teknologi

10 Game PPSSPP Berukuran Kecil, Main Seru Tanpa Bikin Ponsel Nge-Lag

Penulis:   | 

Game PPSSPP berukuran kecil menjadi opsi yang banyak dicari saat ini. Hal itu lantaran game-game yang ada saat ini kerap dikeluhkan oleh beberapa pengguna ponsel karena ukuran file-nya.

Bahkan tak jarang ukuran file-nya mencapai 10 GB. Berbeda dengan game PPSSPP, pada umumnya game PPSSPP memiliki ukuran kecil sehingga tidak akan membebani memori ponsel.

Dengan pemakaian memori ponsel yang minim maka masalah nge-lag dapat dihindari. Bagaimana tidak, game PPSSPP pada umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari 100 MB. Ini memungkinkan kamu untuk menginstal beberapa game sekaligus.

Selain itu, menginstall game PPSSPP di ponsel juga akan membuat kamu bernostalgia dengan game-game jadul yang masih tetap seru dimainkan. Tak sedikit game PPSSPP berukuran kecil yang bisa kamu pasang di ponselmu.

Berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu coba.

Baca juga: Download VidMate APK, Aplikasi Download Video Berbagai Situs Kaya Fitur

1. Hot Wheels Ultimate Racing (99 MB)

10 Game PPSSPP Berukuran Kecil, Main Seru Tanpa Bikin Ponsel Nge-Lag

(foto: eneba)

Game pertama yang yang bisa kamu coba adalah Hot Wheels Ultimate Racing. Hot Wheels Ultimate Racing ini sangat cocok untuk kamu yang suka game balap-membalap. Ukurannya file-nya juga sangat kecil yakni hanya 99 MB saja.

Di Hot Wheels Ultimate Racing, kamu tak hanya bisa menunjukkan kemampuanmu untuk menjadi juara dengan beradu kecepatan dengan pesaing lainnya namun juga memodifikasi mobil balapmu sesuka hati.

Game yang dikembangkan oleh Raylight Studio ini menawarkan 27 jenis mobil balap yang bisa digunakan. Ada empat game play yang bisa kamu pilih yakni Quick Race, Survival, Time Trial, dan Collector.

Download Hot Wheels Ultimate Racing 

2. Assassin’s Creed – Bloodlines (252 MB)

10 Game PPSSPP Berukuran Kecil, Main Seru Tanpa Bikin Ponsel Nge-Lag

(foto: imdb)

Tak suka game balam-mambalap? Bukan masalah. Masih ada game PPSSPP berukuran kecil lainnya dengan genre lain yang bisa kamu coba. Assassin’s Creed – Bloodlines yang bergenre aksi-petualangan misalnya.

Game besutan Ubisoft ini dirilis pada tahun 2009 dan bertindak sebagai spin-off kedua dari waralaba Assassin’s Creed.

Di game ini, kamu akan bertindak sebagai pemain yang menjelajah kota Limassol dan Kyrenia di Pulau Siprus dan melawan musuh dengan teknik bela diri dengan senjata.

Ukuran file-nya juga tak begitu besar, yakni hanya 252 MB saja.

Download Assassin’s Creed – Bloodlines 

3. Ape Escape Academy (129 MB)

10 Game PPSSPP Berukuran Kecil, Main Seru Tanpa Bikin Ponsel Nge-Lag

(foto: youtube)

Game PPSSPP berukuran kecil selanjutnya ynag bisa kamu coba adalah Ape Escape Academy. Game yang berukuran sekitar 100 MB ini terdiri dari 47 mini games yang tidak akan membuatmu merasa bosan.

Di Game ini, kamu harus memainkan mini game yang ada untuk naik dari tingkat junior menjadi sneior. Ada 9 mini game di setiap kelas untuk diselesaikan. Cara mainnya akan mengingatkanmu pada permainan tic-tac-toe.

Kalau kamu gagal memenuhi kriteria tertentu maka kamu akan mendapat tanda X. Sebaliknya, jika kamu bisa memenuhi kriteria maka akan mendapatkan O. Setiap level memiliki jumlah garis tertentu yang diperlukan untuk melewati kelas.

Download Ape Escape Academy

4. Bomberman – Panic Bomber (26 MB)

10 Game PPSSPP Berukuran Kecil, Main Seru Tanpa Bikin Ponsel Nge-Lag

(foto: nintendo.co.uk)

Game PPSSPP berukuran kecil lainnya di bawah 100 MB adalah Bomberman – Panic Bomber. Bayangkan saja, ukuran file-nya hanya 26 MB!

Boleh dibilang, game ini sangat jadul tapi bagi kamu yang ingin bernostalgia, ini bisa menjadi opti yang tepat. Game puzzle ini dirilis pertama kali pada tahun 1994 yang dikembangkan oleh Hudson Soft.

Di permainan ini, kamu harus membersihkan balok dengan kecocokan tertentu dengan menggunakan bom.

Game PPSSPP berukuran kecil yang satu ini sangat cocok untuk refreshing karena tidak akan membuatmu berpikir sangat keras.

Download Bomberman – Panic Bomber

5. Echochrome (73 MB)

10 Game PPSSPP Berukuran Kecil, Main Seru Tanpa Bikin Ponsel Nge-Lag

(foto: gamespot)

Satu lagi game genre puzzle yang bisa kamu coba, Echochrome. Game PPSSPP berukuran kecil ini tak akan membuat memori ponselmu penuh karena ukurannya tidak sampai 100 MB.

Dikembangkan oleh Japan Studio Sony, ini merupakan generasi awal dari penerusnya, Echochrome II. Permainan ini cukup menantang.

Pemain harus bisa mengontrol karakter yang bergerak yang menyerupai manekin untuk mengunjungi lokasi-lokasi tertentu pada permukaan koleksi dalam bentuk tiga dimensi.

Download Echochrome

Baca juga: GB WhatsApp (WA GB) : Fitur, Kelebihan, dan Cara Download

6. Aliens vs. Predator: Requiem (265 MB)

Aliens vs. Predator: Requiem (265 MB)

(foto: thegamehoard)

Mau yang lebih menantang? Aliens vs. Predator: Requiem bisa kamu coba sebagai salah satu referensi game PPSSPP berukuran kecil. File-nya memiliki ukuran hanya 265 MB.

Dikembangkan oleh Rebellion Develompents, Aliens vs. Predator: Requiem merupakan game petualang aksi yang mengambil sudut pandang orang ketiga.

Di sini, kamu harus bisa menyelesaikan 15 misi dan bisa menggunakan senjata-senjata Predator seperti yang bisa kamu tonton dalam filmnya juga.

Menariknya, karakter yang kamu mainkan bisa melakukan aksi dengan sembunyi-sembunyi berkat kamufalse siluman dan beberapa mode visual yang memungkinkan melihat dalam gelap.

Permainan ini menggunakan sistem yang disebut “poin kehormatan” untuk memberikan kepada pemain jika melakukan tindakan yang dianggap terhormat untuk Predator.

Poin bisa kamu dapat dengan menandai musuh sebelum membunuhnya. Namun, kamu juga bisa kehilangan poin jika membunuh karakter manusia dalam game.

Download Aliens vs. Predator: Requiem

7. Dragon Ball Z – Shin Budokai (187 MB)

Dragon Ball Z - Shin Budokai (187 MB)

(foto: pocketgamer)

Nah, jangan ngaku penggemar Dragon Ball Z kamu belum memainkan permainan yang satu ini. Dragon Ball Z – Shin Budokai adalah salah satu contoh game PPSSPP berukuran kecil dengan genre fighting.

Di sini, karakter yang kamu mainkan akan bertarung melawan musuh satu lawan satu. Tentunya, masing-masing karakter memiliki skill yang berbeda.

Jika kamu kurang percaya diri dengan kemampaun bertarungmu, ada yang namanya Training Mode.

Training Mode memungkinkanmu untuk berlatih dengan melawan karakter CPU. Selain kamu bisa memilih karakter untuk bertarung, kamu juga bisa memilih battlefield, memeriksa Health dan juga Energy yang kamu perlukan.

Ukurannya tak besar, hanya 187 MB saja, kok!

Download Dragon Ball Z – Shin Budokai

8. Dynasty Warriors (109 MB)

Dynasty Warriors (109 MB)

(foto: movgamezone)

Nah, satu lagi yang tak boleh ketinggalan ketika berbicara mengenai game PPSSPP berukuran kecil, Dinasty Warriors. Game ini sangat populer di zamannya.

Hanya berukuran 109 MB, game ini siap membawa kamu ke era kerajaan kuno untuk bertarung melawan musuh.

Kamu tidak akan bertarung dengan tangan kosong karena semua pertempuran di game ini dilakukan dengan senjata.

Kamu harus bisa menangkis serangan musuh dengan mengeksekusi serangan mereka dalam waktu yang tepat.

Kamu tak akan bosan memainkan game ini karena ada stage seperti di dunia nyata yang terdiri dari pagi, siang, dan malam.

Ada 16 karakter dalam game ini, yang mana mereka diambil dari tokoh-tokoh sejarah Kerajaan Tiongkok masa lalu, Namun, ada juga dua karakter khusus yang berasal dari Kerajaan Jepang seperti Nobunaga dan Toukichi.

Download Dynasty Warriors 

9. FIFA Street 2 (208 MB)

FIFA Street 2 (208 MB)

(foto: gamefabrique)

Selain game aksi-petualangan, puzzle, dan balapan, ada juga game PPSSPP berukuran kecil dari genre olahraga, FIFA Street 2. Game yang satu ini telah populer di kalangan penggemar bola.

Di game ini, timmu akan bertanding dengan tim lawan untuk memenangkan kejuaraan dengan mencetak gol sebanyak-banyaknya. Game ini dirilis pada tahun 2006 dengan gambar sampul Christiano Ronaldo.

Download FIFA Street 2

10. Legend of Heroes – A Tear of Vermillion (19 MB)

Legend of Heroes - A Tear of Vermillion (19 MB)

(foto: youtube)

Lebih kecil dari Bomberman, Legend of Heroes – A Tear of Vermillion hanya perlu space memori kurang dari 20 MB. Game PPSSPP ini berukuran sangat kecil.

Legend of Heroes – A Tear of Vermillion adalah game RPG yang mengharuskanmu untuk melawan musuh agar bisa mendapatkan EXP untuk menaikkan level karakter yang kamu mainkan.

Kamu bisa mengumpulkan harta, senjata, dan berbicara dengan NPC untuk menjalankan misimu.

Download Legend of Heroes – A Tear of Vermillion

Nah, itu tadi sederet game PPSSPP berukuran kecil yang bisa kamu coba tanpa membebani memori ponsel. Ada banyak pilihan game dari berbagai genre sehingga tak akan membuatmu merasa bosan.

Selain itu, jika dibandingkan dengan game-game yang ada saat ini, tentu ukuran file-nya jauh berbeda. Bagi generasi kelahiran 90, game-game di atas sangat cocok untuk bernostalgia ke masa kecil, bukan?

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.