inspirasi

Apa Itu ASMR, Konten Video YouTube yang Sempat Viral di Internet

By  | 

Apakah kamu sering menonton video di YouTube? Kalau iya, kemungkinan di sana akan kamu temui beberapa rekomendasi konten video dengan tambahan istilah ‘ASMR’ pada judul.

Pertama kali populer pada tahun 2010 sampai jadi viral di internet, konten video ASMR memang sudah pernah diunggah sebanyak jutaan kali oleh Youtuber di seluruh dunia.

Kebanyakan video ASMR tampil dengan thumbnail makanan dengan warna mencolok agar menarik perhatian penonton. Setelah dibuka, di dalamnya ada tayangan video dengan suara-suaranya yang unik.

Baca juga: Apa Itu Gap Year, Pilihan Menunda Kuliah yang Bisa Berfaedah

Orang yang mendengarnya akan mendapat sensasi merinding sekaligus nyaman

Apa Itu ASMR, Konten Video YouTube yang Sempat Viral di Internet

(foto: japantoday)

Dalam video ASMR, seringkali terlihat orang yang melakukan suatu aktivitas yang bisa menimbulkan suara tertentu, misalnya makan buah-buahan, makanan renyah, ketukan suatu benda hingga, ketikan keyboard, suara bisikan, dan lain-lain.

ASMR merupakan singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response. Istilah ini menjadi ungkapan atau sebutan untuk sebuah sensasi seseorang secara spontan yang dipicu karena suara tertentu.

Sensasi yang ditimbulkan sering terlihat seperti perasaan merinding. Tapi di sini sensasinya bukan merinding yang tidak nyaman atau gemetar seperti mendengar suara seram.

Justru sebaliknya, untuk sebagian orang sensasi perasaan ketika menonton video ASMR adalah merasa senang, rileks, atau malah bisa tertidur karena tenang.

Bisa memberi efek seperti ketika mendengarkan musik yang enak didengar

Apa Itu ASMR, Konten Video YouTube yang Sempat Viral di Internet

(foro: tryp96.wordpress)

Beberapa content creator mencoba menampilkan videonya dengan sederhana dan tampak seperti hal iseng, tapi penontonnya betah berlama-lama menyimaknya.

Alasan kenapa banyak orang menyukainya juga karena videonya terasa seperti sesuatu yang baru.

Banyak juga yang memanfaatkan video ASMR secara khusus dengan konsep bercerita dengan suara pelan agar penontonnya bisa hanyut dengan jalan ceritanya sambil relaksasi.

Dalam posisi rileks karena mendengar suara dari video, detak jantung bisa lebih stabil dan memberikan efek seperti self healing atau saat mendengarkan musik yang enak didengar.

Rasa tenang yang bisa muncul ternyata ada kaitan dengan amigdala, yakni bagian otak yang tugasnya mengolah emosi.

Sensasi seseorang pada video ASMR sebetulnya tidak sama karena tergantung pada fokus, konsentrasi, dan juga pengalaman personal di masa lalu.

Baca juga: Permainan Engrang, Olahraga Tradisional yang Bisa Menjaga Keseimbangan Tubuh

Efeknya bisa menjalar dari kulit kepala menuju punggung sampai ke kaki

Apa Itu ASMR, Konten Video YouTube yang Sempat Viral di Internet

(foto: foodrepublic)

Bukan hanya terkait dengan suara tertentu, tapi juga beberapa jenis konten visual. Konten visual di sini adalah semacam pemandangan indah, warnanya cerah atau mencolok.

Setiap melihatnya, penonton akan merasakan sensasi seolah sedang mendengarkan bunyi tertentu yang pernah didengar.

Misalnya ketika melihat video kuliner dengan makanan renyah. Cukup dengan melihatnya, langsung bisa terasa.

Efeknya juga akan tergantung pada kecenderungan si penonton, apakah lebih suka mendengar (auditory) atau melihat (visual).

Efek merinding atau perasaan lain yang muncul saat menyaksikan video ASMR biasa dimulai dari kulit kepala di bagian ujung atau atas.

Setelah itu menjalar ke leher belakang dan di bagian punggung. Tapi kadang sensasinya bisa juga menjalar di bagian tangan sampai kaki.

Bisa melepaskan hormon yang bisa memicu rasa nyaman seperti obat penenang

Apa Itu ASMR, Konten Video YouTube yang Sempat Viral di Internet

(foto: soulspace)

Disebut-sebut bahwa suara yang keluar dari video bisa melepaskan hormon endorfin yang juga dilepaskan saat orangtua merawat bayinya. Jadi tidak heran kalau muncul kenyamanan di sana.

Selain hormon endorfin juga muncul dopamin, yang berkaitan dengan motivasi, bahkan memicu euforia seperti minum obat penenang atau pereda rasa sakit.

Pernah ada penelitian di Universitas Sheffield tentang sejumlah manfaat dari menonton ASMR. Selain efek relaksasi dan denyut jantung yang menurun, emosi positif juga meningkat signifikan.

Terlepas dari manfaatnya, ternyata juga ada orang yang justru tidak menyukainya, misalnya saat mendengar orang makan sambil bersuara justru tidak nyaman.

Tapi nyatanya konten video ASMR masih banyak dibuat memang terasa unik dan mengasyikkan untuk dinikmati di waktu senggang.