lifestyle

13 Manfaat Bawang Merah serta Efek Samping yang Ditimbulkan

Penulis:   | 

Ada banyak jenis bumbu atau rempah yang digunakan ketika memasak makanan, salah satunya adalah bawang merah. Manfaat bawang merah sudah sangat populer sejak dahulu kala, yakni sebagai bumbu untuk menambah cita rasa lezat terhadap setiap masakan.

Bawang merah cukup mudah ditemui, sebab ia dibudidayakan hampir di seluruh dunia, khususnya Indonesia.

Selain sebagai bumbu penyedap masakan, manfaat bawang merah juga sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Tak heran jika banyak orang yang menyukainya.

Bawang merah memiliki ragam kandungan seperti, asam folat, air, energi, serat, gula, karbohidrat, lemak, protein, asam lemak tak jenuh, serta vitamin. Oleh sebab itulah, rempah ini memiliki ragam manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfat bawang merah adalah dapat memelihara kesehatan jantung. Sebab, kandungan nutrisi di dalamnya mampu mencegah penggumpalan darah dan mengurangi kolesterol jahat. Manfaat lain dari bawang merah adalah sebagai berikut.

Baca juga: 10 Manfaat Kacang Hijau, Baik untuk Ibu Hamil

1. Menangkal radikal bebas

9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

(foto: pexels)

Radikal bebas merupakan sel-sel rusak yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker dan  penyakit berbahaya lainnya.

Sel rusak ini mampu masuk ke dalam tubuh jika kita memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karenanya, diperlukan cara untuk menangkalnya agar tidak bisa masuk ke dalam tubuh.

Manfaat bawang merah mampu menangkal radikal bebas. Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan senyawa antioksidan tinggi di dalamnya, sehinggi mampu melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Selain itu, sebuah studi membuktikan bahwa kandungan antioksidan pada bawang merah juga dapat mencegah resiko penyakit alzheimer dan parkison.

2. Melancarkan sistem pencernaan

9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

(foto: pexels)

Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari dan masuk ke dalam tubuh, maka akan melalui proses pencernaan terlbih dahulu atau yang biasa disebut dengan metabolisme.

proses tersebut dilakukan oleh beberapa organ penting seperti mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Tujuannya adalah untuk memilah nutrisi yang terdapat pada makanan dan membuang sis-sisa sampahnya.

Jika makanan yang kita konsumsi tdak mengandung serat, maka sistem pencernaan tidak akan berjalan dengan lancar. Akibatnya, timbul masalah pencernaan seperti sembelit yang akhirnya membuat perut menjadi sakit.

Kandungan serat yang terdapat di dalam bawang merah ternyata dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga, proses buang air besar menjadi lebih teratur dan sistem pencernaan akan menjadi lebih sehat.

3. Menjaga kepadatan tulang

9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

(foto: istockphoto)

Mengonsumsi bawang merah secara rutin dipercaya dapat menjaga kesehatan dan kepadatan tulang sehingga terhindari dari penyakit tulang.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa seseorng yang mengonsumsi bawang merah setiap hari, memiliki resiko patah tulang lebih kecil dibanding yang tidak mengonsumsinya.

Hal tersebut juga berlaku bagi wanita yang mengalami menopause. Mereka memiliki resiko tulang keropos lebih tinggi, sehingga jika mengonsumsi rempah ini makan resiko tersebut akan menurun.

4. Memperbaiki pola tidur

9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

(foto: istockphoto)

Kualitas  tidur seseorang bisa dianggap bagus jika ia bisa tidur cukup selama 6-8 jam setiap hari.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkannya sebab masih banyak yang memiliki kualitas tidur buruk, seperti penderita insomnia dan para pelaku begadang.

Padahal, kualitas tidur yang kurang dapat menimbulkan berbagai penyakit yang justru membahayakan kesehatan tubuh.

Biasanya, sulit tidur diakibatkan oleh beberapa faktor, dalah satunya adalah kondisi pikiran dan hati yang tidak tenang.

Jika kamu termasuk orang dengan pola tidur buruk, maka mulai sekarang perbaiki dengan cara rutin mengonsumsi bawang merah. Sebab, rempah tersebut mengandung senyawa serotonin yang dapat memberikan efek tenang.

Dengan demikian, tubuh akan lebih cepat tertidur jika hati dan pikiran merasa lebih tenang,.

5. Mencegah obesitas

9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

(foto: istockphoto)

Manfaat bawang merah juga bisa mencegah penyakit obesitas. Seperti yang kita tahu bahwa penyakit ini temasuk berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit lainnya.

Obesitas merupakan suatu kondisi dimana berat badan jauh di atas normal, alias berlebih. Akibatnya, bentuk badan menjadi tidak terkontrol sehingga terkadang penderitanya mengalami kesulitan untuk bergerak.

Bawang merah memiliki kandunga etil asetat, dimana zat tersebut berfungsi untuk menekan penumpukan lemak yang menyebabkan penyakit obesitas.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa meningkatkan metabolisme, sehingga proses pencernaan bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: 10 Manfaat Bunga Telang, Baik untuk Saraf, Mata, Aembelit, & Asma

6. Menjaga kesehatan rambut

9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

(foto: adobestock)

Rambut sehat bisa kamu dapatkan dengan cara rutin mengonsumsi bawang merah. Hal ini dikarenakan, kandungan sulfur yang terdapat di dalamnya mampu meningkatkan produksi kolagen.

Perlu diketahui bahwa kolagen memiliki peran penting dalam menjaga ksehatan rambut, yakni memicu pertumbuhan rambut dengan cepat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu hanya perlu mengolah bawang merh menjadi jus. Setalh itu, oleskan ke seluruh akar rambut atau kulit kepala. Tunggu selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Ketika membilas, jangan lupa menggunakan sampo. Sebab, bawang merah memiliki aroma kuat sehingga harus dibilas menggunakan wewangian agar baunya tidak mengganggu.

7. Menjadikan kulit lebih bercahaya

Menjadikan kulit lebih bercahaya

(foto: adobestock)

Kulit wajah sehat dan bercahaya alias glowing, tentu saja menjadi dambaan semua wanita. Pasalnya, jika kulit wajah sehat makan akan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti kusam, timbulnya jerawat dan komedo, dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan bercahaya, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan. Cukup dengan memanfaatkan daun bawang, maka wajah kusam akan pergi jauh.

Hal ini dikarenakan, kandungan berbagam macam vitamin, seperti vitamin A, C, dan E yang terdapat di dalamnya, mampu menjadikan kulit wajah lebih bercahaya.

Sebaiknya, gunakan rempah ini dalam bentuk ekstrak. Tujuannya, agar mudah meresap ke dalam kulit sampai ke akarnya. Dengan demikian, hasil yang didapatkan akan lebih maksimal.

8. Menghilangkan garis halus

Menghilangkan garis halus

(foto: adobestock)

Garis halus pada wajah merupakan salah satu tanda bahwa kamu mengalami penuaan dini. Tentu saja, hal tersebut merupakan mimpi burukm sebab semua wanita pasti menginginkan wajah terlihat awet muda.

Manfaa bawang merah rupanya bisa membntu menghilangkan garis halus pada wajah. Hal ini dikarenakan, remph ini memiliki kemampuan untuk melancarkan peredaran darah sehingga produksi kolagen akan meningkat.

Selain membantu mempercepat pertumbuhan rambut, kolagen juga memiliki manfaat untuk membuat kulit wajah menjadi kencang. Dengan demikian, garis halus tanda penuaan dini akan hilang dengan mudah.

9. Bisa mencegah jerawat

Bisa mencegah jerawat

(foto: adobestock)

Selain wajah bercahaya dan bebas dari garis halus, semua wanita pasti juga menginginkan wajah mulus dan terhindar dari jerawat.

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit wajah yang kerap menghampiri sebagian bedar orang, baik pria maupun wanita.

Masalah ini terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan wajah, seperti malas mencuci muka sebelum tidur. Selain itu, juga diakibatkan oleh pola makan tidak sehat, yakni terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak.

Walaupun bentuknya kecil, tapi ia bisa membuat penderinya mengalami stres karena sangat sulit dihilangkan.

Akan tetapi, kali ini kamu tidak perlu khawatir lagi. Sebab, bawang merah ternyata dapat mengatasi masalah jerawat. Hal ini dikarenakan, ia mengandung antiseptik yang ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, bawang merah juga bisa meredakan peradangan pada jerawat, dan mencegahnya dari infeksi.

10. Memelihara kesehatan jantung

10 Manfaat Seledri untuk Kesehtan, Bagus untuk Jantung dan Mata

(foto: istockphoto)

Salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peran penting adalah jantung. Jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Seperti yang kita tahu, bahwa darah mengalir memawa oksigen yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup.

Ada beragam masalah yang dapat menyerang jantung jika kita tidak bisa memelihara kesehatannya, seoerti stroke, penyakit jantung, dan masih banyak lainnya.

Umumnya, masalah tersebut terjadi akibat meningkatnya jumlah kadar kolesterol dalam tubuh yang diakibatkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak tinggi.

Menjaga dan memilihara kesehatan jantung, bisa dengan mengonsumsi bawang merah. Hal ini dikarenakan, bumbu dapur ini mengandung allicin yang mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah akan menjadi lancer.

Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, juga mampu mencegah penggumpalan dan mengurangi kolesterol jahat.

11. Mencegah resiko diabetes

10 Manfaat Bawang Putih, Obat Flu dan Batuk serta Mencegah Kanker

(foto: istockphoto)

Diabetes alias tingginya kadar gula darah merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat.

Mereka yang suka mengonsumsi makanan dan minuman mengandung tinggi gula, akan berpotensi mengalami penyakit ini.

Saat diabetes menyerang, maka kondisi tubuh akan mengalami perubahan, seperti mudah haus, mudah lapar, sering buang air kecil, mudah Lelah, hingga penglihatan menjadi kabur.

Manfaat bawang merah mampu emncegah resiko diabeter, sebab terdapat kandungan nutrisi baik di dalamnya yang mampu menurunkan kaar gula darah serta meningkatkan insulin dalam tubuh.

Dengan demikian, bumbu ini aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes, bahkan bisa menjadi obat alami jika dikonsumsi secara rutin.

12. Memelihara fungsi ginjal

Fungsi Ginjal, Bagian-Bagian dan Cara Merawat Kesehatannya

(foto: istockphoto)

Sama seperti jantung dan hati, ginjal juga merupakan organ vital dalam tubuh yang emmiliki fungsi penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Tugas ginjal adalah untuk membersihkan darah sebelum akhirnya dialirkan menuju ke organ selanjutnya.

Saat kita bernapas, oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan dialirkan oleh darah. Tentu saja, tidak hanya oksigen saja yang masuk, melainkan mikroorganisme dan kotoran lain juga ikut masuk.

Dengan adanya ginjal, maka mikroorganisme dan kotoran tersebut akan disaring terlebih dahulu dna dibuang. Jika ikut masuk, maka dapat menimbulkan resiko penyakit berbahaya.

Bisa dikatakan bahwa fungsi ginjal sangatlah penting. Oleh sebab itu, kita harus senantiasa menjaga kesehatannya agar bisa berfungsi dengan baik.

Memelihara fungsi ginjal bisa dengan cara mengonsumsi bawang merah secara rutin. Sebuah penelitian membuktikan bahwa bumbu dapur ini memiliki kandungan nutrisi yang mampu menurunkan asam urat dan keratin di dalam tubuh.

13. Menyembuhkan alergi

Waspda! Ini Dia Dampak Mengonsumsi Makanan Bersantan

(foto: unsplash/Britanny)

Alergi merupakan bentuk perlawanan tubuh terhadap benda asing seperti virus dan bakteri penyebab penyakit, yang mencoba masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Selain itu, juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat kimia pada produk kecantikan, yang mana kulit tidak bisa menerimanya.

Biasanya, alergi menimbulkan gejala, yakni gatal-gatal, timbul ruam merah, bersin-bersin, dan masih banyak lainnya.

Untuk menyembuhkan alergi, kamu bisa menggunakan salep ataupun obat kimia lainnya. Namun, jika ingin menyembuhkan dengan obat alami, kamu bisa menggunakan bawang merah.

Bumbu dapur ini diyakini mampu menyembuhkan alergi karena mengandung senyawa antioksidan. Seperti yang kita tahu bahwa senyawa tersebut sangat berperan penting dalam melawan radikal bebas alias virus dan bakteri penyebab penyakit.

Dengan demikian, gejala alergi dapat disembuhkan dengan mudah tanpa harus mengonsumsi obat kimia yang di dapatkan melalui dokter maupun apotek.

Efek samping bawang merah

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa yang Bikin Gak Pede

(foto: freepik/nensuria)

Selain dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, bawang merah juga dapat memberikan efek samping yang justru memperburuk bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Beberapa efek samping rempah tersebut pada kesehatan, diantaranya:

1. Membuat perut mulas

Rasa mulas atau nyeri pada perut kerap dirasakan oleh hampir semua manusia. Bahkan, kondisi tersebut sudah menjadi hal lumrah yang bisa menyerang siapa saja.

Biasanya, mulas muncul ketika tubuh ingin membuang kotoran alias buang air besar. Umumnya, akan hilang setelah kotoran berupa tinja keluar dari tubuh melalui anus.

Walaupun terjadi akibat gejala ingin buang air besar dan tidak menimbulkan dampak buruk yang berarti, namun rasa mulas yang cukup parah dapat mengganggu aktivitas.

Mengonsumsi bawang merah dalam jumlah yang sangat banyak, dapat menyebabkan rasa mulas pada perut. Hal ini dikarenakan, produksi asam yang berlebihan dalam tubuh menghambat proses pencernaan, sehingga menimbulkan rasa mulas yang cukup mengganggu.

2. Menyebabkan bau mulut

Bawang merah merupakan salah satu rempah atau bumbu dapur yang memiliki bau khas. Bahkan, tidak sedikit orang merasa terganggu dengan baunya yang sedikit menyengat hidung.

Mengonsumsi rempah tersebut secara berlebihan dapat menyebabkan bau mulut. Hal tersebut dikarenakan, terdapat kandungan sulfur di dalam bawang merah yang dapat mengeluarkan bau atau aroma tidak sedap, apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Ketika bau mulut menyerang, pasti akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman, terlebih lagi ketika harus berbicara dan berhadapan dengan orang lain.

Oleh karena itu, kurangi konsumsi bawang merah mentah secara berlebihan. Akan lebih baik jika dikonsumsi dalam bentuk olahan digoreng ataupun sebagai bumbu masakan yang lezat.

3. Menyebabkan sakit kepala

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang kerap memyerang hampir semua orang. Rasa sakit tersebut diakibatkan darah yang membawa oksigen tidak mengalir dengan baik ke kepala. Akibatnya, otak tidak mendapatkan cukup asupan oksigen sehingga menyebabkan rasa sakit.

Ada banyak faktor penyebab sakit kepala, diantaranya penyakit anemia, hipertensi, kurang minum air putih, kurang tidur, dan masih banyak lainnya.

Mengonsumsi bawang putih secara berlebihan rupanya juga dapat menyebabkan sakit kepala. Sebab, terdapat kandungan kelembapan yang cukup tinggi di dalam rempah tersebut sehingga membuat kepala sakit dan pusing.

Untuk itu, bagi kamu yang suka mengonsumsi bawang sebagai tambahan bumbu masakan ataupun cemilan, sebaiknya dikurangi jumlahnya.

4. Menyebabkan tekanan darah rendah

Sejatinya, apapun yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping, tak terkecuali bawang merah. Rempah tersebut memang memberikan manfaat yang sangat banyak bagi tubuh. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat menimbulkan efek samping, seperti menurunnya tekanan darah.

Seperti yang kita tahu bahwa tekanan darah pada tubuh harusnya stabil. Sebab, jika rendah maupun tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan. Rendahnya tekanan darah dapat menyebabkan penyakit anemia.

Anemia sendiri menimbulkan gejala seperti wajah pucat, tubuh terasa lemas, kepala sering sakit dan pusing, mudah pingsan, dan masih banyak lainnya. Anemia harus segera ditangani agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Menyebabkan masalah pada mata

Mata merupakan organ penting yang berfungsi untuk melihat. Dengan adanya mata, maka manusia bisa melihat dan menikmati indahnya dunia.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar bisa berfungsi dengan baik. Kesehatan mata yang terganggu dapat menyebabkan beberapa masalah, salah satunya adalah penglihatan terganggu alias kabur.

Penglihatan mata yang kabur bisa disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi bawang merah dalam jumlah berlebihan. Hal tersebut dikarenakan, kelembaban yang terdapat di dalamnya mampu mempengaruhi penglihatan.

6. Lambung terasa seperti terbakar

Bawang merah kerap dijadikan sebagai obat alternatif untuk meredakan kembung dan masalah pencernaan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa jumlah yang harus dikonsumsi sebaiknya jangan berlebihan.

Ketika mengonsumsi rempah tersebut dalam jumlah banyak, maka dapat mengakibatkan dampak buruk bagi lambung, yakni iritasi.

Saat lambung teritasi, maka akan timbul sensasi rasa panas yang diikuti oleh nyeri pada perut. Jika kondisi tersebut berlangsung cukup lama, maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

7. Menyebabkan mual dan muntah

Mual merupakan kondisi dimana perut teranya tidak nyaman dan ingin muntah. Biasanya, terjadi akibat makan makanan yang terpapar kuman dan bakteri, kehamilan, mencium aroma yang tidak sedap, dan lain sebaginya.

Rasa mual pada perut juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi bawang merah. Hal ini dikarenakan, lambung yang teritasi sehingga menyebabkan rasa mual.

Umumnya, ketika perut terasa mual maka akan diikuti oleh keluarnya makanan dari dalam tubuh atau yang biasa kita sebut dengan muntah.

Jika kondisi tersebut terjadi hanya satu atau dua kali saja setelah mengonsumsi bawang merah, maka sebaiknya hentikan konsumsi rempah tersebut. Tak lupa, jika muntah terjadi dalam waktu yang cukup lama, maka segera periksakan ke dokter.

8. Terhambatnya pembekuan darah

Dalam tubuh terdapat proses pembekuan darah yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka. Proses tersebut sangat penting, oleh sebab itu diperlukan cara untuk selalu menjaganya agar tetap berfungsi dengan maksimal.

Adanya peroses pembekuan darah, maka luka pada tubuh akan sembuh dan pulih dengan segera. Namun, ada beberapa hal yang bisa menghambat pembekuan darah itu sendiri, salah satunya adalah terlalu banyak mengonsusmsi bawang merah.

Hal tersebut dikarenakan, terdapat kandungan antikoagulan di dalam rempah tersebut yang apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat yang mengandung senyawa yang sama, maka resiko memar dan pendarahan dapat terjadi dengan cepat.

9. Menimbulkan masalah pada kulit

Selain dapat dikonsumsi, bawang merah juga bisa digunakan sebagai obat alternatif yang bisa langsung digosokkan ke kulit.

Biasanya, baluran bawang merah digunakan untuk mengatasi masalah demam pada anak, dan masih banyak lainnya.

Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan bawang merah sebagai obat luar juga bisa menimbulkan dampak buruk, yakni timbul ruam merah pada kulit.

Hal tersebut disebabkan oleh efek panas yang ditimbulkan rempah tersebut sehingga mengakibatkan iritasi dengan sensasi rasa panas pada kulit.

Oleh sebab itu, sebelum mengunakannya untuk pengobatan luar, sebaiknya diuji terlebih dahulu ke area kecil kulit seperti pergelangan tangan.

Jika tidak menimbulkan efek samping yang berarti, maka bisa diteruskan penggunaannya ke area kulit lainnya.

10. Menurunkan kadar gula darah

Bagi kamu penderita diabetes atau tingginya kadar gula darah dalam tubuh, maka mengonsumsi bawang merah merupakan pilihan yang tepat.

Sebab, rempah tersebut snagat efektif dalam menurunkan kadar gula darah. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa konsumsi bawang merah untuk penderita diabetes haruslah tidak berlebihan.

Hal tersebut dikarenakan efek penurunan kadar gula darah yang cukup cepat, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka dapat menyebabkan anjloknya gula darah.

Jika tidak segera ditangani, maka kadar gula darah akan turun dan bisa menyebabkan dampak buruk lainnya bagi kesehatan.

Akhir kata

Demikianlah 13 manfaat bawang merah untuk kesehatan dan kecantikan. Gunakan rempah tersebut dalam jumlah sewajarnya saja, sebab jika terlalu berlebihan akan menimbulkan efek samping seperti menyebabkan bau mulut, bau badan, sakit kepala, pendarahan, serta mual dan muntah.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.