style

Jenis dan Makna Dress Code yang Wajib Diketahui

Penulis:   | 

Kata dress code mungkin sudah tidak asing lagi di telinga sebagaian masyarakat. Sebab, tak sedikit dari mereka menyinggung kata ini ketika sedang menyelenggarakan sebuah acara, baik pesta formal maupun no-formal.

Dress code merupakan tata cara berbusana untuk menghadiri sebuah acara. Biasanya, digunakan dengan cara menyesuaikan tema acara yang akan digelar.

Ada beberapa jenis dress code dengan masing-masing makna yang berbeda. Penasaran, apa saja jenis dan maknanya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: 10 Gaun Pengantin Ukuran Besar, Tampak Sempurna

1. Black tie

Jenis dan Makna Dress Code yang Wajib Diketahui

(foto: pinterest)

Black tie merupakan salah satu dress code yang dikenakan pada acara formal, bahkan bisa dikatakan sebagai jenis dress code yang paling formal.

Sesuai dengan namanya, black tie merupakan dasi hitam berbentuk pita yang dikenakan oleh pria saat menghadiri acara.

Biasanya, acara formal yang mewajibkan para tamu pria mengenakan dress code ini adalah pesta yang super mewah dan elegan.

Jadi, bisa diartikan bahwa yang hadir dalam pesta tersebut bukan berasal dari kalangan biasa, melainkan kalangan atas.

Untuk pakaiannya, mereka biasanya menggunakan tuxedo dengan kemeja putih di dalamnya. Dilengkapi dengan bow tie atau dasi. Sementara, untuk wanita menggunakan gaun floor-length untuk wanita.

Oleh karena itu, pesta yang mewajibkan mengenakan dress code ini merupakan pesta yang paling fancy dan super elegan.

2. White tie

Jenis dan Makna Dress Code yang Wajib Diketahui

(foto: pinterest)

Berbeda dengan black tie yang lebih banyak mengenakan warna hitam, white tea justru sebaliknya.

Sesuai dengan namanya, white tea merupakan dress code yang dikenakan dalam pesta khususnya pesta kerajaan yang mayoritas menggunakan busana berwarna putih.

Untuk wanita, kamu bisa mengenakan gaun panjang berwarna putih yang menjuntai hingga lantai ala kerajaan.

Sementara, untuk kaum pria mengenakan tuxedo dan kemeja warna putih, sama dengan gaya busana black tie. Bedanya, dasi yang digunakan dalam dress code white tie adalah berwarna putih.

3. Black tie optional

Jenis dan Makna Dress Code yang Wajib Diketahui

(foto: pinterest)

Dress code yang satu ini merupakan turuna dari black tie. Dengan demikian, tampilan yang disuguhkan tidka terlalu formal atau bisa dikatakan sedikit kasual.

Untuk pakaian, kamu bisa memiliki tuxedo dan pant suit yang dikombinasikan. Selain itu, kamu juga bisa memiliki pakaian seperti black tie, namun tetap dengan tampilan cocktail dress.

Agar terlihat lebih mewah dan menonjol, kamu juga bisa memiliki motif-motif ramai dan mencolok serta warna yang lebih cerah.

Sementara, untuk pria bisa menggunakan kemeja yang dibalut dengan jas. Warna kemeja yang dikenakan bisa berwarna cerah, namun alangkah lebih bagus lagi jika mengenakan kemeja berwarna putih.

4. Cocktail

Jenis dan Makna Dress Code yang Wajib Diketahui

(foto: istockphoto)

Jika dua dress code sebelumnya menampilkan penampilan yang formal, maka untuk dress code yang satu ini dikhususkan bagi kamu yang ingin menghadiri pesta lebih kasual.

Hal tersebut dikarenakan, cocktail merupakan dress code yang menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin berkreasi dalam style baju pesta.

Bisa dikatakan, bahwa kode pakaian ini lebih fleksibel dan memiliki ruang gerak gaya yang lebih luas dan bebas.

Karena tampilannya yang lebih luwes, tak heran jika banyak orang menyukai dress code ini.

Untuk pria, kamu bisa mengenakan jas yang dipadu padankan dengan celana chino. Kamu juga bisa mengenakan kemeja yang warnanya sesuai dengan selera.

Untuk menambah kesan manis, bisa ditambahkan sentuhan dasi yang ikatan pada lehernya dikendurkan. Selain itu, juga bisa menggunakan loafers jika memungkinkan.

5. Festive

Jenis dan Makna Dress Code yang Wajib Diketahui

(foto: istockphoto)

Festive merupakan dress code yang kerap dikenakan pada musim liburan. Gaya busana ini bisa disesuaikan dengan kreativitas penggunanya, mulai dari warna hingga elemen busana.

Untuk wanita, kamu bisa menggunakan gaun cocktail dengan warna yang ramai alias warna warni. Padukan dengan rok berbahan satin.

Tidak lupa juga untuk mengenakan aksesoris mencolok seperti tas kerlap kerlip, serta high heels.

Sementara, untuk pria bisa menggunakan outfit yang memiliki tema tentang liburan. Dengan demikian, busana yang dikenakan tidak terlihat membosankan.

Baca juga: 10 Warna Jilbab yang Cocok dengan Baju Navy

7. Business formal

Jenis dan Makna Dress Code yang Wajib Diketahui

(foto: istockphoto)

Sesuai dengan namanya, dress code in biasanya dikenakan untuk menunjang penampilan di kantor.

Biasanya, mereka menggunakannya untuk acara semi formal yang diselenggarakan oleh kantor pada siang hari, seperti konferensi maupun makan siang kantor.

Untuk pria, dalam memilih kode pakaian ini kamu harus mengenakan jas dan juga dasi. Sementara, untuk wanita bisa menggunakan gaun yang dipasangkan dengan luaran berbentuk blazer untuk menciptakan tampilan elegan dan mewah.

Namun, jika kamu ingin tampilan yang lebih santai namun tetap formal dan keren, kamu bisa mengenakan setelan jas atau blazer dengan bawahan celana.

Pilihlah warna senada antara atasan dan bawahan agar penampilanmu terlihat lebih oke.

7. Business casual

Business casual

(foto: istockphoto)

Selain memiliki tampilan formal, dalam bekerja juga bisa mengenakan pakaian yang terlihat lebih santai atau kasual.

Untuk pria, kemeja putih dengan paduan celana chino ataupun bahan menjadi pilihan yang tepat. Tidka lupa untuk menambahkan loafers agar penampilanmu semakin bergaya.

Sementara, untuk wanita bisa menggunakan rok berbentuk pensil atau meruncing ke bawah dengan menambahkan atasan kemeja ataupun cardigan.

Jika ingin menambahkan sedikit sentuhan formal, kamu bisa mengenakan bisa mengenakan balzer.

Bagi kamu yang tidak suka mengenakan rok yang memiliki bentuk terlalu sempit alias runcing ke bawah, kamu juga bisa mengenakan celana bahan berbentuk kulot sesuai dengan gaya pakaianmu.

Pilihan lain yang tak kala hoke adalah dress yang memiliki tampilan kalem dengan ukuran yang tidak terlalu pendek.  Sebagai penamanis, bisa tambahkan penggunaan high heels namun jangan terlalu tinggi.

8. Casual Dressy

Casual Dressy

(foto: istockphoto)

Bagi kamu yang suka tampil kasual dan santai, cobalah untuk mengaplikasikan dress code yang satu ini.

Casual dressy merupakan kode pakaian yang menampillkan kesan santai dan kasual pada penampilan namun dalam versi terbaik.

Artinya, walaupun bergaya kasual dan santai, namun penampilanmu tetap terlihat berkelas dan bergaya.

Biasanya, dress code ini dikenakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat sedang jalan-jalan Bersama teman, kumpul keluarga, ataupun acara santai lainnya.

Untuk perempuan, kamu bisa mengenakan celana panjang dengan atasan kemeja santai. Kemudian, bisa ditambahkan penggunaan sepatu boots.

Jika kamu suka penampilan jenjang, maka cobalah untuk mengenakan high heels dengan ukuran yang todak terlalu tinggi.

Sementara, untuk kaum pria bisa mengenakan celana jeans favorit yang dipadukan Bersama kemeja ataupun blazer santai.

9. Casual

Casual

(foto: istockphoto)

Casual merupakan dress code yang memiliki tampilan paling santai dari jenis lainnya. Dalam mengenakannya, tidak ada aturan khusus sehingga membuatmu merasa nyaman dan terlihat cukup santai.

Meski tidak terlalu bergaya, namun kelebihannya adalah kamu akan merasa lebih nyaman saat mengenakannya.

Dress code ini sangat cocok untuk kamu yang tidak suka dengan aturan berpakaian ataupun yang tidak mau terlihat ribet.

Untuk wanita, pilihlah bawahan celana panjang maupun pendek dengan atasan kaos. Gunakan sepatu kets atau sneakers untuk menambah kesan santai dan kasual pada penampilanmu.

Sementara, untuk pria bisa mengenakan celana jeans maupun bahan, baik pendek ataupun panjang. Untuk atasan, pilihlah kaos atau kemeja agar penampilan terlihat lebih santai.

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai makna dan jenis dress code yang wajib diketahui. Dengan adanya penjelasan ini, semoga nanti kamu bisa menyesuaikan dress code dengan tema acara yang akan kamu hadiri.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.