lifestyle

4 Fakta tentang Retinol, Produk Skincare yang Bikin Awet Muda

Penulis:   | 

Banyak wanita yang menginginkan kulitnya terlihat awet muda. Nah apa yang perlu dilakukan untuk itu? Salah satu kandungan dalam sebuah produk skincare yakni retinol bisa bikin awet muda lho.

Retinol adalah sebuah kandungan yang berasal dari turunan Vitamin A yang dapat membantu meregenerasi kulit mati secara perlahan dan membantu mengatasi tanda-tanda penuaan.

Ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit akan terlihat lebih kenyal dan kencang.

Tidak heran kalau produk ini banyak di masukkan ke brand perawatan kecantikan. Retinol bisa berupa serum atau cream. Fakta tentang Retinol  akan disampaikan lebih lanjut dalam artikel ini.

Baca juga: Apa Itu Mochi Skin, Tren Kecantikan Ala Wanita Jepang

1. Retinol mampu untuk mengatasi masalah keriput pada kulit

4 Fakta tentang Retinol, Produk Skincare yang Bikin Awet Muda

(foto: pixabay)

Menjelang usia 30-an, kulit akan berubah dan meregenerasi kulit setiap 28 hari. Namun, pergantian kulit akan melambat dan sel akan meregenerasi setiap 50-70 hari.

Perlambatan ini menyebabkan kulit lebih kering, lebih kusam, dan lebih berkerut. Untuk itu produk ini digunakan karena dapat mengatasi garis-garis halus yang sudah muncul di wajah dan meremajakan kulit.

Selain mencegah tanda-tanda penuaan, salah satu fakta tentangnya adalah mampu merawat kulit berjerawat dengan mengatur produksi minyak dan menjaga pori-pori agar tidak tersumbat.

Alangkah baiknya sebelum menggunakannya, konsultasikan ke dokter spesialis kulit agar diberikan pengarahan dan dosis yang tepat.

Meskipun mungkin kulitnya sudah mengalami pengelupasan ketika memulai menggunakannya, tapi tidak perlu khawatir tentang penipisan kulit saat menggunakannya, bahkan retinol bisa menebalkan kulit karena dia memproduksi kolagen.

Untuk lebih maksimal dan kulit tetap sehat gunakan tabir surya dengan minimal 30 SPF karena produk ini bisa membuat iritasi pada kulit saat terkena polusi.

2. Tidak bisa memberikan hasil instan dan aman digunakan setiap hari

4 Fakta tentang Retinol, Produk Skincare yang Bikin Awet Muda

(foto: lifestyleasia)

Kebanyakan orang salah paham tentang retinol dan manfaatnya. Ada yang menganggap ketika menggunakannya langsung menunjukkan hasil instan.

Seperti produk kecantikan kulit lainnya, kita perlu menunggu hasilnya karena bukan sulap. Waktu untuk terlihat maksimal itu kurang lebih 4-6 bulan penggunaan.

Walaupun bergantung pada konsentrasi produk yang digunakan, retinol aman digunakan setiap hari tapi disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan retinol pada siang hari.

Sekali sehari saja sudah lebih dari cukup. Penggunaan retinol beberapa kali seminggu diperbolehkan jika merasa tidak nyaman menggunakan tiap hari.

Baca juga: Tetap Terjaga, 10 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental

3. Bisa digunakan di malam hari dan boleh digabungkan dengan AHA dan BHA

4 Fakta tentang Retinol, Produk Skincare yang Bikin Awet Muda

(foto: dermstore)

Tentang retinol dan waktu terbaik untuk menggunakan juga ada ketentuannya. Yang terbaik untuk menggunakannya adalah di malam hari.

Karena waktu malam adalah waktu istirahat tanpa terpapar sinar matahari, polusi, dan debu.

Bisa gunakan produk dengan kandungan AHA, BHA atau Benzoil Peroksida. AHA dan BHA bekerja di lapisan luar kulit untuk mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati, sedangkan retinol bekerja di lapisan kulit bagian dalam.

AHA, BHA dan retinol bekerja di area yang berbeda sehingga bisa digunakan bersamaan. Kita juga tak perlu menggunakan retinol setiap malam, tapi bisa mencoba dua sampai tiga kali seminggu.

Sebenarnya boleh saja menggunakan di siang atau pagi hari asalkan setelah menggunakannya di lapisi dengan sunscreen.

4. Selain bermanfaat, ternyata juga ada efek sampingnya 

4 Fakta tentang Retinol, Produk Skincare yang Bikin Awet Muda

(foto: pinterest)

Selain manfaat yang disebutkan di atas, retinol memiliki efek berbeda bagi tiap pemakainya.

Efek samping diantaranya adalah iritasi, mengelupas, dan kemerahan sehingga saat menggunakannya gabungkan dengan produk-produk dengan antioksidan seperti vitamin C dan E.

Hindari sinar matahari saat sedang menggunakan krim ini, khususnya pada pukul 10 pagi – 2 siang.

Retinol sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil karena akan berisiko mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan serta menimbulkan kelainan pada tulang belakang serta wajah bayi yang dilahirkan.

Fakta-fakta di atas memberikan sedikit pandangan terkait retinol dan penggunaanya. Kalau kamu sudah sering menggunakannya atau belum?

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.