kuliner

Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kuliner Favorit Khas Jepang

Penulis:   | 

Buat kamu pencinta kuliner, menu teriyaki dan yakiniku tentu sudah tidak asing kedengarannya, bukan?

Kedua makanan ini memang berasal dari negara Jepang. Banyak restoran Jepang di Indonesia yang menyediakan kedua makanan ini.

Jika dibandingkan dengan makanan Jepang lain seperti sushi, yakiniku dan teriyaki tergolong cukup populer dan lebih sesuai dengan selera dan lidah orang Indonesia.

Teriyaki dan yakiniku berasal dari daging sapi atau ayam yang membuat keduanya memiliki tampilan yang terlihat mirip ketika disajikan.

Padahal teriyaki dan yakiniku memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara keduanya.

Baca juga: Perbedaan Mentega, Margarin, dan Butter, Sering Dikira Sama

Yakiniku adalah olahan daging yang dipotong dulu sebelum dipanggang

Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kuliner Favorit Khas Jepang

(foto: selerasa)

Perbedaan yakiniku dan teriyaki yang pertama adalah dari segi nama dan pengolahan. Yakiniku berasal dari dua kata yaitu ‘yaki’ dan ‘niku’.

Yaki berarti panggang dan niku berarti daging. Jadi, yakiniku memiliki arti daging panggang.

Dalam proses pembuatannya, bahan-bahan untuk yakiniku dipotong-potong terlebih dahulu sebelum dipanggang kemudian direndam dalam saus khas Jepang dalam waktu yang cukup lama.

Saat ini, pengolahan yakiniku juga mengalami perkembangan. Tidak hanya diolah dengan cara dibakar saja, tapi pengolahannya dapat dilakukan dengan cara ditumis di wajan atau dimasak di atas plat yang disebut teppanyaki.

Yakiniku lebih beraroma, tapi tampilannya cenderung lebih pucat

Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kuliner Favorit Khas Jepang

(foto: cookandrecipe)

Jenis saus yang digunakan dalam yakiniku dan teriyaki adalah saus khusus khas Jepang yang disebut saus tare. Tapi untuk yakiniku ada tambahan minyak wijen, wijen yang sudah disangrai, dan juga sake yang beralkohol.

Pada beberapa negara, seperti Indonesia racikan saus tare ini mengalami modifikasi dengan bahan-bahan yang halal dan tidak mengandung alkohol, seperti menggunakan perasan jeruk nipis.

Wijen menjadi salah satu faktor pembeda yang membuat saus yakiniku lebih beraroma. Meskipun lebih beraroma, yakiniku terlihat cenderung coklat pucat. Soal rasanya yakiniku memiliki rasa yang dominan manis.

Baca juga: Perbedaan Yoghurt dan Kefir, Nutrisi Penting bagi Tubuh

Proses pengolahan teriyaki dipanggang dulu baru kemudian dipotong-potong

Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kuliner Favorit Khas Jepang

(foto: cdkitch)

Teriyaki berasal dari dua kata yaitu ‘teri’ yang berarti berkilau dan ‘yaki’ yang berarti panggang. Dari namanya bisa diketahui bahwa teriyaki adalah suatu makanan yang dipanggang hingga berkilau.

Yakiniku dan teriyaki berasal dari bahan yang sama yaitu daging sapi atau ayam. Akan tetapi, teriyaki berbeda dalam proses pengolahannya.

Untuk membuat teriyaki bahannya dipanggang terlebih dahulu, baru dipotong-potong sebelum disajikan dan direndam ke dalam saus khas Jepang dalam waktu yang sebentar saja.

Tampilan teriyaki saat disajikan berwarna coklat dan berkilau

Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kuliner Favorit Khas Jepang

(foto: pinterest)

Berdasarkan cara pengolahan dan racikan saus yang berbeda, cita rasa yang dihasilkan dari yakiniku dan teriyaki mempunyai beberapa perbedaan. Sedangkan teriyaki memiliki rasa dominan asin dan manis.

Jenis saus yang digunakan dalam teriyaki adalah saus khusus khas Jepang yang disebut saus tare.

Saus tare ini juga digunakan untuk merendam daging pada olahan yakiniku. Tetapi, ada perbedaan mendasar antara racikan saus yakiniku dan teriyaki.

Pada saus tare untuk teriyaki terdiri dari racikan bawang putih cincang, jahe, shoyu atau kecap asin khas Jepang, mirin, dan gula.

Mirin merupakan cairan beralkohol yang berasal dari beras ketan yang dicampur dengan shocu kemudian difermentasikan selama beberapa waktu.

Dalam penggunannya, saus teriyaki juga dapat dipakai sebagai saus celupan dan olesan ketika membuat daging sate. Perbedaan mendasar lainnya, yaitu ketika disajikan tampilan teriyaki cenderung lebih coklat pekat dan berkilau,

Jadi, kamu lebih tertarik mencoba teriyaki atau yakiniku?

Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku, Kuliner Favorit Khas Jepang

(foto: sliceofki)

Yakiniku diolah dari bahan daging dengan cara dipotong-potong kemudian dipanggang. Rasanya manis dan beraroma, tapi tampilannya agak pucat.

Teriyaki diolah dari bahan daging dengan cara dipanggang lalu dipotong-potong. Rasanya manis dan asin dan tampilannya berkilau, seperti arti namanya.

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa yakiniku dan teriyaki bisa dibuat dari daging sapi atau ayam.

Untuk bumbunya, seperti saus yang digunakan telah mengalami penyesuaian di negara yang penduduknya mayoritas tidak bisa mengonsumsi alkohol.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara yakiniku dan teriyaki. Semoga membantu kamu ketika bingung ingin memilih yang mana. Jadi antara teriyaki dan yakiniku kamu pilih yang mana?

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.