lifestyle

15 Manfaat Kacang Hijau dan Efek Samping yang Ditimbulkan

Penulis:   | 

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang menyehatkan tubuh ketika dikonsumsi secara rutin. Manfaat kacang hijau bisa dirasakan pada ibu hamil maupun menyusui, sebab terdapat kandungan asam folat di dalamnya yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin agar tetap sehat.

Selain itu, kacang hijau juga cukup populer dikalangan pelaku diet. Sebab, ia bisa memiliki kandungan rendah kalori yang aman dikonsumsi ketika sedang dalam proses penurunan berat badan.

Kacang hijau bisa diolah menjadi berbagai macam olahan, seperti bubur, isian bakpia, hingga minuman segar.

Kandungan asam folat, protein, serat, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang terdapat di dalamnya, mampu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan.

Baca juga: 10 Manfaat Bunga Telang, Baik untuk Saraf, Mata, Aembelit, & Asma

1. Mengatasi Anemia

10 Manfaat Kacang Hijau, baik untuk Ibu Hamil

(foto: adobestock)

Anemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh tidak mendapatkan sel darah merah yang cukup sehingga menyebabkan rasa lemah, letih, lesu, serta cepat pusing.

Biasanya, anemia disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti begadang, kelelahan, dan kurangnya asupan zat besi. Oleh karenanya, penyakit tersebut harus segera diobati agar tidak berdampak lebih parah.

Manfaat kacang hijau bisa mengatasi anemia. Hal tersebut dikarenakan, kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya mampu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga kebutuhan tubuh tercukupi.

2. Memperkuat tulang

10 Manfaat Kacang Hijau, baik untuk Ibu Hamil

(foto: istockphoto)

Tulang kuat dapat memberikan keuntungan, terutama saat melakukan aktivitas berat maka tubuh tidak akan mudah nyeri atau sakit.

Untuk memperkuat tulang, dibutuhkan asupan makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi, salah satu contohnya adalah kacang hijau.

Kandungan kalsium yang terdapat pada kacang hijau dipercaya dapat membantu menjaga dan merawat kesehatan tulang sehingga menjadi lebih kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit tulang.

Oleh karenanya, kacang ini selalu dianjurkan untuk di konsumsi oleh semua orang di segala usia baik anak-anak maupun dewasa.

3. Mengontrol berat badan

Mengontrol berat badan

(foto: istockphoto)

Kacang hijau diyakini mampu mengontrol berat badan dengan cara memperlancar pencernaan atau metabolisme.

Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan serat cukup tinggi di dalamnya sehingga mampu membantu mendorong sampah makanan keluar.

Dengan demikian, jika metabolisme lancar maka tidak akan terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, sistem pencernaan lancar juga bisa menghindari beberapa penyakit seperti sembelit, tungkak lambung, dan penyakit lainnya.

Kamu bisa mengonsumsi kacang hijau setiap hari, baik dalam bentuk olahan bubur, maupun jus.

4. Meningkatkan kecerdasan otak pada bayi

kecerdasan otak pada bayi

(foto: istockphoto)

Bayi yang cerdas biasanya mendapatkan nutrisi yang cukup sejak berada di dalam kandungan. Nutrisi tersebut biasanya diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh sang ibu selama masa kehamilan.

Oleh sebab itu, tenaga kesehatan selalu menggalakkan kepada seluruh ibu hamil dan menyusui untuk selalu mengonsumsi makanan dan minuman mengandung nutrisi penting, salah satunya adalah asam folat.

Perlu diketahui bahwa asam folat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak pada bayi. Selain itu, nutrisi tersebut juga bisa membantu meningkatkan fungsi otak pada janin sejak dalam kandungan.

Untuk mendapatkan asam folat yang cukup, kamu bisa mengonsumsi kacang hijau. Sebab, kacang tersebut mengandung banyak asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin.

5. Menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata

(foto: adobestock)

Manfaat kacang hijau juga dapat membantu menjaga kesehatan mata, sehingga terhindar dari penyakit mata seperti degenerasi makula.

Penyakit tersebut umumnya menyerang lansia atau orang yang sudah lanjut usia. Biasanya, ditandai dengan pandangan kabur saat menulis, membaca, dan melihat jalan.

Kandungan karotenoid yang terdapat di dalam kacang hijau, rupanya dapat membatu mencegah degenerasi makula. Sehingga, mata tetap sehat walau usia sudah tidak muda lagi.

Baca juga: 10 Manfaat Madu, bikin Tidur lebih Nyenyak

6. Mencegah depresi

10 Manfaat Kacang Hijau, baik untuk Ibu Hamil

(foto: pexels)

Depresi merupakan penyakit yang menyerang mental seseorang akibat rasa cemas dan khawatir secara berlebihan.

Dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah rasa sedih yang sangat mendalam dan terjadi berlarut-larut.

Jika dibiarkan, maka dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh. Bahkan, tak sedikit penderitanya nekat melakukan hal di luar nalar, seperti bunuh diri.

Ketika depresi, tubuh lebih banyak memproduksi homosistein, yakni hormon yang dapat menekan produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin.

Di mana, ketiga hormon tersebut memiliki peranan penting untuk mengatur suasana hati, nafsu makan, dan tidur.

Kandungan asam folat yang terdapat di dalam kacang hijau mampu mencegah kelebihan homosistein, sehingga pertumbuhan hormon pencipta suasana hati bahagia bisa semakin banyak. Dengan demikian, depresi dapat dihindarkan.

7. Mencegah diabetes

10 Manfaat Kacang Hijau, baik untuk Ibu Hamil

(foto: istockphoto)

Mengingat sulitnya mengobati diabetes, sehingga ada baiknya dilakukan pencegahan agar penyakit tersebut tidak mampu menyerang tubuh.

Perlu diketahui bahwa, diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan, sama seperti kanker.

Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Akibatnya, tubuh mudah lelah, ngantuk, dan lapar.

Penderita diabetes harus bisa menjaga pola makan. Mereka tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan dan minuman manis. Sebab, itu merupakan salah satu penyebab terjadinya lonjakan pada gula darah.

Salah satu makanan yang aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan resiko terkena diabetes adalah kacang hijau.

Bahkan, sebuah studi yang dilakukan di India juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi kacang hijau secara rutin dapat mengontrol kadar gula darah sehingga tetap stabil.

8. Menurunkan kadar kolesterol

10 Manfaat Kacang Hijau, baik untuk Ibu Hamil

(foto: istockphoto)

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan resiko terkana penyakit kardiovaskular, yakni stroke dan serangan jantung.

Biasanya, faktor penyebab tingginya kolesterol adalah kerana kebiasaan buruk mengonsumsi makanan berminyak dan mengandung lemak tak jenuh terlalu tinggi.

Mengonsumsi kacang hijau secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebab, kacang ini mengandung serat, antioksidan, serta kandungan lemak yang rendah, sehingga mencegah dan mengontrol kadar kolesterol yang masuk ke dalam tubuh.

9. Menurunkan resiko terkena penyakit hati

10 Manfaat Kacang Hijau, baik untuk Ibu Hamil

(foto: istockphoto)

Salah satu organ yang memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup manusia adalah hati. Fungsi hati adalah menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh.

Sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan hati agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, hati juga bisa mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh infeksi virus.

Penyebab lainnya adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Sebuah studi membuktikan bahwa mengonsumsi kacang hijau secara rutin dapat menurunkan resiko kerusakan pada hati.

Sebab, kacang ini mampu mengurangi aktivitas enzim hati. Dimana kita tahu bahwa enzim tersebut merupakan salah satu penyebab kerusakan organ tersebut.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

10 Manfaat Kacang Hijau, baik untuk Ibu Hamil

(foto: istockphoto)

Sistem kekebalan tubuh atau yang biasa disebut dengan imun memiliki peranan penting dalam melawan dan menangkal berbagai macam virus dan bakteri penyebab penyakit yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga imunitas supaya bisa berfungsi dengan baik.

Cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan rajin berolahraga.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan mengandung nutrisi penting, seperti protein. Perlu diketahui bahwa protein sangan membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Kacang hijau mengandung protein tinggi sehingga sangat cocok bila dikonsumsu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

11. Mencegah sembelit

10 Manfaat Bawang Putih, Obat Flu dan Batuk serta Mencegah Kanker

(foto: adobestock)

Manfaat kacang hijau bisa membantu mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan, terdapat kandunagn serat tinggi di dalamnya yang mampu melanccarkan pencernaan.

Seperti yang kita tahu bahwa sembelit merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kesulitan dalam buang air besar.

Biasanya, hal tersebut terjadi akibat kurangnya konsumsi serat yang membuat fases bertekstur keras sehingga cukup sulit untuk dikeluarkan.

Dengan mengonsumsi kacang hijau setiap hari secara rutin, maka kebutuhan serat dalam tubuh akan tercukupi. Dengan demikian, sembelit dapat dicegah dan sistem pencernaan akan menjadi lebih lancer.

12. Mencegah gizi buruk

9 Manfaat Daun Bidara yang Tertuang dalam Al Qur'an

(foto: adobestock)

Tubuh membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat dan bugar. Asupan gizi tersebut diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

Oleh sebab itu, disarankan untuk bisa mengatur dan menjaga pola makan sehat dengan hanya mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi penting, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan lain sebagainya.

Jika kita tidak menerapkan pola makan yang sehat, maka akan berpotensi mengalami gizi buruk, dimana tubuh tidak mendapatkan gizi yang cukup sehingga seluruh organ di dalam tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Terlebih lagi pada ibu hamil. Jika ibu hamil tidak cukup gizi, maka janin yang dikandung tidak akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Untuk itu, konsumsilah makanan bergizi, khususnya kacang hijau untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuhmu.

13. Meningkatkan kesehatan jantung

10 Manfaat Bawang Putih, Obat Flu dan Batuk serta Mencegah Kanker

(foto: istockphoto)

Jantung membutuhkan perlakuan khusus untuk selalu terjaga kesehatannya, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, yakni mengonsumsi makanan bernutrisi dan rajin berolahraga.

Kebiasaan mengonsumsi makanan mengandung lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, yang berpotensi menimbulkan penyakit jantung.

Jika jantung mengalami gangguan, maka fungsinya tidak akan berjalan dengan baik. Seperti yang kita tahu bahwa fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh.

Dengan tidak berfungsinya organ tersebut dengan baik, maka darah tidak dapat dialirkan, sehingga oksigen tidak dapat diserap.

Untuk meningkatkan kesehatan jantung, kamu bisa mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Hal ini dikarenakan, terdapat kandungan kalium dan potassium di dalamnya yang mana kita tahu bahwa kedua nutrisi tersebut sangat berperan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung, terutama pada bayi.

14. Mengurangi resiko kanker

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Kemudian, virus tersebut menyerang sel-sel baik dalam tubuh dan mencoba menyebarkannya ke seluruh tubuh.

Ada ragam penyebab kanker, seperti kebiasaan minum alkohol, konsumsi obat-obatan, kebiasaan merokok, serta mengolah makanan dengan cara yang salah.

Contoh dari mengolah makanan dengan cara yang salah adalahmembakar atau memanggang daging pada suhu tinggi sehingga menyebabkan permukaannya gosong.

Kebiasaan mengolah makanan tersebut menimbulkan karsinogenik, yakni zat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

Manfaat mengonsumsi kacang hijau, mampu mengurangi resiko penyakit tersebut, sebab terdapat kandungan klorofil di dalamnya yang mampu memblokir efek karsinogenik.

Dengan demikian, resiko penyakit kanker dapat dikurangi, bahkan dicegah.

15. Mengurangi gejala PMS

Kenali 7 Manfaat Kencur, Meningkatkan Nafsu Makan

(foto: pexels)

Ketika wanita sedang dalam masa menstruasi, maka sebagian besar dari mereka akan mengalami gejala PMS, seperti nyeri perut, nyeri pinggul, serta mood yang selalu buruk.

Gejala tersebut umum terjadi dan tidak menimbulkan efek berbahaya. Namun, jika sampai mengganggu aktivitas, maka sebaiknya segera ditangani.

Mengurangi gejala PMS bisa dengan cara mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Kandungan vitamin B6, magnesium, dan folat yang terdapat di dalamnya, mampu membantu mengendalikan hormone yang dapat memicu gejala-gejala PMS.

Efek samping kacang hijau

20 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: adobestock)

Terdapat banyak manfaat yang diperoleh ketika mengonsumsi kacang hijau. Namun, perlu diingat bahwa dalam mengonsumsinya tidak boleh secara berlebihan.

Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi jenis kacang-kacangan tersebut dapat menyebabkan efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menyebabkan diare

Diare merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan, khususnya usus. Terdapat bakteri jahat yang menginfeksi organ tersebut sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.

Gejala yang ditimbukan oleh penyakit ini adalah sakit perut, mual, sering buang air besar, tinja berbentuk cair, dan muntah.

Biasanya, diare yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan dampak yang lebih buruk, seperti kekurangan cairan, badan lemas, pingsan, bahkan kematian.

Diare disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya makan makanan pedas terlalu banyak, makanan terkontaminasi bakteri, kurang menjaga kebersihan, dan masih banyak lainnya.

Mengonsusmi kacang hijau terlalu banyak juga bisa menyebabkan diare. Hal tersebut dikarenakan, terdapat kandungan lemak tinggi di dalamnya yang merupakan penyebab utama terjadinya diare.

2. Menyebabkan penyakit migrain

Migrain merupakan masalah kesehatan yang menyerang kepala, umumnya hanya sakit pada bagian satu sisi saja, bisa sisi kanan ataupun sisi kiri.

Ketika penyakit ini menyerang, maka sakit yang dirasakan bisa menyebabkan terganggunya aktivitas.

Salah satu penyebab migrain adalah akibat terlalu banyak mengonsumsi kacang hijau. Sebab, kacang-kacangan tersebut mengandung lemak dan senyawa lain yang bernama tyramine yang cukup tinggi.

Senyawa tersebut rupanya yang menjadi penyebab terjadinya sakit kepala sebelah atau migrain. Jika kamu termasuk salah satu orang yang memang memiliki riwayat penyakit tersebut, maka sebaiknya hindari mengonsusmi makanan yang mengandung kecambah, salah satunya kacang hijau.

3. Menyebabkan asam urat

Asam urat merupakan masalah kesehatan yang kerap menyerang semua sendii di tubuh, terutama pada bagian lutut, jari tangan, jari kaki, dan pergelangan kaki. Oleh karenanya, penyakit ini seringkali disebut dengan radang sendi.

Gejala yang ditimbulkan oleh asam urat adalah nyeri tak tertahankan pada area persendian, timbul rasa panas, serta pembengkakan.

Asam urat biasanya disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berjenis kacang-kacangan, salah satunya adalah kacang hijau.

Hal tersebut dikarenan, terdapat kandungan purin yang cukup tinggi di dalam kacang tersebut sehingga memicu resiko asam urat.

Walaupun kacang hijau kerap dikonsumsi untuk mengatasi masalah kesehatan karena terdapat kandungan nutrisi penting di dalamnya, namun akan lebih baik jika mengonsumsinya dalam jumlah secukupnya agar tidak menimbulkam efek samping yang lebih buruk.

4. Perut kembung

Perut kembung merupakan kondisi dimana perut berisi terlalu banyak gas sehingga menyebabkan perut terasa penuh, kencang, dan terlihat lebih besar.

Biasanya, kondisi tersebut diiringi oleh rasa tidak nyaman pada perut, seperti nyeri dan kram. Terkadang, rasa nyeri tersebut bisa membuat aktifitas menjadi terganggu.

Selain kram dan nyeri pada perut, masalam pencernaan ini juga ditandai dengan sering sendawa dan sering buang gas alias kentut.

penyebab perut kembung adalah kebiasaan merokok, mengunyah permen karet, serta produksi gas oleh bakteri di dalam usus.

mengonsumsi kacang hijau dalam jumlah yang terlalu banyak rupanya juga dapat menyebabkan perut kembung.

hal tersebut dikarenakan, kandungan phytates dan tannin yang terdapat di dalamnya sulit untuk dicerna. akibatnya terdapat banyak gas yang terperangkap di dalam perut dan menyebabkan perut kembung.

5. Tekanan darah mengalami kenaikan

mengonsumsi kacang hijau dalam jumlah terlalu banyak, dapat menyebabkan kenaikan pada tekanan darah atau yang biasa disebut dengan hipertensi atau darah tinggi.

Seperti yang kita tahu bahwa tekanan darah yang mengalami kenaikan dapat memicu resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Akhir kata

Demikianlah 15 manfaat kacang hijau untuk kesehatan. Mengingat ragamnya manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi jenis kacang tersebut, maka tidak ada salahnya jika kamu menambahkannya ke dalam menu makanan harian.

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan porsi yang akan dikonsumsi agar tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.