wajib Tahu! Berikut Tips Ampuh Belajar Chord Gitar

(foto: unplash/mark)

Agar mahir bermain gitar, kamu perlu gigih dalam berlatih. Artinya, kamu tidak boleh punya niat yang setengah-setengah. Kalaupun kamu belajar secara otodidak, kamu harus berkomitmen dan rutin berlatih agar maksimal.

Untuk memaksimalkannya, setiap minggu kamu perlu mempelajari chord yang berbeda. Jika telah menguasai satu chord, kamu harus mempelajari chord lain di minggu berikutnya. Tujuannya agar jari jemari terbiasa, sehingga kamu mahir di setiap chord.

2. Pilih referensi yang tepat

Pemula Wajib Tahu! Berikut Tips Ampuh Belajar Chord Gitar

(foto: unplash/janko)

Kamu tentu memerlukan output pendukung untuk memudahkan latihan. Saat ini, banyak dari media yang bisa kamu jadikan acuan sebagai bahan ajarmu. Misalnya manfaatkan internet untuk melihat dan mengetahui kunci-kunci dasar.

Melalui internet pula, kamu bisa menelusuri berbagai lagu beserta chordnya. Alternatif lain, kamu juga bisa menggunakan media cetak seperti majalah untuk mempelajari chord gitar. Sesekali, gak ada salahnya berkunjung ke toko buku untuk menunjang proses latihanmu.

3. Biar jago, ulang secara berkala

Pemula Wajib Tahu! Berikut Tips Ampuh Belajar Chord Gitar

(foto:unplash/soundtrap)

Pepatah mengatakan, bisa karena terbiasa. Maka dari itu, kalau ingin mahir bermain gitar, kamu harus mengulang chord demi chord agar performa mu maksimal. Agar mudah, milikilah jadwal rutin untuk me-refresh kembali chord yang sudah kamu pelajari.

Misalnya, karena setiap minggu kamu sudah mempelajari berbagai chord, pilihlah satu hari khusus untuk mengulang kunci gitar.

Selain melatih daya ingat, mengulang chord yang sudah dipelajari membantu agar jarimu tidak kaku. Setidaknya, dalam seminggu milikilah waktu dua hari untuk mengulang chord yang sudah dipelajari.

4. Belajar menyetem gitar

Pemula Wajib Tahu! Berikut Tips Ampuh Belajar Chord Gitar

(foto: unplash/jonathan)

Langkah ini dinilai penting karena kamu sedang berproses untuk mengenali bunyi nada pada senar gitar. Satu hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menyetem gitar.

Pastikan kamu sudah mengetahui urutan senar. Sebagai pemula, kamu bisa memainkan semua senar sambil memetiknya.

Abaikan nada yang sekiranya tidak enak didengar. Sebab, memainkan seluruh senar bertujuan untuk mengetahui tingkat kekencangan senar.

Agar lebih mudah, langkah ini bisa kamu lakukan sesuai dengan kemampuan juga kenyamananmu. Namun hati-hati! Agar tidak putus, kamu tidak boleh terlalu kencang dalam memetik senar.

5. Biasakan memetik gitar, yuk!

Pemula Wajib Tahu! Berikut Tips Ampuh Belajar Chord Gitar

(foto:unplash/derek)

Untuk bisa memainkan sebuah lagu, kamu harus terbiasa belajar memetik gitar. Selain memperoleh nada yang merdu, tujuannya agar jari tangan terbiasa mengikuti ritme senar. Tentunya, pada tahap ini kamu perlu menggunakan lima jari seklaligus.

Mula-mula, letakkan ibu jari pada senar paling atas, tepatnya pada bass nomor 5,6 atau 4. Selanjutnya, jari telunjuk digunakan untuk memainkan senar nomor 3, jari tengah memetik senar nomor 2, kemudian diikuti jari manis untuk memetik senar nomor 1. Agar terbiasa, lakukalah secara perlahan dan berulang.

Baca juga: Ajaib! 10 Cara Mencerahkan Kulit Wajah dalam 1 Minggu

6. Agar maksimal, mainkan sebuah lagu

Pemula Wajib Tahu! Berikut Tips Ampuh Belajar Chord Gitar

(foto: unplash/marius)

Berlatih dan menghafal chord secara terus-menerus membuatmu bosan? Untuk mengatasinya, pilihlah satu lagu favorit yang mempunyai kunci dasar.

Dengan begitu, latihanmu terasa menyenangkan. Kalau kamu sudah menguasai satu lagu, dijamin kamu akan merasa mudah dan semangat dalam bermain gitar.

Apalagi, mempelajari lagu favorit menjadi momen menyenangkan untuk meningkatkan semangatmu dalam berlatih. Jangan lupa dicoba, ya!

7. Coba untuk tidak melihat senar gitar

Pemula Wajib Tahu! Berikut Tips Ampuh Belajar Chord Gitar

(foto: unplash/parker)

Kalau jari-jari tanganmu sudah terbiasa memainkan chord gitar, sesekali cobalah berlatih memetik gitar tanpa melihat senarnya. Mengapa? Hal ini untuk menguji tingkat konsentrasi juga memorimu dalam menghafal.

Caranya, kamu harus berkonsentrasi sampai lagu selesai dimainkan. Tentu, kamu membutuhkan waktu dan latihan rutin agar mendapatkan performa maksimal.

8. Multitasking is a must

Multitasking is a must

(foto: unplash/jessica)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bermain gitar artinya kamu membutuhkan konsentrasi tinggi. Agar terbiasa, sesekali cobalah memainkan chord gitar sambil mengobrol atau sekadar nonton.

Kebiasaan ini membantumu untuk tidak terus menerus menunduk ke arah gitar, sehingga perlahan kepercayaan diri mulai terbangun.

Gak cuma itu, langkah ini sebagai bentuk untuk melatih jari jemari agar lebih lihai dalam memainkan chord gitar, loh!

Kalau sudah mahir dan terbiasa, kamu tidak perlu menunduk dan merasa takut salah, bukan?

9. Jadikan idola sebagai motivasi

Jadikan idola sebagai motivasi

(foto: unplash/sam)

Tak bisa dipungkiri, idola menjadi motivasi seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Kalau sedang malas berlatih, tentu motivasimu kembali bangkit karena idola. Kamu terpicu untuk mahir bermain musik agar menjadi seperti idolamu.

Kamu bisa menulis atau menempelkan foto idola di sudut kamar, sehingga mendorongmu untuk gigih berlatih.

10. Mulai terbiasa mengulik lagu

Mulai terbiasa mengulik lagu

(foto:unplash/mohammadmetri)

Jika latihanmu terasa monoton, kamu bisa mengulik atau memodifikasi lagu. Secara tidak langsung, langkah ini sebagai stimulus untuk melatih pendengaran, serta meningkatkan kepekaanmu terhadap melodi.

Selanjutnya, kalau kamu berani memodifikasi lagu, secara tidak langsung kamu dituntut untuk kreatif. Dijamin deh, ke depan kamu bakal lihai dalam bermain gitar, bahkan mengarang sebuah lagu.

Itulah tips ringkas yang bisa kamu coba agar mahir dalam belajar chord. Jangan lupa terus berlatih dan memasang target, ya! Semoga berhasil.