inspirasi

Mengenal Istilah Thrift, Thrifting, dan Thrift Shop Serta Perbedaannya

Penulis:   | 

Beberapa tahun terakhir, istilah thrift, thrifting, dan thrift shop semakin populer. Hal itu didukung oleh  tren di masyarakat untuk jual beli barang-barang second yang berkualitas.

Berbagai situs belanja online pun memudahkan untuk belanja barang thrift yang masih terlihat seperti baru. Seringkali barang bermerek pun bisa didapat dengan harga lebih murah dengan cara thrifting. 

Seiring waktu, belanja di thrift shop sudah menjadi semacam gaya hidup. Tapi, ternyata masih banyak yang belum mengetahui makna thrift, thrifting, dan thrift shop yang sebenarnya. Daripada penasaran, simak ulasan berikut.

Baca juga: Pepaya California, Buah Asli Indonesia yang Punya Banyak Keunggulan

Thrift merupakan istilah untuk barang bekas import yang punya kualitas bagus

Mengenal Istilah Thrift, Thrifting dan Thrift Shop untuk Belanja Lebih Murah

(foto: harpersbazaar)

Dalam bahasa Indonesia, thrift pada dasarnya berarti penghematan, kemudian dipakai dalam belanja barang bekas yang masih berkualitas. Jika pada umumnya thrift identik dengan barang import bekas, maka hal tersebut kurang tepat.

Thrift merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut sebuah barang bekas yang masih layak pakai dan bisa dijual.

Barang thrift ada banyak macamnya, tapi sejauh ini yang paling terkenal adalah produk fashion.

Keunikan thrift fashion akan memberi kepuasan tersendiri karena model pakaiannya yang tersedia tidak  terlihat pasaran. Apalagi barang-barang ini harganya lebih murah dan masih terlihat baru.

Tampaknya belanja barang thrift bisa menjadi alternatif yang menguntungkan dari segi budget maupun kebutuhan untuk bergaya. Belanja barang-barang bisa dilakukan secara online maupun offline.

Sementara thrifting adalah proses berburu barang-barang bekas 

Mengenal Istilah Thrift, Thrifting dan Thrift Shop untuk Belanja Lebih Murah

(foto: pexels)

Setelah mengetahui tentang thrift, selanjutnya kita juga mengenal tentang thrifting. Thrifting adalah sebuah aktivitas ‘berburu’ berbagai barang thrift yang sedang jadi incaran.

Thrifting secara online bisa dilakukan dengan memperhatikan foto produknya sekaligus bertanya berbagai hal detail pada penjualnya.

Tapi, jika kamu berminat thrifting secara offline di sebuah pasar khusus, kamu bisa merasakan sensasinya saat berbelanja yang kemungkinan ramai dan seperti harus bersaing dengan pembeli lain.

Tidak seperti aktivitas belanja di supermarket, membeli barang secara thrifting harus teliti dalam menentukan pilihan sendiri. Seringkali tidak ada petugas yang melayani pertanyaan pembeli saat thrifting secara offline.

Belanja secara thrifting bisa dibilang akan memberi tantangan tersendiri. Tentang harga yang ditawarkan, biasanya bukan berupa harga pas. Jadi, pembeli juga perlu pintar-pintar menawar.

Baca juga: Mengenal Al Jassasah, Makhluk Misterius Peliharaan Dajjal yang Berbulu Lebat

Klo tempat membeli barang bekas disebut Thrift shop 

Mengenal Istilah Thrift, Thrifting dan Thrift Shop untuk Belanja Lebih Murah

(foto: hoodline)

Istilah berikutnya adalah thrift shop yang merupakan tempat belanja atau pasar yang khusus menjual barang thrift. Bisa dikatakan bahwa thrift shop merupakan sebuah toko untuk penghematan.

Banyak thrift shop menawarkan harga miring untuk sebuah produk branded yang masih sangat bagus. Thrift shop dapat dijumpai secara online maupun offline.

Di banyak kota besar di Indonesia, thrift shop pun bermunculan dengan macam-macam barang yang ditawarkan, mulai dari barang antik, sepatu, tas, dan yang paling banyak adalah pakaian.

Tidak hanya menunjang penampilan, keberadaan thrift shop juga berperan penting dalam mengurangi limbah industri fashion.

Sehabis membeli pakaian di thrift shop, pastikan untuk mencuci terlebih dahulu sebelum dipakai. Bahkan setelah keluar dari thrift shop pun disarankan untuk mencuci tangan agar terjamin kebersihannya.

Kesimpulan: perbedaan istilah thrift, thrifting, dan thrift shop 

Mengenal Istilah Thrift, Thrifting dan Thrift Shop untuk Belanja Lebih Murah

(foto: tnonline)

Antara thrift, thrifting, dan thrift shop memang sering disebut secara bersamaan. Tentunya masing-masing istilah memiliki perbedaan arti.

Jadi, istilah thrift merupakan suatu barang second atau bekas pakai yang umumnya berupa barang impor yang masih bagus kualitasnya. Produknya bisa bermacam-macam, dengan kualitas yang beragam pula.

Kemudian thrifting adalah suatu aktivitas untuk berburu atau belanja barang thrift yang sedang diincar.
Thrifting biasa dilakukan secara online atau secara offline.

Sedangkan yang dimaksud thrift shop adalah tempat belanja yang menyediakan barang thrift. Apakah kamu tertarik mencari barang incaran di thrift shop? Untuk mendapatkan yang terbaik, pastikan untuk memilih dengan teliti.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.