inspirasi

Mengenal Alex Kawilarang, Perintis Kopassus yang Pernah Menemukan Harta Karun Jepang

Penulis:   | 

Alex Kawilarang dikenal sebagai sosok perwira yang jujur dan berani menanggung risiko. Namanya tercatat menjadi anggota Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang kemudian menjadi awal mula TNI.

Alex memang terlahir di keluarga militer juga banyak terlibat dalam berbagai peristiwa bersejarah yang menegaskan dirinya adalah seorang loyalis Republik.

Seperti apa kiprahnya di dunia kemiliteran Indonesia?

Baca juga: Hatshepsut, Firaun Wanita yang Berhasil Memajukan Mesir Kuno

Seorang tentara yang brilian sejak muda

Mengenal Alex Kawilarang, Perintis Kopassus yang Pernah Menemukan Harta Karun Jepang

(foto: historia)

Dimulai tahun 1940, pemuda asal Batavia tersebut sempat mengikuti sekolah militer Koninklijk Militaire Academie (KMA) yang ada di Bandung.

Sekolah KMA Bandung sendiri mengadopsi sistem pendidikan militer elit Belanda yaitu KMA Breda. Bahkan ia menjadi lulusan terbaik dari sekolah militer KMA Bandung.

Pada tahun 1945, ia tercatat menjadi seorang anggota Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tahun 1945. TKR sendiri adalah cikal bakal TNI.

Ia juga sering terlibat di berbagai peristiwa bersejarah yang kemudian menegaskan bahwa dirinya seorang loyalis bagi Republik.

Dinilai berjasa besar dalam perkembangan awal Kopassus

Mengenal Alex Kawilarang, Perintis Kopassus yang Pernah Menemukan Harta Karun Jepang

(foto: historia)

Karier militernya dinilai sangat mentereng. Ia pernah jadi komandan di peristiwa bergejolak di Republik Maluku Selatan (RMS), Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII), dan juga Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI).

Alex Kawilarang yang sempat bekerja sama dengan Ignatius Slamet Rijadi itu juga menginisiasi pembentukan Kesatuan Komando Territorium III Siliwangi bulan April 1951. Kesatuan inilah yang kemudian menjadi Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Meski turut merintis pasukan elite tersebut, namun baru tahun 1999 ia diterima jadi warga kehormatan Kopassus.

Halaman :

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.