film

Sinopsis Nail Bomber: Manhunt, Tragedi Serangkaian Ledakan Bom Paku di London

Penulis:   | 

Nail Bomber: Manhunt adalah film dokumenter tentang David Copeland yang meledakkan tiga bom paku rakitan pada 1999, menewaskan tiga orang dan melukai 140 lainnya.

Film dokumenter ini membahas pemboman London 1999 yang menargetkan komunitas kulit hitam, Bangladesh dan gay, dan perburuan pelaku sayap kanan.

Bom paku London 1999 adalah serangkaian ledakan bom di London, Inggris yang terjadi selama tiga akhir pekan berturut-turut antara 17 dan 30 April 1999.

Bom paku rakitan masing-masing diledakkan di Brixton di London Selatan, di Brick Lane, Spitalfields, di East End, dan di pub The Admiral Duncan di Soho di West End.

Baca juga: Sinopsis Cruella, Perjalanan Emma Stone Jadi Villain Terkenal 101 Dalmatians

Setiap bom yang diledakkan berisi hingga 1.500 paku berukuran 4 inci (100 mm), di koper yang ditinggalkan pelaku di ruang publik.

Bom tersebut menewaskan tiga orang, termasuk seorang wanita hamil, dan melukai 140 orang, empat di antaranya kehilangan anggota tubuh.

Pada tanggal 2 Mei 1999, Cabang Anti-Teroris Kepolisian Metropolitan mendakwa David Copeland yang berusia 22 tahun dengan tuduhan pembunuhan.

Sinopsis Nail Bomber: Manhunt, Tragedi Serangkaian Ledakan Bom Paku di London

(foto: imdb)

Copeland, yang kemudian dikenal sebagai pelaku serangkaian bom paku London, adalah seorang militan partai Neo-Nazi dan mantan anggota dua kelompok politik.

Pengeboman itu ditujukan pada komunitas kulit hitam, bengali, dan LGBT di London. Copeland akhirnya dijatuhi enam hukuman seumur hidup pada 2000.

Melalui Nail Bomber: Manhunt, Netflix siap menceritakan kisah nyata dari serangan pertama yang dilakukan Copeland hingga persidangannya.

Meskipun menyakitkan dan sangat sulit untuk ditonton, film dokumenter ini menawarkan kepada kita harapan setelah masa kesedihan dan ketakutan yang luar biasa.

Baca juga: Sinopsis A Quiet Place Part II, Keluarga Abbot Temukan Cara Lawan Monster

Film menunjukkan bagaimana berbagai kelompok, dari penulis, hingga korban, dan seorang informan yang menyamar bekerja keras untuk melacak Copeland.

Alih-alih sebuah seri, Nail Bomber: Manhunt akhirnya diproduksi satu kali dengan mengemas momen penting dalam sejarah menjadi satu film yang kuat.

Lewat film ini, kamu bisa merasakan sakitnya saat para korban mengingat momen mengerikan saat bom meledak dan melukai orang yang mereka cintai.

Berdurasi 72 menit, film dokumenter Nail Bomber: Manhunt bisa kamu saksikan pada 26 Mei 2021 hanya di Netflix.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.