. Sinopsis Murder to Mercy: The Cyntoia Brown Story, Keadilan Bagi Pembunuh Predator Seksual

film

Sinopsis Murder to Mercy: The Cyntoia Brown Story, Keadilan Bagi Pembunuh Predator Seksual

By  | 

Film dokumenter memang selalu punya penggemar tersendiri. Menontonnya seakan pemirsa diajak menyaksikan kejadian itu sendiri, yang tak berjarak dengan kenyataan.

Nah kali ini Netflix akan menayangkan dokumenter terbaru Murder to Mercy: The Cyntoia Brown Story, mengenai seorang perempuan yang diputuskan bersalah di atas hukum.

Film dari Amerika Serikat ini disutradarai oleh Daniel H Birman, yang juga melibatkan sinematografer Joel Winter. Dalam dokumenter ini, Birman mengurai kejadian dengan penggalian kejahatan serta bagaimana aparatur peradilan bertugas untuk mencari jalan keadilan.

Baca juga: Sinopsis All Day and a Night, Drama Pembunuhan Karya Sutradara Black Panther

Birman, sang pengarah, bersama film ini seakan menyorot kompleksitas manusia di dalam ruang sidang yang dingin, dimana kesalahan dan hukuman digugat untuk memperoleh rasa keadilan.

Kisah dalam dokumenter ini adalah seorang perempuan muda berumur 16 tahun bernama Cyntoia Brown yang harus menjalani peradilan, di mana ia dituduh bersalah.

Sinopsis Murder to Mercy: The Cyntoia Brown Story, Keadilan Bagi Pembunuh Predator Seksual

(foto: Netflix)

Usianya yang masih di bawah umur membuatnya dipertimbangkan dengan kasusnya yang juga problematis. Cyntoia harus menjalani hukuman penjara setelah melakukan pembunuhan terhadap predator seksual, di mana Cyntoia adalah pekerja seks itu sendiri.

Dari kasusnya pula jaksa mempertanyakan kesalahan dan konsep keadilan yang dilimpahkan hanya melihat kejadian itu sendiri, kaku dan prosedural. Dari kasus Cyntoia ini diupayakan bahwa keadilan dapat berubah sebagaimana manusia yang dinamis.

Baca juga: Sinopsis Dangerous Lies, Harta Warisan dan Kisah Thriller Dibaliknya

Cyntoia harus menjalani hukuman seumur hidup dimana kesalahannyapun dipertanyakan. Film ini sendiri seakan menjadi dokumentasi, menyodorkan bukti bahwa Cyntoia adalah salah satu korban dari generasi yang rusak akibat kejahatan seksual orang dewasa.

Dokumenter Murder to Mercy: The Cyntoia Brown Story berdurasi 96 menit dan dijadwalkan akan tayang di Netflix pada 29 April 2020. Nah, bagaimana ya gambaran lengkapnya? Jangan sampai melewatkannya!