teknologi

10 Cara Menambah Followers Instagram, Efektif dan Aman

Penulis:   | 

Instagram menjadi salah satu sosial media paling populer bagi content reator untuk memajang karya mereka. Terbukti, cara menambah followers instagram menjadi topik yang paling sering dicari akhir-akhir ini.

Ya! Instagram jadi sosial media yang memiliki trafik super tinggi. Bagaimana tidak? Sosial media ini sudah diunduh oleh ratusan juta orang di dunia ini. 

Untuk mendapatkan impresi yang tinggi sehingga potensi untuk terkenal dalam memasarkan konten semakin lebar, kita perlu memiliki followers yang banyak.

Dengan pengikut yang kita miliki, tentu konten yang kita buat jauh lebih mudah dijangkau oleh orang lain. 

Tapi masalahnya, seringkali kita mengalami stag yang pada akhirnya followers kita segitu-segitu aja. Pertanyaannya, apakah kamu yakin upaya yang kamu lakukan sudah benar?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah berhasil merangkum 10 cara mudah untuk menambah followers di Instagram dalam ulasan berikut ini. 

Baca juga: 10 Cara Menambah Followers TikTok, Yuk Jadi TikToker

1. Jangan private akun

10 Cara Mudah Menambah Followers Instagram

(foto: teknology.id)

Faktor utama yang seringkali dilewatkan oleh beberapa orang adalah mem-private akun yang mereka miliki.

Kalau soal keamanan data, tentu ini adalah fitur yang berguna. Namun, jika kamu ingin mendapatkan banyak followers, kamu harus menonaktifkan fitur private akun. 

Bagaimana orang bisa mengikuti sosial media yang kamu miliki, jika pintu masuk untuk melihat fotomu saja tertutup rapat.

Biarkan orang lain bahkan orang asing melihat postinganmu sehingga kesempatan mereka untuk menjadi followers terbuka luas. 

2. Follow akun terkenal

10 Cara Mudah Menambah Followers Instagram

(foto: kompas)

Instagram juga menjadi sosial media aktif banyak orang terkenal termasuk aktris, aktor, pemain film hingga pebisnis terkenal.

Biasanya, mereka memiliki followers diatas 1 juta dan memiliki tanda centang verifikasi sebagai tokoh publik. 

Follow akun seseorang yang memiliki jumlah followers super duper banyak, agar namamu juga akan tayang pada list followers baru mereka. 

Mengikuti akun Instagram orang terkenal, adalah upaya paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan impresi. 

3. Lengkapi profil Instagram

10 Cara Mudah Menambah Followers Instagram

(foto: teknology.id)

Saat membuat akun Instagram, kamu akan diminta untuk memasukan username, nama, foto, hingga bio. Usahakan untuk melengkapi setiap profil secara detail dan menarik. Terutama soal username. 

Pastikan kamu membuat username yang mudah untuk ditemukan orang lain. Jangan menggunakan karakter sulit, yang pada akhirnya membuat orang lain kebingungan ketika mencari akun instagram kita. 

Jangan lupa menghias section bio dengan kata-kata yang menarik dan mengundang mereka untuk memiliki rasa penasaran. 

Profil yang kamu lengkapi berhubungan dengan struktur meta SEO yang mana memiliki peranan penting untuk meningkatkan potensi orang asing menemukan akunmu. 

4. Posting secara konsisten

10 Cara Mudah Menambah Followers Instagram

(foto: officialjimbreuer)

Cara keempat ini sejatinya telah disadari oleh banyak orang, namun faktanya tidak semua memiliki konsistensi dan tekad yang kuat. Banyak orang mengunggah video atau foto secara tidak rutin.

Padahal, dengan mengunggah video dan foto secara konsisten, baik perihal jam atau pun niche sangat berpengaruh terhadap jumlah followers. 

Andai kita dapat membuat konten video atau foto dalam sehari adalah 10 konten, tentu 10 konten tersebut punya kesempatan yang sama untuk mendongkrak followers yang kamu miliki. 

Semakin konsisten dan semakin banyak konten berkualitas yang kamu buat, semakin mudah orang asing menemukan akun instagram yang kamu miliki.

5. Jangan lupa caption dan hashtag

10 Cara Mudah Menambah Followers Instagram

(foto: longdistancecreator)

Walau Instagram adalah situs sosial media berbagi foto dan video, bukan berarti caption dan hashtag tak berguna. 2 elemen ini bisa jadi senjata pamungkas untuk menambah followers Instagram yang kita miliki. 

Untuk caption, usahakan menulis caption dengan kalimat yang membuat penasaran, informatif, atau mencengangkan.

Sedangkan hashtag akan membantumu untuk menemukan followers sesuai dengan niche yang kamu buat. 

Sebelum membuat hashtag, kamu harus mengecek jumlah pengguna hashtag. Tentu, semakin populer hashtag maka semakin besar peluang konten yang kita miliki tayang. 

Baca juga: 10 Aplikasi Kamus Bahasa Arab, Bisa Terjemahkan Al-Qur’an

6. Percantik feed Instagram

10 Cara Mudah Menambah Followers Instagram

(foto: shopee)

Tak hanya profil, feed atau daftar foto dan video yang kamu unggah harus dibuat cantik dan memiliki nilai seni yang membuat orang lain tertarik. 

Kamu bisa membuat foto dengan tema warna yang sama, atau feed foto yang membentuk sebuah puzzle dan lain sebagainya. Gunakan kreativitasmu untuk mempercantik tampilan utama akun Instagram. 

Tak heran jika beberapa brand menggunakan tema warna tertentu ketika mengunggah foto maupun video. Tujuannya jelas, membuat feed terlihat rapi sehingga memiliki identitas yang menarik dan kuat. 

7. Follow orang asing yang sesuai niche

10 Cara Mudah Menambah Followers Instagram

(foto: wifialtoque)

Jika kamu memiliki niche atau topik tertentu misalkan adalah akun Instagram sepak bola yang setiap harinya memposting foto atau video seputar sepak bola. 

Cara jitu untuk menambahkan followers baru adalah dengan mengikuti orang-orang yang telah menjadi pengikut team besar seperti Arema, Bali United, Persija, Persib dan lain sebagainya. 

Sebagaimana orang berinteraksi, mereka akan lebih senang jika bertemu dengan orang yang nyambung. Begitu pula dengan hal ini. Potensi mereka akan memfollback atau mengikuti kamu juga sangatlah tinggi. 

Nah, agar jumlah followingmu tidak melebihi jumlah followers, kamu bisa mengunfollow sejumlah akun yang telah mengikuti akunmu.

Ini adalah cara gratis yang dapat kamu lakukan untuk sedikit memperkenalkan diri kepada orang asing. 

8. Ikuti trend baru

Ikuti trend baru

(foto: kumparan)

Menjadi indie adalah pilihan, namun kebutuhan pasar adalah soal demand dan supply. Di era serba cepat seperti sekarang ini, kita harus terbiasa dengan perubahan trend. 

Jika kamu ingin mendapatkan impresi yang besar, kamu bisa mengikuti trend yang tengah beredar. Contohnya adalah trend mannequin challenge yang tenar 2017 silam, atau trend yang berhubungan dengan niche. 

Sebuah trend akan sering dicari di kanal pencarian Instagram, syukur-syukur jika konten yang kamu buat ternyata juga viral. 

Dengan begini, akun Instagrammu akan semakin dikenal dan memiliki followers yang bertumbuh naik. 

9. Promosikan di sosial media sebelah

Promosikan di sosial media sebelah

(foto: academy.livescale)

Instagram memiliki keterkaitan yang kuat dengan Facebook. Dua sosial media ini sejatinya bisa digabungkan sehingga ketika kamu memposting foto di Instagram, akan tayang pula di Facebook page milikmu. 

Metode ini akan memperluas jangkauan pemirsa yang tentunya berpotensi besar dapat menjadi pengikut setiamu.

Selain Facebook kamu juga bisa menggunakan Twitter, WhatsApp atau bahkan TikTok sebagai alat untuk promosi gratis. 

10. Beriklan di Instagram 

Beriklan

(foto: teknology.id)

Sejujurnya, ini adalah cara yang paling mudah dibanding 9 cara diatas. Namun, yang mudah tentu perlu modal uang.

Ya! Instagram membuka peluang selebar mungkin bagi kamu untuk mengiklankan foto atau video milikmu agar dilihat oleh banyak orang. 

Tak sembarangan, kamu juga dapat mengatur atau membuat targeting perihal siapa saja orang yang akan melihat konten yang kamu buat.

Dimulai dari rentan umur, gender, kesukaan hingga tempat tinggal mereka saat ini. 

Dengan begini kamu tidak membuang uang secara sia-sia. Iklan akan membantumu menemukan followers yang sesuai dengan apa yang kamu mau. 

Akhir kata

Demikianlah 10 cara mudah untuk menambah followers Instagram. Tentu, ada usaha yang harus kita lakukan secara konsisten agar hasil dapat terasa secara maksimal dan cepat.

Jika, dalam hal memposting foto saja masih suam-suam kuku, tentu sulit bagi kita untuk menambah followers Instagram. Semoga dengan 10 cara di atas, Instagram milikmu melejit dan memiliki banyak pengikut. 

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.