inspirasi

Sejarah Matryoshka, Boneka Kayu dari Rusia dengan Filosofi Mendalam

By  | 

Boneka kayu Matryoshka adalah salah satu benda yang ikonik dari Rusia. Mungkin kamu sudah familiar dengan bentuknya, tetapi apakah selama ini sudah tahu namanya?

Matryoshka dikenal unik karena dibuat berlapis-lapis, seolah ada boneka di dalam boneka. Warnanya juga beragam, sehingga banyak pilihan saat akan membelinya.

Karena sudah menjadi ciri khas Rusia, para turis yang sedang berkunjung biasanya tak lupa untuk menjadikannya buah tangan.

Baca juga: Kaisar Qin Shi Huang, Sosok Bertangan Besi di Balik Pembangunan Tembok Besar China

Terinspirasi dari boneka kayu Jepang dan China yang membawa keberuntungan

Sejarah Matryoshka, Boneka Kayu dari Rusia dengan Filosofi Mendalam

(foto: pixabay)

Menurut historyofdolls, boneka ini diciptakan pertama kali pada abad ke-19 atau lebih tepatnya tahun 1890. Sosok kreatif yang ada di baliknya adalah pelukis Sergey Malyutin dan juga pengrajin Vasily Zvyozdochkin.

Boneka kayu dibuat untuk alat bantu mengajar anak-anak dan dibuat dengan inspirasi boneka kayu dari Jepang seperti Kokeshi dan Honshu.

Selain Jepang, boneka kayu ini juga ada pengaruh dari China. Dalam sebuah buku cerita anak-anak di Rusia, The Little Matryoshka, diceritakan kalau boneka kayu juga sudah pernah ada di China sekitar tahun 1700-an.

Jika boneka kayu di Jepang terkenal karena membawa keberuntungan, Matryoshka pun memiliki filosofi yang mendalam. Bentuknya yang lonjong seperti telur dianggap melambangkan kesuburan.

Ukuran bonekanya bervariasi dan semakin terkenal setelah mengikuti pameran

Sejarah Matryoshka, Boneka Kayu dari Rusia dengan Filosofi Mendalam

(foto: pixabay)

Boneka kayu Matryoshka juga disebut Babushka, atau Russian dolls. Nama Matryoshka asalnya dari bahasa Latin mater yang artinya ibu.

Karena itu, tampilan bonekanya sering ditampilkan sebagai figur yang melindungi keluarga yang ada di dalamnya. Keluarga yang dimaksud dalam boneka kayu ini adalah lapisan boneka yang lebih kecil.

Ukuran bonekanya bervariasi, mulai dari yang kecil seukuran jari sampai yang sangat besar. Sejauh ini, rekor terbesar pada boneka kayu ini adalah 80 lapisan.

Awalnya, boneka kayu ini terinspirasi dari cerita rakyat yang bercampur dengan seni dan tradisi hanya dikenal secara terbatas. Kemudian semakin terkenal setelah mengikuti pameran di Kota Paris pada tahun 1990.

Karena mulai diminati banyak negara lain, boneka kayu ini diproduksi lebih banyak di Rusia khususnya di kota Sergiyev Posad.

Baca juga: Menengok Desa Manyate Ethiopia, Tempat Ditemukannya Kopi Pertama Kali

Dibuat dengan kayu yang benar-benar kering dan motifnya terinspirasi oleh alam

Sejarah Matryoshka, Boneka Kayu dari Rusia dengan Filosofi Mendalam

(foto: pixabay)

Matryoshka diciptakan sedemikian rupa dengan kreasi yang sangat indah dan unik. Misalnya sosok perempuan dengan pakaian tradisional, anak kecil, atau wajah-wajah politisi.

Salah satu yang paling populer adalah motif bunga dan unsur alam lainnya. Tema perayaan seperti Natal dan Paskah juga biasa digunakan saat momennya tepat.

Satu hal yang perlu diperhatikan seorang pengrajin boneka kayu ini adalah bahwa pengerjaannya dimulai dari sebelah kanan. Pohon yang paling cocok untuk membuat boneka adalah pohon linden yang tumbuh di Rusia.

Pohonnya harus ditebang di awal musim semi atau musim dingin, ketika getahnya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Bagian bawah boneka terbuat dari kayu yang benar-benar kering.

Bagian atasnya terbuat dari kayu segar, yang nantinya akan mengering. Itulah mengapa boneka bisa tertutup dengan rapat setelah jadi.

Ada juga boneka yang desainnya berupa sosok pemimpin negara

Sejarah Matryoshka, Boneka Kayu dari Rusia dengan Filosofi Mendalam

(foto: pixabay)

Pada awalnya, boneka kayu ini hanya dibuat dengan bentuk sosok perempuan, khususnya ibu yang melindungi keluarganya. Tapi sekarang, seiring berkembangnya kreativitas dan tren, desainnya juga makin beragam.

Ada yang tetap mempertahankan bentuk klasik, ada yang menambah variasi warna, ada yang membuat model baru.

Kreasinya yang menarik dan banyak dilirik adalah sosok-sosok penting yang pernah jadi pemimpin Rusia seperti Mikhail Gorbachev, Nikita Khrushchev, Vladimir Lenin dan Vladimir Putin.

Tidak hanya menampilkan orang penting dari Rusia, tapi juga ada orang-orang berpengaruh dari berbagai negara seperti Osama bin Laden, Barrack Obama, bahkan JK Rowling, dan Harry Potter.

Wisatawan asing yang sedang berkunjung ke Rusia sering membelinya sebagai buah tangan yang menarik.