profil

Biografi Steve Jobs, Sang Jenius Pendiri Apple

By  | 

Apple merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang perencanaan, pengembangan dan penjualan. Meliputi elektronik, perangkat lunak komputer, layanan online, perangkat mobile hingga komputer pribadi.

Bermaskas di Cupertino California, Apple didirikan oleh tiga orang. Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne pada 1 April 1976.

Steve Jobs adalah satu dari tiga pendiri Apple. Pria bernama lengkap Steven Paul Jobs tersebut lahir di San Francisco California Amerika Serikat, 24 Februari 1955.

Dikenal dengan Steve Jobs, ternyata nama lahir dari bapak empat anak ini adalah Abdul Lateef. Nama tersebut selaras dengan ayah kandungnya yang asli Suriah, Abdullah Jandali, seorang profesor Ilmu Politik.

Sedangkan ibunya, Joanne Carole Schieble berkebangsaan Amerika Serikat. Nama Steve Jobs sendiri adalah pemberian dari orang tua angkatnya, Paul Reinhold Jobs dan Clara Hagopian Jobs.

Sempat dikeluarkan dari sekolah

Jobs kecil bersekolah di Cupertino Junior High School dan Homestead High School California. Ia adalah siswa populer dari kelas elektronik. Di sekolah itu juga, dia bertemu dengan Steve Wozniak yang memiliki kecintaan yang sama.

Suami dari Laurene Powell tersebut termasuk orang yang pertama kali melihat potensi komersial dari antarmuka penggguna grafis yang digerakkan dari mouse dan selanjutnya dikembangkan di Palo Alto oleh PARC Xerox. Hal ini kemudian mendorong pembuatan Apple Macintosh.

Lulus SMA pada 1972, Jobs lalu diterima di Reed College di Portland Oregon. Namun hanya bertahan satu semester, karena dia dikeluarkan. Ia lalu melanjutkan aduit kelasnya di Reed, dan mempelajari kaligrafi.

1974, Jobs kembali ke California dan menghadiri pertemuan ‘Homebrew Computer Club’ bersama Steve Wozniak. Keduanya bekerja di sebuah perusahaan pembuat permainan komputer, Atari Inc. Di sana dia menjadi perancang permainan.

Salah satu motivasi Jobs bekerja di Atari Inc. karena ia ingin mengumpulkan dana untuk melakukan perjalanan spiritual ke India bersama temannya di Reed College, Daniel Kottke, yang kemudian menjadi pegawai Apple pertama.

Mendirikan Apple Computer saat berusia 21 tahun

Apple Computer sendiri berdiri tahun 1976. Kala itu Jobs baru berusia 21 tahun, sedangkan Steve Mozniak 26 tahun. Komputer pribadi yang dikenalkan diberi nama Apple I.

Satu tahun berselang, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II yang sukses besar di pasar global. Pada 1980, Apple Computer mencatat namanya di bursa efek dengan penawaran saham awal yang sukses. Nama Jobs semakin mendunia. Pada tahun yang sama, Apple Computer mengenalkan Apple III.

Dikenal persuasif dan karismatik bagi Apple, namun banyak yang menilai Jobs orang yang emosional serta mudah berubah pikiran. Imbasnya dia dicopot dari jabatannya dan diusir dari perusahaan yang dia bangun, pada 1985.

NeXT Computer

Lepas dari Apple, Jobs tidak patah arang. Dia lalu mendirikan perusahaan serupa, NeXT Computer yang fokus pada software. Meski produk NeXT Computer berteknologi canggih pada masanya, namun kurang mendapatkan tempat di pasar.

Pada 1996, Apple membeli NeXT. Otomatis Jobs kembali ke perusahaan yang dia dirikan. Setahun setelahnya dia didapuk menjadi pemimpin sementara.

Bersama rekan-rekannya, dia mengembangkan komputer berteknologi canggih, Macintosh atau yang kini dikenal dengan brand Apple Mac.

Mendirikan Pixar Studio

Di tahun 1986, bersama Edwin Catmull, Jobs mendirikan Pixar. Sebuah studio animasi komputer. Pixar berkembang dengan film-film animasi, salah satunya Toy Story.

Sejak satu dekade setelah berdiri, Pixar telah membuahkan film animasi yang sukses di pasaran, yakni Finding Nemo dan The Incredibles.

Steve Jobs Meninggal

Saat didiagnosis terkena tumor kanker pangkreas, dia memilih mengumumkannya sendiri kepada karyawannya di pertengahan 2004. Tumor yang mengenai tubuhnya bukan yang level rendah, melainkan termasuk langka, yakni tumor neuroendoktrin sel islet.

Tumor Neuroendoktrin Sel Islet yang langka bisa berkembang di bagian tubuh manapun. Namun kebanyaan berkembang di paru-paru, usus buntu, usus halus, rektum dan pankreas.

Dia sempat menjalani prosedur Whipple dan berhasil menghilangkan tumor tersebut dan tidak menjalani kemoterapi. Dua tahun setelahnya, Jobs tampil dalam konferensi tahunan Apple.

Saat itu dia terlihat sangat kurus dan hampir kering. Pidatonya yang tidak lagi bersemangat dan terkesan ‘biasa’ memunculkan spekulasi tentang kesehatannya.

Apple lalu mengeluarkan statemen resmi tentang kesehatan Jobs. Disebutkan Jobs mengalami ketidakseimbangan hormon.

Jobs lalu menulis dalam memo internal Apple jika masalah kesehatannya lebih rumit dibanding yang ia bayangkan dan mengumumkan akan cuti enam bulan untuk fokus di kesehatannya.

Perjuangan Jobs untuk sembut belum selesai. Tepatnya April 2009, dia menjalani transplantasi hati di Methodist University Hospital Transplant Institute. Transplantasi kedua dia jalani pada 17 Januari 2011. Agar bisa fokus ke pemulihan, Apple mengumumkan bahwa Jobs diberikan cuti medis.

Jobs meninggal dunia di rumahnya pada 5 Oktober 2011 akibat komplikasi. Dia meninggalkan seorang istri serta empat orang anak.

Biografi Steve Jobs, Sang Jenius Pendiri Apple

(foto: instagram/stevejobssok)

Biodata & Profil

  • Nama Lengkap: Steven Paul Jobs
  • Nama Panggilan: Steve Jobs
  • Tempat, Tanggal Lahir: San Francisco California Amerika Serikat, 24 Februari 1955
  • Wafat: 5 Oktober 2011
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat
  • Pendidikan: Cupertino Junior High School dan Homestead High School California
  • Orang Tua: Abdulfattah Jandali dan Joanne Schieble Simpson (orang tua kandung), Paul Reinhold Jobs dan Clara Hagopian Jobs (orang tua angkat)
  • Saudara: Mona Simpson (adik kandung) dan Patricia Jobs (saudara tiri)
  • Istri: Laurene Powell
  • Anak: Lisa Brennan-Jobs (1978), Reed Jobs (1991), Erin Jobs (1995) dan Eve Jobs (1998)

Fakta – Fakta

  • Tahun 2011, Gubernur California menetapkan tanggal 16 Oktober sebagai Steve Jobs Day
  • Keturunan arab, dari ayahnya yang berkebangsaan Suriah
  • Drop out dari bangku kuliah dan memilih melanjutkan kelas informal, yakni kaligrafi
  • Tidak makan daging, kecuali ikan
  • Menghabiskan 7 bulan di India untuk bereksprimen dengan obat Psychedelic dan mempelajari Zen Buddhisme
  • Sering diprotes rekan kerja karena saat ngantor dia jarang mandi dan bekerja tanpa alas kaki
  • Dididagnosa Kanker Pankreas pada 2003, namun menolak pengobatan medis dan memilih diet vegetarian, akupuntur dan pengobatan herbal
  • Mendirikan Apple Computer saat berusia 21 tahun
  • Dipecat dari Apple dan mendirikan NeXT Computer
  • Mendirikan Pixar Studio yang dikenal dengan film Toys Story dan Fending Nemo