selebriti

Profil dan Perjalanan Karir Ole Gunnar Solskjaer Hingga Melatih Manchester United

Penulis:   | 

Manchester United telah mendapatkan pelatih baru setelah pemecatan Jose Mourinho pada tanggal 12 Desember 2018.

Bagi The united, Mancs, The red Army dan United Indonesia tentu tidak asing dengan nama pelatih baru klub sepakbola andalan mereka ini yaitu Ole Gunnar Solskjaer.

Profil & Biodata

Profil dan Perjalanan Karir Ole Gunnar Solskjaer Hingga Melatih Manchester United

(foto: expressandtar)

Solskjaer yang memiliki nama lengkap Ole Gunnar Solskjaer ini lahir di Kristiansund, Norwegia pada tanggal 26 Februari 1973.  Memiliki Istrinya bernama Silje dan telah memiliki tiga anak, Nuh, Karna, dan Elia.

Pada tahun 2008, Pria kebangsaan Norwegia ini dianugerahi the First Class Knighthood of the Royal Norwegian Order of St. Olav oleh King Harald V dari Norwegia.

Ia dihadiahi penghargaan dalam sebuah upacara pada tanggal 25 Oktober 2008 di kota asalnya, Kristiansund. Solskjaer adalah penerima ksatria termuda yang pernah ada, biasanya diberikan kepada anggota masyarakat terkemuka.

Pada tahun 2009, parlemen Norwegia menganugerahkan Solskjaer penghargaan Peer Gynt karena pekerjaannya sebagai duta besar olahraga.

Baca: Sisi Lain & Fakta Menarik Jennie Blackpink, Ingin Jadi Ballerina Hingga Takut Serangga

Karir sepakbola

Profil dan Perjalanan Karir Ole Gunnar Solskjaer Hingga Melatih Manchester United

(foto: cnn)

Ole Gunnar Solskjaer adalah mantan pemain The Red Devils (sebutan Manchester United) dari tahun 1996-2007.

Dia bermain pada posisi striker dan memiliki julukan super sub dan baby face assasin karena dia seringkali menjadi pemain pengganti dan berhasil menciptakan gol.

Selama 11 tahun bersama Manchester United, dia dan timnya merasakan masa-masa kejayaan di bawah pelatih legendaris Sir Alex Ferguson. Dia juga sempat bermain bersama Wayne Rooney dan Christiano Ronaldo loh.

Dia masuk ke akademi sepakbola Clausenengen FK pada umur 16 tahun dan kemudian dia berhasil masuk dalam tim utamanya.

Pada tahun 1995/1996, pria yang pernah mengikuti wajib militer ini, pindah ke klub sepakbola Molde FK dan berhasil membawa klubnya menjadi runner-up liga Norwegia saat itu.

Tampil cemerlang bersama Molde FK membuat tim-tim besar Eropa tertarik untuk merekrutnya. Namun, pada akhirnya Manchester United lah yang berhasil memboyong Solskjaer ke Old Trafford dengan harga 1,5 juta euro.

Karirnya berkembang pesat di Liga Inggris, bersama The Red Devils dia berhasil mengangkat berbagai tropi kejuaraan seperti trofi Premier League (6 kali), FA Cup (2 kali), Liga Champions (1 kali), dan Intercontinental Cup (1 kali).

Selain menjadi pemain di Manchester United, Solskjaer juga masuk dalam pemain sepakbola tim nasional Norwegia. Bersama timnasnya dia menjalani 67 pertandingan dengan 23 gol.

Momen bersejarah yang berhasil diciptakan oleh pemain ini adalah ketika dia berhasil mencetak 4 gol pada saat MU menang telah 8-1 atas Nottingham Forest di Premiere League musim 1998/1999 padahal hanya bermain selama 12 menit.

Selain itu, dia juga menjadi penentu kemenangan Manchester United ketika mengalahkan Bayern Munich di final Liga Champions pada tahun 1999.

Namun, setelah mengalami cidera yang berkepanjangan akhirnya dia gantung sepatu pada tanggal 27 Agustus 2007.

Baca juga: Fakta Menarik Serial Knock Out Girl Hingga Wajib Kamu Tonton di Rumah

Karir melatih

Profil dan Perjalanan Karir Ole Gunnar Solskjaer Hingga Melatih Manchester United

(foto: thenational)

Dia memulai karir di dunia kepelatihan pada tahun 2008 di akademi Menchester United. Pada Tahun 2010, dia dipercaya untuk melatih mantan klubnya Molde FK (Klub Liga 1 Norwegia) dan berhasil membawa klubnya meraih tropi Norwegia Cup 2 kali selama 3 tahun melatih.

Pada tahun 2014, dia melatih tim sepabola Cardif (Premiere League). Walaupun berhasil mengalahkan Newcastle di liga FA cup, Ole tidak berhasil membawa mereka keluar dari zona degradasi Premiere League dan akhirnya mengundurkan diri pada bulan september tahun itu.

Sempat menangangi U19 Clausenengen FK, Solskjaer kembali menjadi pelatih Molde Fk. Dia hanya mampu membawa Molde FK pada posisi 2 Liga 1 Norwegia tahun 2017 dan 2018. Kemudian, secara mengejutkan kabar dia menjadi pelatih Menchester United pada akhir tahun ini muncul.

Solskjaer sendiri sebenarnya merupakan pelatih sementara bagi Manchester United. Dia dipinjam dari Molde FK setelah adanya persetujuan kompensasi tidak kurang dari 500.000 poundsterling dari MU.

Dia diharapkan kembali pada bulan Mei tahun 2019 ke Molde FK mengingat kontraknya yang baru akan berakhir tahun 2021, tapi tidak menutup kemungkinan jika hasil kerjanya memuaskan akan menjadi pelatih permanen di Manchester United.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.