lifestyle

11 Obat Batuk Kering Ampuh dan Efektif

Penulis:   | 

Mencari obat batuk kering secara alami tidaklah sulit, sebab ada banyak bahan alami yang bisa mengobati penyakit tersebut dengan cepat dan mudah.

Batuk merupakan bentuk perlawanan tubuh terhadap virus dan bakteri yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Umumnya, batuk dibagi menjadi dua jenis, yakni batuk basah dan batuk kering.

Batuk basah merupakan batuk yang menghasilkan lendir yang disebut dengan dahak, sementara batuk kering tidak menghasilkan lendir. Umumnya, batuk ini akan bertahan lebih lama dari batuk basah.

Penyebab batuk kering biasanya terjadi akibat asma, kebiasaan merokok, infeksi saluran tenggorokan, paparan polusi, hingga naiknya asam lambung.

Jika batuk kering tidak segera diobati, maka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, simak beberapa macam obat batuk kering secara alami berikut ini.

Baca juga: 8 Cara Memutihkan Badan Secara Alami, Mudah Dilakukan

1. Jahe

8 Obat Batuk Kering Ampuh dan Efektif

(foto: pexels/pixabay)

Jahe merupakan tanaman rimpang yang kerap dijadikan sebagai bumbu dapur untuk melezatkan masakan.

Tidak hanya itu, rupanya tanaman rimpang ini juga bisa mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya adalah batuk kering. Tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan tanaman rempah ini.

Dikatakan dapat mengobati batuk kering secara alami adalah karena jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang berfungsi dapat mengendurkan selaput di saluran udara untuk mengurangi batuk kering.

Untuk memanfaatkan tanaman ini sebagai obat batuk, kamu bisa mengolahnya menjadi minuman hangat, yakni wedang jahe.

Caranya, ambil beberapa ruas jahe lalu kupas hingga bersih. Didihkan beberapa gelas air, kemudian masukkan jahe dan rebus sampai mendidih.

Sebelum disajikan, diamkan selama beberapa menit terlebih dahulu agar tidak terlalu panas. Setelah ruam-ruam kuku, tambahkan madu atau perasan lemon lalu teguk selagi hangat.

Minum rebusan jahe ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Kunyit

8 Obat Batuk Kering Ampuh dan Efektif

(foto: instagram/sayurhunter.id)

Selain jahe, tanaman rimpang lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati batuk kering secara alami adalah kunyit.

Tanaman yang memiliki warna putih dan oranye ini rupanya memiliki kandungan kurkumin, yakni senyawa yang bersifat antivirus, anti-inflamasi dan antibakteri, sehingga dapat dijadikan sebagai obat pembasmi virus dan bakteri penyebab batuk.

Caranya juga sama dengan jahe, kamu hanya perlu merebus kunyit dengan air mendidih. Setelah hangat, minum air rebusan tersebut secara rutin.

Tidak hanya untuk menyembuhkan batuk kering, kunyit juga bisa menyembuhkan permasalahan pernapasan lainnya, seperti gejala asma dan bronkitis.

3. Nanas

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa yang Bikin Gak Pede

(foto: unsplash/brookelark)

Siapa sangka, rupanya nanas dapat dijadikan sebagai obat batuk kering secara alami. Buah yang biasanya digunakan untuk campuran hidangan rujak dan juga minuman segar ini, memiliki kandungan enzim bernama bromelain.

Enzim tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup ampuh dalam membantu membunuh virus dan bakteri penyebab batuk di dalam tubuh.

Tidak hanya untuk batuk kering, enzim dalam nanas ini juga mampu mengatasi batuk basah. Hal tersebut dikarenakan bromelain dapat membantu memecah dan mengeluarkan lendir sehingga batuk dapat diobati dengan mudah.

4. Madu

19 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba di Rumah

(foto: istockphoto)

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa madu memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Tak heran jika cairan manis yang dihasilkan oleh lebah ini kerap digunakan sebagai obat herbal dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Salah satu masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan baik oleh madu adalah batuk kering. Berdasarkan sebuah penelitian, cairan kental ini mampu mengurangi frekuensi batuk, terutama pada malam hari sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan dua sendok teh madu dan air hangat. Kemudian, minum sebanyak sekali atau dua kali sehari.

Namun, perlu diingat bahwa obat alami ini tidak diperuntukkan bagi anak berusia kurang dari satu tahun sebab dapat menimbulkan risiko botulisme, yakni keracunan makanan langka yang serius.

Baca juga: 9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

5. Lemon

5 Buah Ini Membuat Kulit Mulus, Sehat dan Bebas Jerawat!

(foto: unsplash/mkhaliqi)

Lemon merupakan jenis buah jeruk yang biasa digunakan sebagai minuman segar ataupun campuran makanan.

Buah yang memiliki rasa kecut ini rupanya memiliki kandungan vitamin yang bagus untuk kesehatan. Tidak hanya itu, lemon juga dipercaya dapat mengatasi beragam masalah kesehatan, salah satunya adalah batuk kering.

Kandungan sifat anti-inflamasi yang terdapat di dalamnya mampu membantu mengurangi iritasi pada tenggorokan dan juga paru-paru.

Untuk memanfaatkan lemon sebagai obat batuk, caranya adalah seduh dua sendok makan perasan air lemon dengan 500 ml air hangat. Minum secara rutin setiap hari.

6. Akar marshmallow

8 Obat Batuk Kering Ampuh dan Efektif

(foto: istockphoto)

Mungkin sebagian besar orang masih belum tahu apa itu akar marshmallow. Akar marshmallow merupakan akar dari tanaman marshmallow yang terlihat seperti sekam berwarna coklat dan berserat.

Rupanya, tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kesehatan, terutama batuk kering.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sirup obat herbal yang mengandung akar marshmallow dapat meredakan batuk secara efektif.

Untuk mengolah akar marshmallow menjadi obat batuk, caranya yakni dengan meletakkan akar tersebut ke dalam gelas, lalu tuangkan air mendidih ke dalamnya. Kemudian, tutup rapat dan diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga hangat.

Setelah itu, saring dan ambil airnya, lalu minum hingga habis. Namun, jika kamu tidak memiliki akar marshmallow alami, kamu bisa membelinya dalam bentuk kantung teh.

Kamu bisa mendapatkannya di apotek atau di swalayan terdekat.

7. Minuman hangat

Dehidrasi Saat Puasa? Simak Cara-Cara Mengatasinya

(foto: pexels/dariashevtsova)

Saat batuk, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air hangat setiap hari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air hangat ataupun minuman hangat lainnya mampu meredakan batuk, pilek, gatal tenggorokan, kedinginan, serta kelelahan.

Selain air hangat, kamu juga bisa mencoba minuman hangat lainnya seperti teh herbal, dan jus buah hangat yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Minum secara rutin setiap hari. Khusus untuk air hangat, kamu bisa mengonsumsinya sebanyak kebutuhan air putih untuk harian, yakni 8 gelas atau 2 liter per hari.

8. Berkumur air garam

18 Manfaat Kunyit Putih, Ampuh Menangkal Sel Kanker

(foto: istockphoto)

Air garam rupanya memiliki khasiat dalam mengatasi batuk kering. Berkumur air garam dapat membantu mengatasi batuk kering secara alami.

Hal tersebut dikarenakan larutan garam dapat menarik cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan. Dengan demikian, bakteri dan jamur penyebab iritasi dapat dikeluarkan.

Cara berkumur dengan air garam adalah dengan mencampurkan sekitar seperempat atau setengah sendok teh garam. Lalu, campurkan ke dalam air hangat

Kemudian, minumlah larutan air garam tersebut namun jangan sampai tertelan. Kamu hanya perlu berkumur selama beberapa detik saja, yakni sekitar 10 hingga 15 detik, lalu keluarkan.

Lakukan cara tersebut secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan batuk kering bisa sembuh.

9. Uap air hangat

Ajaib! 10 Cara Mencerahkan Kulit Wajah dalam 1 Minggu

(foto: pexels/pixabay)

Selain memanfaatkan air hangat dengan cara berkumur, kamu juga bisa menghirup uapnya untuk meredakan gejala batuk kering yang kamu alami.

Bukan tanpa alasan, uap air hangat dapat melembapkan saluran hidung yang kering. Batuk kering juga berpotensi membuat tenggorokanmu merasa sakit sehingga berkumur dengan air hangat bisa meredakan kondisi tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat lebih, kamu bisa menambahkan aditif alami seperti kemangi suci atau daun tulsi ke dalam uap air hangat tersebut. Cara ini ampuh untuk meredakan batuk yang disebabkan oleh pilek, asma, maupun alergi.

10. Bawang putih

Cara Menghilangkan Bekas Koreng secara Alami dan Medis

(foto: istockphoto)

Bawang putih memang selama ini dikenal sebagai salah satu bumbu dapur untuk memasak. Namun, siapa sangka jika tanaman umbi lapis yang satu ini mampu membantumu meredakan batuk kering?

Bawang putih diketahui memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antibakteri ringan sehingga cocok digunakan sebagai obat batuk kering. Cara memanfaatkannya cukup mudah. Ambil satu siung bawang putih lalu kupas.

Kemudian iris tipis-tipis lalu kunyah. Setelah itu minum air untuk membantumu menelannya. Cara ini mungkin akan membuat napasmu bau untuk sementara waktu, mengingat bawang putih memiliki aroma yang sangat kuat.

Jika kamu tidak ingin terganggu dengan aromanya, haluskan bawang putih lalu masukkan ke dalam kapsul. Lalu telan dan minum.

Kamu bisa melakukan cara ini setiap 4 jam sekali sehari, selama beberapa hari sampai kamu benar-benar merasa bahwa batuk keringmu telah mereda.

11. Kurangi konsumsi makanan tertentu

10 Makanan Jepang Populer di Indonesia, bikin Ngiler

(foto: istockphoto)

Batuk kering bisa jadi merupakan salah satu bentuk reaksi tubuh yang alergi terhadap makanan. Jadi, coba kamu ingat-ingat, apakah akhir-akhir ini kamu mengonsumsi makanan tertentu sehingga membuatmu batuk. Jika iya, sebaiknya berhentilah sejenak untuk tidak memakannya lagi.

Sebab, ada kalanya kondisi tubuh tertentu bisa membuatmu lebih rentan untuk mengalami batuk kering.
Misalnya jika kamu rentan terhadap gejala alergi pernapasan, maka menghindari makanan yang mengandung histamin tinggi dapat membantumu meredakan gejala batuk kering, seperti kerang, daging asap, dan cokelat.

Selain itu, batuk kering juga bisa disebabkan karena penyakit asam lambung. Jika kamu merasa memiliki gangguan pencernaan yang satu ini, maka sebaiknya hindari makanan berlemak tinggi.

Ada baiknya juga kamu mengurangi makanan yang mengandung asam, kafein, dan makanan pedas. Sebab, itu semua dapat membuat gejalamu batuk keringmu semakin memburuk.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara alami untuk mengobati batuk kering dengan mudah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa meskipun yang digunakan semuanya berasal dari bahan herbal yang tentunya aman bagi kesehatan, akan tetapi jangan menggunakannya secara berlebihan.

Sebab, apa pun yang berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk, termasuk beberapa bahan alami di atas yang dapat menimbulkan efek samping yang justru dapat membahayakan tubuh.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.