lifestyle

Begini Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

Penulis:   | 

Belakangan ini, perkembangan teknologi digital membuat segala hal semakin mudah. Interaksi dunia maya tidak lagi hanya sebatas bertukar pesan dengan teman. Kini, kamu bahkan bisa melakukan transaksi jual beli secara daring.

Salah satu produk yang cukup sering diperdagangkan secara daring adalah kosmetik. Harga yang ditawarkan pun relatif murah dibandingkan dengan harga produk di gerai-gerai konvensional.

Sayangnya, harga yang cenderung di bawah pasaran normal itu terkadang membuat pembeli bertanya-tanya mengenai keaslian produk.

Nomor registrasi BPOM merupakan salah satu alat yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa keaslian sebuah produk. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu.

Baca juga: Apa Itu Ghosting dalam Hubungan, dan Cara Menyikapinya

Memeriksa nomor registrasi produk di situs resmi BPOM

Begini Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

(foto: bukalapak)

Produk yang telah lolos uji coba dan mendapatkan izin edar tentu akan terdaftar di situs resmi Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia atau BPOM RI.

Memeriksa nomor registrasi produk di situs resmi BPOM penting karena biasanya sangat sulit menemukan perbedaan antara produk yang asli dengan yang palsu.

Produk tiruan seringkali gagal dikenali karena bentuk, tekstur, dan kemasan yang sangat mirip dengan produk buatan produsen aslinya.

Bahkan produk abal-abal tersebut juga mencantumkan nomor registrasi BPOM rekaan untuk mengecoh konsumen. Tentunya, nomor registrasi BPOM ini tidak akan kamu temukan di situs resmi milik BPOM sendiri.

Temukan info tanggal pembuatan produk, nama, merek, dan variasi kemasan 

Begini Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

(foto: beritasatu)

Cara mengecek BPOM kosmetik, kamu harus berkunjung ke situs resmi BPOM cekbpom.pom.go.id. Pada halaman awal situs BPOM yang resmi, kamu akan langsung disambut dengan kolom pencarian produk yang terbagi ke dalam 8 kategori pencarian.

Kamu bisa melakukan pencarian berdasarkan nomor registrasi produk, nama produk, merk produk, jumlah & kemasan produk, bentuk sediaan (misal: padat, cair, atau gel), komposisi produk, nama pendaftar, bahkan hingga berdasarkan NPWP pendaftar.

Pada kolom kata kunci, kamu bisa mengetikkan kata apa pun yang berhubungan dengan kategori pencarian.

Tentu kalau kategori yang kamu pilih berdasarkan nomor registrasi produk, kamu harus mengetikkan sederet nomor yang tertera pada kemasan kosmetik milikmu.

Informasi yang bisa kamu dapatkan lewat pencarian berdasarkan kategori nomor registrasi produk tersebut berupa tanggal pembuatan produk, merek produk, nama produk, variasi kemasan produk, serta nama pendaftar atau nama perusahaan produsen yang disertai dengan alamat lengkapnya.

Halaman: 1 2

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.