teknologi

11 Situs Download Game PC Legal dan Aman, Ada yang Gratis

Penulis:   | 

Download Game PCBagi para pecinta game, bermain game adalah solusi terbaik untuk mengobati rasa jenuh atau lelah setelah beraktivitas seharian. Meskipun pada dasarnya ketika bermain game memerlukan otak untuk berpikir, tetapi game menjadi alternatif ampuh untuk istirahat sejenak dari kepadatan.

Meski saat ini game-game mobile telah hadir dan populer, namun game-game mobile tersebut nyatanya belum mampu mengalahkan game PC, terutama dalam hal grafis atau pun tampilan.

Umumnya, game PC memiliki grafis yang lebih tinggi, karena harus dimainkan pada monitor PC atau pun Laptop. Grafis yang tinggi membuat game terasa realistis dan menawan alias sedap dipandang dan lebih seru ketika dimainkan.

Selain itu, game-game PC memiliki alur cerita, gameplay yang lebih kompleks. Sehingga player akan diajak masuk ke dunia game tersebut dan merasakan sensasi seru dan menegangkan.

Game-game PC memang memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang game mobile. Oleh sebab itu, untuk mengunduh game PC hanya dapat dilakukan melalui beberapa situs saja.

Dan berikut ini, kami telah berhasil merangkum 11 situs download game PC yang legal dan aman. Apa saja situsnya? Berikut informasinya.

Baca juga: 15 Situs dan Aplikasi Download Lagu, Bisa Dengar Musik Offline

Situs Download Game PC Legal dan Aman

1.  Steam

10 Situs Download Game PC Legal dan Aman, Ada yang Gratis

(foto: steam)

Steam ada di urutan pertama sebagai penyedia game PC legal. Nama Steam naik daun setelah menyediakan beberapa game freeplay atau game gratis yang bebas untuk dimainkan.

Dua game gratis andalan yang mereka sediakan adalah DOTA 2 dan Counter Strike Global Offensive (CSGO).

Untuk dapat mengunduh game pada Steam, kamu perlu menginstal program Steam pada direktori sistem operasi komputer milikmu.

Tenang, Steam adalah situs download game yang legal, sehingga aman untuk laptopmu. Akan tetapi, jika memang Kamu merasa kurang yakin, Kamu dapat mengamankan data-data penting yang terdapat dalam PC mu terlebih dahulu.

Saat ini, Steam tersedia untuk semua sistem operasi baik Windows, Linux atau pun MacOS.

Download Steam

2. EPIC Games Store

10 Situs Download Game PC Legal dan Aman, Ada yang Gratis

(foto: epic games)

Sebagai gamers sejati, tentu kamu tak asing dengan judul game populer seperti Fornite atau pun Monster Hunter.

Epic Games adalah pencipta dua game kece tersebut. Tak hanya menjadi produsen game berkualitas tinggi, EPIC Games juga menyediakan store khusus untuk membeli game-game resmi besutan mereka atau game-game dari brand pihak ketiga.

Kabar baiknya, EPIC Games Store kerap memberikan diskon untuk beberapa game yang sedang trending. Tak main-main, diskon yang diberikan hingga 40% loh.

Jadi, jika Kamu merasa harga yang ditawarkan terlalu tinggi, sering-sering pantau Epic Games Store agar Kamu mendapat harta karun berupa diskon yang tak terduga!

Download Epic Games Store

3. Itch.io

Itch.io

(foto: itch.io)

Berbeda dengan dua penyedia game sebelumnya, Itch.io fokus untuk menjadi wadah bagi game indie menemukan para player-nya.

Game indie adalah game yang diproduksi dengan budget seadanya, tak terikat dengan perusahaan besar dan tidak melewati proses promosi yang besar-besaran. Beberapa game juga bersifat open source alias dapat dikustomisasi.

Pada situs ini, kamu akan menemukan game dengan harga yang murah, bahkan ada beberapa game yang diskon besar-besaran. Selain itu, ada pula game yang gratis untuk di download.

Wah, yang gratis-gratis ini sangat cocok untuk Kamu yang selalu menerapkan mode hemat untuk bersenang-senang!

Buat kamu yang tak terlalu suka memainkan game yang itu-itu aja, bisa mencoba situs yang satu ini untuk menemukan game indie yang unik dan berbeda.

Kunjungi Situs Itch.io

4. Origin

Origin

(foto: origin)

Origin bisa jadi alternatif terbaik untuk mengunduh game-game PC secara legal. Jika kamu menyukai game besutan FIFA atau pun Battlefield, Origin adalah situs yang tepat.

Ya! Kamu akan menemukan dua game besar tersebut, lengkap dari semua versi. Selain itu, kamu juga akan menemukan game ternama seperti The Sims atau game FPS yang tengah populer yakni Apex Legends.

Tentu saja, game-game tersebut dijual dan tidak dapat dimainkan secara gratis. Seolah tak mau dibilang pelit, Origin juga sering memberikan diskon di momen-momen tertentu.

Jadi, buat Kamu yang menginginkan game popular dan terbaru, jangan ragu-ragu untuk merogoh kantongmu. Jika memang sedang mode hemat, pantau terus di momen-momen tertentu agar mendapat diskon yang tak terkira!

Kunjungi Situs Origin

5. Ubisoft

Ubisoft

(foto: ubisoft)

Kalau kamu adalah player game Assasin Creed, tentu sudah pernah mendengar nama developer game yang satu ini kan.

Tak mau kalah dengan game store lainnya, Ubisoft merilis beberapa game keren yang mereka jual seperti Watch Dogs, Ghost Recon Wildlands, Far Cry 5 dan masih banyak lainnya.

Ubisoft memang tidak memiliki pustaka game yang banyak dan beragam, namun judul-judul game yang mereka hadirkan bisa jadi referensi game untuk kamu mainkan.

Ubisoft seringkali memberikan harga diskon untuk beberapa game, dan hal ini membuat harga game menjadi terjangkau.

Kunjungi Situs Ubisoft

Baca juga: 10 Cara Mudah Hapus Background Foto atau Gambar, Praktis

6. Rockstar Games Launcher

10 Situs Download Game PC Legal dan Aman, Ada yang Gratis

(foto: rockstar games launcher)

Meski hanya menyediakan game-game produksi dapur sendiri, Rockstar Games Launcher bisa jadi pilihan terbaik untuk menemukan game-game petualangan aksi.

Judul game yang berhasil mereka rilis adalah Red Dead Online, Red Dead Redemption, GTA, LA hingga Bully.

Sederet game yang cukup terkenal karena mampu menyajikan pengalaman bermain game yang sangat berkesan. Tentunya game-game tersebut dapat dimiliki setelah melakukan pembayaran pada situs resmi Rockstar Games Launcer.

Kunjungi Situs

7. Microsoft Store

Microsoft Store

(foto: microsoft store)

Di Indonesia, pengguna Windows lebih banyak dibanding pengguna sistem operasi lainnya seperti Linux atau pun MacOS. Apakah kamu juga termasuk pengguna setia Windows sampai saat ini?

Ternyata, terdapat keuntungan bagi Kamu pengguna windows. Yup, terdapat Microsoft Store yang menyediakan penjualan banyak hal. Pada sistem operasi bawaan Windows, kita telah dibekali Microsoft Store yang juga menawarkan banyak game keren seperti Asphalt 9, Gear of War, Minecraft dan banyak pilihan game lainnya.

Microsoft Store juga menawarkan banyak game gratis yang dapat kamu mainkan loh.

Game yang disediakan Microsoft Store juga dapat dimainkan melalui konsol Xbox yang secara realtime terintegrasi dengan akun Microsoft milikmu.

Jadi, tidak perlu membeli atau mengunduh dari situs-situs lain. Manfaatkan Microsoft Store dan nikmati game-game yang tersedia sebagai bentuk pengguna Microsoft setiaaa.

Kunjungi Microsoft Store

8. GOG Galaxy

10 Situs Download Game PC Legal dan Aman, Ada yang Gratis

(foto: gog)

Mungkin nama situs penyedia game yang satu ini tak begitu terkenal dan asing di telinga kita, akan tetapi GOG Galaxy  telah menyediakan banyak sekali pilihan game PC yang tak kalah menarik.

Sebagai penyedia game legal, tentunya setiap game pada situs ini di jual dengan harga yang telah ditentukan.

Namun jangan khawatir, banyak sekali game yang didiskon sehingga harganya lebih ramah di kantong.

Selain itu, bagi Kamu yang merindukan game-game masa kecil, tenang saja. GOG Galaxy menyediakan game-game jadul yang dapat dimainkan tanpa koneksi internet. Bagaimana, tertarik untuk kembali memainkan game masa kecilmu?

Kunjungi GOG Galaxy

9. Humble Bundle

10 Situs Download Game PC Legal dan Aman, Ada yang Gratis

(foto: humble bundle store)

Humble Store memiliki library game yang sangat banyak dan beragam, mulai dari game RPG, Simulation, Strategy, Indie dan lain sebagainya.

Mayoritas game-game yang tersedia di Humble Bundle membuat penggunanya harus merogoh kantong terlebih dahulu karena didominasi oleh game-game yang berbayar. Akan tetapi, tenang saja, terdapat pula game gratis yang tersedia di Humble Bundle.

Banyaknya game yang berbayar, membuat Humble Bundle harus menyiapkan strategi marketing untuk mempertahankan peminatnya. Maka dari itu, Humble Store akan memberikan diskon untuk game-game tertentu.

Bagi Kamu yang ingin memainkan game-game dahulu kala, Humble juga menyediakan game-game jadul untuk para gamers yang ingin bernostalgia. Judul game jadul seperti Company of Heroes 2, Layers of Fear dapat kamu temukan dan unduh melalui situs ini.

Kunjungi Humble Bundle

10. Acid Play  

10 Situs Download Game PC Legal dan Aman, Ada yang Gratis

(foto: acid play)

Siapa yang tidak mengetahui Super Mario? Petulangan Mario yang identik dengan warna merah tersebut mewarnai masa-masa kecil kita. Yup, berbagai macam game, seperti SuperMario, Street Fighter, Sonic dan sederet game jadul selalu membawa kita ke kenangan masa kecil yang tak bisa terlupakan. Tidak perlu khawatir, Acid Play akan mewujudkan kenangan tersebut kembali menjadi nyata.

Ya! Situs yang berdiri sejak tahun 2002 ini, konsisten dan masih eksis menyediakan pustaka game-game jadul yang diharapkan dapat menjadi pengobat rindu masa kecil. Situs tersebut masih bertahan dengan koleksi game jadulnya di tengah gempuran munculnya game-game edisi terbaru.

Walau yang dihadirkan game-game offline dengan grafis menengah ke bawah, namun game-game tersebut masih seru untuk dimainkan.

Apalagi semua game pada situs ini dapat diunduh secara gratis,  sekitar lebih dari 1000 Game gratis yang dapat kamu unduh di Acid Play.

Kunjungi Acid Play

11. Blizzar Battle.net.

Wah, ternyata masih ada nomor 11, ya! Nih, kami berikan rekomendasi buat Kamu yang ingin mendownload game PC. Alternatif selanjutnya adalah Blizzar Battle.net. Situs ini menyediakan berbagai macam game yang dapat Kamu unduh dengan mudah. Game yang disediakan pun bermacam-macam dari game lawas hingga game terbaru.

Buat Kamu yang ingin bernostalgia dengan bermain World of Warcraft, Kamu bisa cobain lewat situs ini sambil mengenang masa-masa bermain game di warnet. Blizzar Battle.net menghadirkan game-game yang berasal dari developer Blizzard, mulai dari seri Diablo, Hearthstone, Starcraft, hingga Overwatch.

Untuk masalah fitur, Blizzard Battle.net punya segala keunggulan yang hampir mirip dengan client game lainnya.

Itulah 11 situs download game PC legal yang dapat kamu gunakan untuk mengunduh game-game kesukaanmu.

Sebenarnya, ada banyak situs alternatif yang menyediakan game PC gratis, namun tanpa licensi yang jelas atau buruknya adalah hasil crack.

Tentu, game-game crack adalah ilegal dan berbahaya untuk sistem operasi komputer yang kamu miliki. Umumnya, game yang ilegal telah disusupi kode khusus yang takkan pernah kamu ketahui keberadaanya.

Kode tersebut bisa saja digunakan untuk mengambil data-data penting milikmu, seperti akun email atau yang lebih parahnya lagi adalah akun rekening yang kamu miliki.

Jadi, unduhan game dari 10 situs resmi yang telah kami bagikan. Selain terhindar dari virus, penting rasanya untuk menghargai karya developer game yang sudah susah payah membuatnya.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.