. Kata-Kata dari Ulama yang Bisa Buat Kamu Semangat dan Termotivasi

inspirasi

Kata-Kata dari Ulama yang Bisa Buat Kamu Semangat dan Termotivasi

By  | 

Sebagai seorang muslim, kita wajib meyakini segala ajaran agama islam. Berusaha menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Banyak cara untuk mencari tahu ajaran islam. Salah satunya melalui ulama.

Ulama yang berarti orang yang berilmu. Segala tutur kata dan perbuatannya menjadi tuntunan. Tuntunan dalam langkah hidup, memotivasi untuk terus semangat melakukan kebaikan. Di bawah ini adalah kata-kata ulama yang dapat memotivasi.

Baca juga: Kata-Kata Jomblo Bahagia untuk Kamu yang Masih Sendiri

1. Harus dengan ilmu

”Siapa yang menghendaki kehidupan dunia, maka harus disertai dengan ilmu. Dan siapa yang menghendaki kehidupan akhirat, juga harus dengan ilmu.“ – Imam Syafi’i.

Artinya, kamu harus mencari ilmu untuk kebaikan dunia dan akhirat. Ilmu untuk bisa hidup nyaman di dunia dan juga ilmu untuk menabung di akhirat.

2. Penatnya belajar

“Jika kamu tidak tahan terhadap penatnya belajar, maka kamu akan menanggung -bahayanya- kebodohan.” – Imam Syafi’i.

Maknanya, kamu harus semangat dalam mencari ilmu. Jika tidak, kamu akan bodoh. Kamu akan terjerumus bahaya karena kebodohan. Oleh karena itu, kamu harus menahan penatnya belajar demi kehidupan yang baik.

3. Merantau

Loading...

“Orang yang berilmu dan beradab, tidak akan diam di kampung halaman, tinggalkan negerimu, merantaulah ke negeri orang.” – Imam Syafi’i.

Merantau untuk mencari ilmu, mencari kehidupan yang lebih baik. Di luar sana, banyak ilmu yang harus di dalami.

4. Do’a saat tahajjud

“Do’a di saat tahajud adalah umpama busur panah yang melesat tepat mengenai sasaran.” – Imam Syafi’i.

Artinya, jika kamu ingin sesuatu berdoalah di kala tahajjud. Do’a di kala tahjjud akan langsung sampai ke Allah. Allah akan mengabulkan do’a-do’a orang yang tahajjud.

Jadikanlah diam sebagai sarana atas pembicaraanmu, dan tentukan sikap dengan berfikir

(foto: pixabay/Hans)

5. Diam

“Jadikanlah diam sebagai sarana atas pembicaraanmu, dan tentukan sikap dengan berfikir.” – Imam Syafi’i.

Maksudnya, diam untuk memperhatikan segala persoalan. Berpikir matang-matang sebelum menentukan sikap.

6. Jangan putus asa

“Janganlah berputus asa, karena berputus asa adalah sikap penghianat.” – Syaikh Ahmad Karimah.

Tetaplah berjuang, jangan putus asa. Berpegang teguh dengan apa yang kamu meyakini. Jika berputus asa, sama saja mengkhianati apa yang kamu yakini.

7. Harus beramal dan bekerja

“Manusia haruslah beramal dan bekerja. Jangan duduk saja. Jangan takut salah, karena kesalahan akan dihapus dengan istighfar.”- Syaikh Ied Abdul Hamid Isa.

Maknanya, manusia harus bergerak. Mencoba hal-hal baru dengan beramal dan bekerja. Ketika salah, ingat baca istighfar supaya diampuni.

8. Jangan menunda

“Jangan menunda diri dari berbuat baik. Berbuatlah sebelum ajal menjemput. Manusia yang tidak beramal akan menyesal kelak di akhirat dan minta dikembalikan ke dunia fana.” – Syaikh Ied Abdul Hamid Isa.

Manusia haruslah terus berbuat baik, sebelum ajal menjeput. Seseorang tak pernah tahu kapan ajal datang. Ketika ajal datang, kamu akan menyesla ketika tak berbuat baik semasa hidup.

Baca juga: Kata-Kata Romantis untuk Menembak Pacar Pujaan Hati

9. Mencari ilmu

“Mencari ilmu membutuhkan umurnya Nabi Nuh, sabarnya Nabi Ayub, dan hartanya Qarun. Intinya perlu waktu yang lama, sabar yang luar biasa, dan harta yang tidak sedikit”. Syaikh Fathi al-Hijazi.

Mencari ilmu memerlukan mental yang luar biasa. Waktu, sabar dan harta harus dipersiapkan. Sehingga ilmu itu bisa bermanfaat nantinya.

Lebih baik kalian membaca satu buku dan istiqomah menghabiskan serta mendalaminya, ketimbang kalian memiliki banyak buku namun tidak kalian baca

(foto: pixabay/DreamyArt)

10. Baca buku

“Lebih baik kalian membaca satu buku dan istiqomah menghabiskan serta mendalaminya, ketimbang kalian memiliki banyak buku namun tidak kalian baca.” – Syekh Hisyam Kamil.

Artinya, diperlukan keistiqomahan dalam membaca buku. Mempunyai sifat tabbayun dalam buku, sehingga mampu mendalami dan terbiasa memahaminya secara menyeluruh.

11. Pahala kesabaran

“Seandainya Allah perlihatkan pahala kesabaran, pasti ramai manusia yang berlumba lumba mendekati ujian.” – Habib Umar bin Hafidz.

Banyak orang yang tak sabar dengan sebuah proses. Ingin segera dikabulkan segala pintanya. Padahal banyak pahala dari kesabaran. Seandainya ditayangkan pasti mereka akan tergiur pahalanya dan berusaha untuk menjadi paling sabar.

12. Kehidupan yang baik

“Kehidupan yang baik itu bukanlah bermaksud dengan banyaknya harta.” – Habib Umar bin Hafidz.

Kehidupan yang baik itu bukan seberapa banyak harta yang dipunya. Namun, seberapa kebaikan yang telah diamalkan. Sehingga kebaikan itu mampu menjadi tabungan di akherat.

13. Dasarnya cinta

“Sumber semua kebaikan dalam hidup ini dan kelak adalah iman dan perbuatan baik. Dan dasar keduanya adalah cinta.” – Habib Umar bin Hafidz.

Kalau seseorang dipenuhi dengan cinta kasih, maka diakan ringan melakukan segala perbuatan baik di kehidupan sekarang dan kelak dikehidupan akhirat. Dari cinta, dia akan beriman dan orang yang beriman akan ringan melakukan kebaikan.

14. Kuat

“Seseorang hamba yang lemah jika ikatannya dengan Allah kuat, maka hamba yang lemah tadi akan menjadi kuat” – Habib Umar bin Hafidz.

Tak apa jika dianggap manusia lemah. Manusia memang dasarnya lemah, iman terhadap Allah-lah yang membuat dia mejadi kuat.

15. Lisan

”Lisan adalah merupakan gambaran hati. Maka jadilah dirimu pribadi yang memiliki lisan yang jujur, suci hati.” – Habib Umar bin Hafidz.

Hati yang bersih, lisannya akan mengatakan hal-hal yang baik. Begitu pula sebaiknya. Maka dari itu, kamu patut membersihkan hati agar lisan tak akan menyakiti.

Kebaikan itu universal. Sesekali kamu memang perlu motivasi untuk melakukan kebaikan. Agar senantiasa berada di jalan yang benar.

Kata-kata ulama yang memotivasi ini semoga bermanfaat. Semoga bisa diamalkan dan menjaga kita dijalan kebenaran.

Loading...