lifestyle

8 Cara Memutihkan Badan Secara Alami, Mudah Dilakukan

Penulis:   | 

Cara memutihkan badan tidak hanya bisa ditempuh dengan cara medis atau perawatan di klinik kecantikan, melainkan juga bisa dengan cara alami.

Seperti yang kita tahu bahwa sebagian besar wanita menganggap definisi dari cantik adalah memiliki kulit putih bersih. Tak heran, jika sebagian dari mereka melakukan berbagai macam cara untuk memutihkan badan.

Bahkan, tak jarang dari mereka sampai rela merogoh kocek terlalu besar hanya untuk mendapatkan kulit putih yang mereka inginkan.

Nah, bagi kamu yang memiliki kulit gelap dan ingin memutihkannya, kamu bisa menggunakan berbagai macam cara alami berikut ini.

Baca juga: 9 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

1. Tidur cukup

8 Cara Memutihkan Badan Secara Alami, Mudah Dilakukan

(foto: istockphoto)

Manusia membutuhkan tidur untuk menyegarkan tubuh dan pikiran setelah melakukan aktivitas sepanjang hari. Idealnya, tubuh membutuhkan waktu tidur kurang lebih 8 jam sehari.

Jika kurang tidur, maka tubuh akan mudah terserang berbagai macam penyakit, mulai dari anemia, obesitas, diabetes, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kurang tidur juga berpengaruh pada kecantikan yang ditandai dengan munculnya tanda penuaan dini, kulit kusam, kering, dan masih banyak lainnya.

Oleh sebab itu, diperlukan waktu tidur yang cukup untuk bisa mendapatkan manfaat baiknya untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit.

Perlu diketahui bahwa tidur cukup juga bisa memutihkan badan secara alami. Hal tersebut dikarenakan, ketika sedang tidur maka semua sel dalam tubuh akan meregenerasi dan menciptakan kolagen dalam jumlah yang banyak.

Dengan banyaknya produksi kolagen, maka semakin besar kesempatan untuk memiliki kulit putih dan cerah.

2. Makan buah dan sayur

8 Cara Memutihkan Badan Secara Alami, Mudah Dilakukan

(foto: unsplash/annapelzer)

Buah dan sayur merupakan makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan, terdapat banyak kandungan nutrisi penting yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar setiap saat.

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, buah dan sayur jika dikonsumsi secara rutin setiap hari, dapat memberikan manfaat bagi kulit.

Kandungan beberapa vitamin dan nutrisi di dalamnya mampu membuat badan menjadi putih alami.

Terdapat kandungan vitamin C di dalam buah dan sayur yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Sepeti yang kita tahu bahwa kolagen bermanfaat untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit.

Selain vitamin C, buah dan sayur juga mengandung vitamin B, dan E yang mana dapat membantu proses regenerasi kulit.

Untuk mendapatkan vitamin tersebut secara berlimbah, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis buah dan sayur seperti tomat, wortel, sayuran hijau, alpukat, apel, anggur, papaya, dan masih banyak lainnya.

3. Menggunakan minyak Kelapa

8 Cara Memutihkan Badan Secara Alami, Mudah Dilakukan

(foto: pexels)

Memutihkan badan juga bisa dengan menggunakan bahan alami, salah satunya adalah minyak kelapa.

Seperti yang kita tahu bahwa kelapa merupakan buah yang memiliki segudang manfaat, mudali dari daging, air, hingga pohonnya.

Buah kelapa yang sudah tua bisa diolah menjadi minyak, yang tentu saja snagat sehat untuk tubuh dan juga kulit.

Minyak kelapa murni memiliki kandungan asam laurat, yakni lemak jenuh yang dianggap lebih sehat dan dapat berperan dalam membantu mebunuh bakteri, virus, dan asam lemak dalam tubuh.

Jika kamu ingin mencerahkan kulit, maka gunakanlah minyak ini secara rutin setiap hari. Caranya, oleskan pada seluruh tubuh, termasuk pada wajah.

Tidak hanya untuk mencerahkan, minyak kelapa juga bisa melembabkan kulit sehingga sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit kering dan bersisik.

4. Oatmeal dan madu

Bikin Body Scrub di Rumah Pakai 5 Bahan Alami yang Mudah Dicari

(foto: unsplash/melsvision)

Siapa bilang oatmeal hanya bagus untuk kesehatan tubuh saat dikonsumsi? Nyatanya, makanan sehat ini juga memiliki peran penting dalam merawat dan menjaga kecantikan kulit.

Sama halnya dengan madu. Semua orang pasti tahu akan manfaat cairna kental manis yang berasal dari lebah dan tawon tersebut.

Selain dapat membantu menyehatkan tubuh, madu juga bisa mencerahkan kulit secara alami, apalagi jika dicampur dengan oatmeal.

Caranya, haluskan oatmeal dengan blender. Setelah halus, tambahkan madu secukupnya, aduk merata hingga membentuk seperti masker wajah.

Campuran kedua bahan tersebut bisa kamu gunakan sebagai masker atau scrub wajah untuk membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan menghitam.

Tidak hanya untuk mengangkat sel kulit matai, madu dan oatmeal juga bisa mengurangi iritasi pada kulit, serta melembabkan dan mencegah kulit kering.

Baca juga: Mengenal Blue Waffle, Penyakit Menular Seksual

5. Bengkoang

8 Cara Memutihkan Badan Secara Alami dan Mudah Dilakukan

(foto: istockphoto)

Manfaat bengkoang tidka perlu diragukan lagi dalam hal mencerahkan kulit. Terbukti dari banyaknya produk kecantikan yang menggunakan buah ini sebagai kandungan utamanya, mulai dari sabun mandi, sabun wajah, masker wajah, pembersih wajah, dan masih banyak lainnya.

Hal tersebut dikarenakan, bengkoang mengandung vitamin A dan C yang sangat penting dalam membantu mencerahkan kulit serta menjaga kesehatannya.

Tidak hanya itu, vitamin yang terkandung di dalamnya juga mampu membantu mempercepat regenerasi sel kulit mati dan meningkatkan produksi kolagen.

Dengan demikian, kulit akan menjadi lebih halus, cerah, lembab, dan kenyal sepanjang hari.

6. Tomat

5 Buah Ini Membuat Kulit Mulus, Sehat dan Bebas Jerawat!

(foto: unsplash/jma1053)

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tomat juga baik untuk kesehatan kulit, khususnya untuk mencerahkan kulit.

hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan lycopene yang terdapat di dalamnya, yang mana kandungan tersebut bermanfaat dalam menangkal radikal bebas dan membuat kulit lebih cerah dan bersinar.

Tidak hanya itu, tomat juga berfungsi sebagai tabir surya sehingga bisa melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari dan sinar UV.

Selain itu, mengonsumsi tomat secara rutin juga dapat membantu menghaluskan kulit dan juga melembabkan.

Oleh karena itu, rutinlah mengonsumsi tomat, baik dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi berbagai macam olahan seperti jus segar, sup tomat, dan lain sebagainya.

7. Mentimun

Cara Super Gampang dan Murah Atasi Ketiak Gelap!

(foto: unsplash/f17photo)

Biasanya, mentimun digunakan untuk membantu menghilangkan lingkaran pada mata, alias mata panda.

Hal tersebut sudah terbukti sehingga tidak sedikit orang mencoba metode tersebut, karena selain dianggap ampuh, penggunaan mentimun juga terbukti aman.

Tidak hanya untuk menghilangkan mata panda, mentimun juga memiliki manfaat lainnya bagi kulit, yakni dapat membantu mencerahkan kulit secara alami.

Hal tersebut dikarenakan, mentimun mengandung vitamin dan mineral yang sangat berperan dalam membantu membuat kulit tetap segar, bersih, dan juga cerah.

Manfaat lainny adalah mentimun juga dapat melembabkan kulit, melembutkan, dan mencegah penuaan dini, sehingga wajah tampak segar dan awet muda.

8. Bawang putih

Cara Menghilangkan Bekas Koreng secara Alami dan Medis

(foto: istockphoto)

Bawang putih merupakan rempah yang biasanya digunakan untuk melezatkan masakan. Hampir semua orang menggunakannya dalam kehidupan sehari.

Sebab, tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan, bawang putih juga dapat digunakan dalam membantu menjaga dan merawat kesehatan dan kulit.

Mencerahkan kulit rupanya dapat dilakukan dengan mengoleskan bawang putih pada area kulit yang menghitam.

Di dalam bumbu dapur tersebut terdapat kandungan antioksidan yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam dan berjerawat.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan bawang putih pada kulit yang menghitam. Kemudian, biarkan kering. Setelah itu, bersihkan dan keringkan dengan handung bersih.

Akhir kata

Nah, itulah 8 cara memutihkan badan secara alami dan mudah dilakukan di rumah. Seperti yang kita tahu bahwa, bagi sebagaian besar orang, standar kecantikan seseorang dilihat dari kulitnya yang putih. Walaupun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.