kuliner

7 Menu Lebaran Berbagai Daerah Khas Indonesia, Gurih dan Lezat

Penulis:   | 

Sudahkah kamu mencicipi menu lebaran berbagai daerah di Indonesia ketika Idulfitri tiba?

Lebaran adalah momen suka cita yang biasanya dinanti-nanti di penghujung bulan Ramadan. Di hari tersebut, banyak jajanan dan masakan yang dihidangkan untuk menyambut para tamu yang datang.

Selain jajanan yang menghiasi meja tamu, satu hal lagi yang menjadi hal yang khas ketika hari Lebaran tiba adalah hidangan masakan.

Yang mana, hidangan ini berbeda di tempat satu dengan yang lainnya. Berikut beberapa menu lebaran berbagai daerah di Indonesia yang bisa kamu coba.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Sambut Idul Fitri, Lebaran Makin Ceria

1. Ayam woku (Manado)

7 Menu Lebaran Berbagai Daerah Khas Indonesia, Gurih dan Lezat

(foto: instagram/antonyuse)

Masyarakat di Sulawesi Utara gemar menyantap hidangan terbuat dari ayam yang disebut ayam woku untuk merayakan momen Lebaran.

Nah, kalau kamu suka menu dengan cita rasa pedas dan kuat dengan rempah, ayam woku ini cocok untuk kamu coba masak di rumah.

Bumbunya terdiri dari cabai rawit, lengkuas, jahe, kunyit, kemiri, bawang merah, serai, dan masih banyak lagi. Adanya bumbu-bumbu di atas membuat ayam woku memiliki cita rasa yang unik dan khas yakni pedas, asam, dan sedikit manis.

Kalau kamu tidak suka ayam kamu bisa banget lho mengganti bahan utamanya dengan udang, ikan, atau daging sapi.

2. Semur daging (Jakarta)

semur

(foto: instagram/ummi9509)

Di daerah ibu kota, semur daging menjadi menu andalan ketika Lebaran datang. Kalau kamu suka masakan dengan cita rasa manis, semur daging bisa kamu coba.

Hidangan yang terbuat dari daging sapi pada umumnya disukai oleh siapa pun. Terlebih jika dimasak dengan bumbu dan rempah pilihan, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.

Semur daging ini bisa dinikmati dengan nasi maupun lontong sesuai selera masing-masing. Namun ingat, tantangan ketika memasak daging adalah membuatnya empuk dan memiliki tekstur lembut ketika dimasak.

Oleh sebab itu, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan merebus semua bumbu yang sudah dihaluskan bersama daging dengan api kecil agar daging bisa empuk dan bumbunya meresap.

Adapun bumbu untuk membuat semur daging Jakarta adalah bawang bombai, kecap manis, gula merah, bawang putih, cuka, dan rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan kapulaga.

3. Soto banjar (Banjarmasin)

7 Menu Lebaran Berbagai Daerah Khas Indonesia, Gurih dan Lezat

(foto: instagram/a___dama)

Beralih ke Kalimantan, ada soto banjar yang menjadi salah satu menu lebaran khas daerah Indonesia.

Makanan berkuah yang satu ini memang sangat lezat untuk disantap di pagi hari setelah salat Idulfitri bersama keluarga.

Kuahnya dibuat dengan rempah-rempah pilihan sehingga mampu memberikan aroma yang khas. Biasanya, soto banjar disajikan dengan nasi, telur rebus, dan kerupuk yang menggugah selera.

Selain terbuat dari ayam, soto banjar juga bisa dibuat dari daging sapi maupun campuran keduanya.

Untuk memberikan rasa segar pada hidangan, kamu bisa memberikan perasan jeruk nipis dan daun bawang. Sebagai pelengkap. tambahkan juga mi kuning atau kepala ikan sesuai selera.

4. Opor ayam (Pulau Jawa)

7 Menu Lebaran Berbagai Daerah Khas Indonesia, Gurih dan Lezat

(foto: instagram/resep_ibu_mertua)

Nah, ini adalah salah satu menu Lebaran yang tak kalah dinanti-nanti, opor ayam. Opor ayam sangat enak dinikmati dengan lontong, apalagi ditambah dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Apakah kamu salah satu penggemar masakan ini? Jika iya, maka siapkan makanan ini di malam hari atau sebelum subuh.

Sehingga, ketika selesai salat kamu dan keluarga bisa langsung menyantapnya bersama dengan sanak saudara atau tetangga yang datang berkunjung untuk memohon maaf lahir batin.

Untuk menyempurnakan hidangan ini, kamu bisa menambahkan kerupuk udang sebagai pelengkap dan jangan lupa sambalnya.

Baca juga: 8 Resep Kue Lebaran Tanpa Oven, Lezat dan Mudah Dibuat

5. Ayam gagape (Makassar)

gagape

(foto: instagram/reseplaras)

Menu lebaran berbagai daerah selanjutnya masih berupa hidangan ayam, yakni ayam gagape. Ayam gagape merupakan hidangan khas Makassar yang kerap disajikan saat merayakan Lebaran.

Jika dilihat sekilas, sajian ayam gagape ini mirip dengan opor ayam, bahkan bumbu yang digunakan juga hampir sama.

Namun yang membedakan di sini adalah sajian akhirnya. Biasanya, ayam gagape yang sudah matang akan disajikan dengan parutan kelapa yang disangrai. Selain itu, kuah ayam gagape lebih kental

6. Rendang (Padang)

rendang

(foto: instagram/thepretendblogger)

Berbicara mengenai menu Indonesia untuk Lebaran, tak ketinggalan rendang khas daerah Padang.

Makanan yang sudah mendunia ini memang memiliki rasa yang sangat gurih dengan aroma rempah yang khas.

Oleh sebab itu, tak heran jika rendang Padang seolah menjadi menu wajib yang ada di meja ketika Idulfitri tiba, khususnya bagi orang Sumatera Barat.

Rendang Padang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti cabai merah, bawang merah dan putih, lengkuas, serai, daun jeruk. Tambahan santan kelapa membuat rendang terasa lebih gurih.

7. Lemang (Jambi)

lemang

(foto: instagram/bakul_jv)

Masyarakat Jambi biasa menyajikan lemang untuk merayakan hari-hari spesial, seperti momen pernikahan, syukuran, dan juga saat Iduliftri.

Lemang sendiri adalah makanan tradisional yang bisa ditemukan di Malaysia dan Brunei. Di Jambi, lemang dikenal sebagai ‘lemang jambi’ dengan rasanya yang unik.

Kalau kamu suka melihat serial Upin dan Ipin, sudah tak asing lagi dengan hidangan yang satu ini. Namun bagi kamu yang belum tahu, lemang adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan kelapa.

Ini kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasukkan ke dalam ruas bambu untuk dibakar.

Dari sini kita tahu, masing-masing menu lebaran berbagai daerah memiliki cita rasa yang khas, yang mana hal itu juga tak lepas dari budaya masyarakat lokal.

Dari menu-menu di atas, mana yang menurutmu paling enak?

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.