inspirasi

7 Logam Mulia Termahal di Dunia, Bukan Hanya Emas

Penulis:   | 

Investasi dengan logam mulia bukan hal yang baru di dunia. Untuk perihal investasi logam mulia ini, emas paling populer di seluruh dunia.

Harga jual beli emas memang cukup mahal, sekaligus dinilai cukup aman dari berbagai tinjauan ekonomi.

Berbicara tentang logam mulia termahal, ada berbagai faktor yang membuatnya memiliki harga yang tinggi. Di antaranya adalah karena faktor ketahanan terhadap korosi dan oksidasi.

Walaupun emas memiliki harga yang tinggi, tapi sebenarnya ada banyak logam mulia lain yang harganya mahal, bahkan lebih tinggi dari harga emas.

Baca juga: Mengenal Hiu Kalabia, Hewan Endemik Papua yang Bisa Berjalan

1. Rhodium

7 Logam Mulia Termahal di Dunia, Bukan Hanya Emas

(foto: klenota)

Logam mulia yang paling berharga ternyata adalah rhodium. Rhodium merupakan logam mulia yang sangat langka dengan titik leleh yang lebih tinggi dan kepadatan yang lebih rendah dari platinum, serta daya tahan terhadap korosi yang tinggi.

Rhodium memiliki sifat reflektif, karenanya rhodium banyak digunakan untuk lampu pencarian, cermin, dan perhiasan.

Logam ini juga bermanfaat untuk industri otomotif. Harga per gram rhodium sangat tinggi, yaitu mencapai $260, 42 di tahun 2020.

2. Palladium

7 Logam Mulia Termahal di Dunia, Bukan Hanya Emas

(foto: naver)

Palladium adalah kelompok logam platinum yang memiliki karakter tidak terlalu padat dan dengan titik leleh terendah daripada logam lain dalam satu kelompoknya.

Tetapi, palladium merupakan jenis logam mulia paling mahal kedua di dunia. Palladium banyak digunakan sebagai perhiasaan saat ini, dan dikenal sebagai emas putih.

Logam termahal kedua ini juga banyak digunakan dalam industri elektronik, kedokteran gigi, medis, juga sebagai catalytic converter untuk mengurangi emisi knalpot pada mobil. 1 gram palladium memiliki nilai $72,13.

3. Ruthenium

7 Logam Mulia Termahal di Dunia, Bukan Hanya Emas

(foto: oxymet)

Bersama dengan rhodium, palladium, osmium, iridium dan platinum, ruthenium termasuk dalam logam golongan platinum. Karakteristik kelompok ini sangat mirip terutama pada kepadatannya dan juga warnanya.

Ruthenium tidak terpengaruh oleh asam panas atau dingin, tetapi dapat larut dalam alkali cair. Ruthenium banyak digunakan untuk gawai dan alat elektronik, dan dalam industri kimia.

Di kisaran waktu bulan Juni 2021, dari data yang dikutip dari laman The Wealthy Gorilla, harga logam ini adalah $260 per ons.

Baca juga: Contoh Proposal Usaha yang Lengkap Mudah Dibuat

4. Iridium

7 Logam Mulia Termahal di Dunia, Bukan Hanya Emas

(foto: refractorymetal)

Iridium juga merupakan kelompok logam platinum. Berwarna putih keperakan, iridium juga termasuk logam yang sangat padat dengan titik leleh yang super tinggi.

Logam yang satu ini paling tahan terhadap korosi, bahkan tidak terpengaruh udara, air, dan asam.

Saat ini, logam iridium sangat banyak digunakan dalam perkembangan industri otomotif, elektronik dan kimia termasuk kedokteran.

Menurut data pada bulan Juni tahun ini, harganya mencapai $ 520 per troy once. 1 troy once adalah 31,1 gram.

5. Osmium

7 Logam Mulia Termahal di Dunia, Bukan Hanya Emas

(foto: osmium-institut)

Osmium dikenal sebagai salah satu logam terpadat dengan warna putih kebiruan dan agak mirip perak (silver), dan disebut pula kelompok logam platinum.

Titik leleh osmium juga diketahui sangat tinggi, tidak terpengaruh dengan air dan asam, namun bereaksi dengan alkali cair.

Kepadatannya yang tinggi dan ketahanannya terhadap korosi membuat logam mulia yang satu ini banyak digunakan untuk bantalan jam, jarum kompas, jarum gramofon dan katalis di beberapa industri.

Data per bulan Juni 2021 menunjukan harga per troy once-nya adalah sekitar $400 .

6. Rhenium

7 Logam Mulia Termahal di Dunia, Bukan Hanya Emas

(foto: science-alpha)

Rhenium adalah logam yang berwarna keperakan, dan salah satu logam terpadat. Rhenium memiliki ketahanan tinggi terhadap korosi, tetapi secara perlahan akan memiliki noda ketika bertemu udara lembap.

Rhenium titik leleh ketiga tertinggi setelah karbon dan tungsten. Rhenium banyak digunakan pada mesin turbin bersuhu tinggi, bahan kontak listrik dan termokopel.

Di AS, per bulan Juni, harga logam ini mencapai $1,290 per troy once.

7. Perak

7 Logam Mulia Termahal di Dunia, Bukan Hanya Emas

(foto: pinterest)

Perak adalah logam yang memiliki konduktivitas termal dan elektrik terbaik. Logam mulia ini tidak asing di telinga kita. Perak digunakan dalam banyak bidang.

Beberapa alat yang memanfaatkan bahan perak adalah alat tukar dan perhiasaan seperti layaknya emas, panel surya, sistem penyaringan air, alat fotografi hingga kebutuhan medis kedokteran gigi.

Harga perak per gram di sekitar bulan Juni tahun ini berkisar di $ 0,48 per gram.

Itulah logam mulia termahal yang ada di dunia ini, selain emas yang selama ini sudah terkenal di tengah masyarakat.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.