lifestyle

Mengenal Istilah Sun, Moon, dan Rising Sign pada Zodiak Manusia

Penulis:   | 

Dari tahun ke tahun, ramalan zodiak masih banyak diminati anak-anak muda. Meskipun cuma buat seru-seruan kalau kebetulan mendapat ramalan baik.

Memang zodiak sudah dikenal sejak dahulu kala, tapi pemikiran manusia tentang zodiak telah mengalami banyak perkembangan.

Apakah kamu juga percaya ramalan zodiak? Mungkin sesekali percaya, tapi juga sering merasakan kalau penjelasan untuk zodiakmu tidak cocok.

Sudah pernahkah kamu mendengar tentang istilah sun, moon, dan rising sign pada zodiak manusia? Ketiganya mungkin akan membuatmu mengerti beberapa hal baru.

Ingin tahu apa arti dari istilah sun, moon, dan rising sign dan apa perbedaan ketiganya? Temukan jawabannya di sini.

Baca juga: Beda Peeling dan Exfoliating, Perawatan Kulit Agar Wajah Lebih Sehat

Sun sign

Mengenal Istilah Sun, Moon, dan Rising Sign pada Zodiak Manusia

(foto: pixabay)

Sun sign adalah zodiak berdasarkan tanggal kelahiran dan merupakan zodiak paling sering disebut. Misalnya kamu lahir pada tanggal 13 Januari, maka zodiaknya disebut Capricorn.

Sebagaimana matahari (sun) sebagai pusat dari tata surya, maka sun sign juga menunjukkan dirimu sebenarnya.

Selain menjadi pusat identitas, matahari juga menjadi simbol kekuatan hidup, semangat, perasaan, dan kecerdasan seseorang.

Penjelasan zodiak yang berkaitan dengan karakter dan ramalan biasanya didasarkan pada sun sign. Bisa dibilang kalau seluruh ramalan zodiak yang pernah kamu baca berdasarkan sun sign.

Menurut pakar astrologi, zodiak sun sign menunjukkan caramu untuk ekspresikan diri, tentang passion-mu, dan segala keunikan dirimu.

Mon sign

Mengenal Istilah Sun, Moon, dan Rising Sign pada Zodiak Manusia

(foto: pexels)

Jika zodiak sun sign menunjukkan pusat dirimu dan cara mengekpresikan diri pada dunia luar, maka beda lagi dengan moon sign. Moon sign berkaitan dengan emosi tersembunyi di dalam kepribadian atau di balik diri seseorang.

Karakteristiknya mirip bulan yang bersinar di malam hari dan kadang di dalam gelap malam. Bulan diidentikkan dengan emosi, energi keibuan, perasaan, keinginan, perasaan dan juga rahasia yang tidak ditunjukkan ke dunia luar.

Untuk dapat mengetahui zodiak moon sign, kamu perlu data yang lebih lengkap di kalender tahun lahirmu beserta zona waktu lahirmu.

Jika tidak memungkinkan bertanya ke pakar astrologi kamu juga bisa menghitung sendiri dengan moon sign online. Pada umumnya karakteristik moon sign muncul saat sedang stres, atau saat bersama orang terdekat.

Baca juga: Beda Serum, Essence, Ampoule, dan Emulsion saat Pakai Skin Care

Rising sign

Mengenal Istilah Sun, Moon, dan Rising Sign pada Zodiak Manusia

(foto: forbes)

Rising sign juga disebut dengan ascendant sign, dan ini mungkin masih belum banyak dibicarakan. Risign sign melambangkan penampilan, citra, atau persona seseorang.

Seperti kesan pertama (first impression) saat bertemu orang baru, rising sign adalah kesan yang pertama kali ditangkap ketika orang melihat diri kita.

Rising sign akan mempengaruhi cara untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru dan cara tampil di depan orang banyak.

Zodiak rising sign sebenarnya bermakna titik langit yang bertemu bumi atau yang dikenal dengan garis horison di laut tempat terbitnya matahari.

Untuk melihat rising sign, maka harus tahu tentang waktu lahir yang detail seperti jam dan menit, serta tempat kelahiran. Rising sign bisa berubah setiap beberapa jam sekali.

Setiap orang memiliki zodiak sun, moon, dan rising sign sekaligus

Mengenal Istilah pada Zodiak Manusia

(foto: unsplash)

Antara sun, moon, dan rising sign memang berbeda, tapi ketiganya merupakan satu kesatuan. Untuk setiap orang sebenarnya punya zodiak sun, moon, dan rising sign sekaligus.

Tapi kebanyakan hanya mengetahui sun sign saja. Sun sign merupakan zodiak yang ditentukan berdasarkan tanggal dan bulan lahir, dan pada umumnya mempengaruhi identitas atau kepribadian orang secara umum.

Moon sign merupakan zodiak yang dihitung dengan bantuan kalender tahun lahir dan zona waktu lahir. Moon sign terkait dengan emosi yang tersembunyi atau rahasia pribadi yang tidak ditunjukkan keluar.

Sementara itu, rising sign terkait dengan kesan pertama yang dilihat orang lain. Rising sign ditentukan oleh waktu lahir yang detail, mencakup jam dan menit serta tempat lahir.

Misal ada dua orang yang lahir pada tanggal (sun sign) yang sama, belum tentu akan memiliki moon sign dan rising sign yang sama juga.

Meski tentang kebenaran zodiak kembali pada keyakinan masing-masing, semoga penjelasan tentang sun, moon, dan rising sign bisa menambah wawasanmu.