in

7 Tanda Ini Jadi Bukti Kamu Sudah Siap Menikah

Tanda-Tanda ini Jadi Bukti Kamu Sudah Siap Nikah!
(foto: unsplash/veronezcaroline)

Memang tidak mudah untuk memutuskan menikah. Karena menikah dibutuhkan komitmen yang kuat antara kedua pasangan, dan diperlukan kesiapan mental untuk membangun rumah tangga.

Meskipun demikian, ternyata juga tidak sedikit orang yang menganggap pernikahan sebagai suatu hal yang bisa menyempurnakan kehidupan mereka.

Masalahnya beberapa dari mereka belum tau apakah sudah siap menikah atau belum. Disini ada beberapa tanda yang bisa menjadi bukti bahwa kamu sudah siap untuk menikah dilansir dari The Zoe Report.

Baca juga: 4 Hal Akan Kamu Alami Jika Menikah Tanpa Cinta

1. Pemikiran yang dewasa

Tanda-Tanda ini Jadi Bukti Kamu Sudah Siap Nikah!
(foto: unsplash/anthonytran)

Kamu pasti tau ya kalau tingkat kedewasaan seseorang tidak bisa diukur dari usianya. Karena tingkat kedewasaan yang sesungguhnya diukur dari pemikiran.

Seseorang yang sudah siap untuk menikah pastinya akan lebih matang pemikirannya untuk dapat menilai konsekuensi yang akan dihadapi kedepannya.

2. Telah menemukan orang yang tepat

Tanda-Tanda ini Jadi Bukti Kamu Sudah Siap Nikah!
(foto: unsplash/nathanmcb)

Tanda yang kedua adalah kamu sudah menemukan orang yang tepat untuk diajak berkomitmen.

Seseorang ini pastinya memiliki pemikiran yang matang juga, bisa memperkiraan kehidupan kalian setelah menikah dan pastinya kalian saling mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jika dirasa pasanganmu sekarang belum bisa menjadi orang yang tepat, bicarakanlah secara baik-baik untuk menemukan jalan keluarnya.

3. Mengerti akan ‘bahasa cinta’ yang sesungguhnya

Tanda-Tanda ini Jadi Bukti Kamu Sudah Siap Nikah!
(foto: pexels/cottonbro)

Tidak hanya mengetahui, tapi kamu juga perlu mengerti tentang bahasa cinta yang sesungguhnya.

Ada 5 bahasa cinta yang paling utama yaitu melayani, memberi dan juga menerima, memberikan waktu yang berkualitas, memberikan sentuhan fisik yang lembut dan adanya kata-kata yang menggambarkan kasih sayang.

Bahasa cinta ini memang sangat penting dalam hubungan. Karena dengan menerapkannya, dapat membantu mencegah pertengkaran di dalam hubungan.

4. Dapat mengatasi konflik dengan baik

Tanda-Tanda ini Jadi Bukti Kamu Sudah Siap Nikah!
(foto: unsplash/cblack09)

Tidak semua konflik berdampak buruk bagi hubungan. Karena dengan adanya konflik, pasangan akan saling mengetahui apa saja kekurangan yang ada di dalam diri mereka dan diharapkan juga pasangan menjadi lebih pengertian.

Tapi sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari konflik ini. Mereka selalu menganggap konflik menjadi hal yang sangat ditakutkan dalam hubungan.

Jika kamu sudah siap menikah, maka kamu tidak lagi menganggap konflik menjadi hal menakutkan, melainkan bisa menerima dan mengatasi konflik tersebut dengan baik.

Baca juga: Kurangi Marah-Marah, Ini 7 Efek Buruk Akibat Sering Meluapkan Emosi

5. Pembahasan yang mendalam

Tanda-Tanda ini Jadi Bukti Kamu Sudah Siap Nikah!
(foto: pexels/juanpphotoandvideo)

Kamu dan pasangan sudah membahas mengenai hal yang mendalam? Kalu iya, berarti bisa menjadi bukti kamu sudah siap untuk menikah.

Seperti yang diketahui pembahasan penting seperti agama, keuangan, anak-anak dan tempat tinggal memang sangat perlu dan juga penting.

Karena menikah bukan hanya soal cinta dan kasih sayang, tapi juga kebutuhan akan hidup yang akan kalian jalani nantinya.

6. Menjalani suka duka bersama

Tanda-Tanda ini Jadi Bukti Kamu Sudah Siap Nikah!
(foto: unsplash/matheusferrero)

Kamu dan pasangan juga harus sudah menjalani suka dan duka bersama. Karena disaat menikah nanti, akan ada lebih banyak rintangan yang perlu dihadapi.

Dan ternyata dengan selalu bersama saat suka dan duka bisa mempererat hubungan kalian dan menandakan kalau dirinya memang bisa selalu ada untukmu.

7. Berusaha membangun pernikahan yang sukses

Tanda-Tanda ini Jadi Bukti Kamu Sudah Siap Nikah!
(foto: unsplash/micheile)

Pernikahan memang indah tapi untuk menjalankannya tentu tidak mudah. Banyak pernikahan yang awalnya bahagia, tapi ujung-ujungnya berakhir dengan perceraian.

Jika sebelum menikah, kamu dan pasangan sering membicarakan mengenai cara untuk membangun pernikahan yang sukses maka sudah bisa dipastikan itulah tanda bahwa kalian sudah siap untuk membina rumah tangga.

Nah, jika beberapa tanda diatas sudah kamu alami maka jangan ragu segera memutuskan pernikahan. Tapi sebaiknya kamu juga perlu mengetahui kesiapan dari pasangan ya.

What do you think?