lifestyle

10 Tips Self Healing, Agar Hati Lebih Tenang

Penulis:   | 

6. Biarkan masa lalu berlalu

10 Tips Self Healing, Agar Hati Lebih Tenang

(foto: pixabay)

Setiap manusia memiliki masa lalu masing-masing. Tidak menutup kemungkinan bahwa masa lalu terlihat gelap dan memalukan.

Bagaimanapun, bisakah kita mengubah yang sudah terjadi? Jawabannya adalah tidak. Tapi kita bisa menyesuaikan respons terhadap masa lalu. Akan lebih baik untuk mengizinkannya untuk berlalu.

Baca juga: Begini Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

7. Usahakan untuk bergerak aktif

10 Tips Self Healing, Agar Hati Lebih Tenang

(foto: pixabay)

Self healing memang menyangkut ketenangan batin, tapi bukan berarti aktivitas fisik tidak diperlukan. Ketika sedang cemas, gelisah, dan banyak pikiran, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak.

Tubuh juga perlu olahraga dan mendapat sinar matahari. Dengan olahraga ringan, setidaknya kita lebih rileks dan tidak overthinking.

8. Self talk dengan nada yang positif

talk dengan nada yang positif

(foto: pixabay)

Apakah kamu sering berbicara sendiri dengan dirimu sendiri? Berbicara sendiri (self talk) di sini adalah sesuatu yang normal dan ternyata memberi manfaat. Disadari atau tidak, sebenarnya kit sudah sering melakukan self talk setiap hari.

Tentunya tidak dengan suara yang keras sebagaimana kalau berbicara dengan orang lain. Self talk yang positif bisa menjadi cara ampuh agar bisa lebih percaya diri dan mengelola emosi negatif yang muncul.

9. Salurkan emosi agar tidak jadi beban

Salurkan emosi agar tidak jadi beban

(foto: pixabay)

Emosi manusia ada banyak sekali, dan semuanya perlu disalurkan. Kadang memang ada beberapa keadaan ketika kita berusaha menahan atau menyimpan sesuatu.

Padahal sebenarnya yang dibutuhkan adalah penyaluran yang tepat. Cara menyalurkan emosi sekaligus self healing termudah adalah menuliskannya dengan tulisan tangan. Di sana bisa bebas menyampaikan apapun tanpa khawatir dihakimi.

10. Batasi akses media sosial

Batasi akses media sosial

(foto: pixabay)

Ada banyak hal yang bisa membuat mental lelah, mulai dari kesibukan, musibah, atau tekanan sosial yang diperparah dengan media sosial.

Akan semakin tidak nyaman ketika kondisi diri sedang tidak baik, tapi melihat kehidupan orang yang terlihat sempurna.

Meskipun kenyataan sebenarnya tidak sesempurna di media sosial. Ketika memang media sosial dan segala hiruk pikuk informasi justru membuat semakin lelah, sebaiknya istirahat dulu.

Self healing bisa dilakukan tanpa harus menunggu terjadi masalah besar. Kamu bisa lakukan apa saja yang membuatmu lebih tenang.

Halaman :

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.