inspirasi

Asal Usul Jurus Kemehameha, Tentang Seorang Raja Pemersatu Kepulauan Hawaii

By  | 

Kalau kamu penggemar cerita Dragon Ball pasti sudah tidak asing lagi dengan jurus Kamehameha. Bahkan jurus ini juga sering ditirukan oleh anak-anak yang menyukainya.

Karena cukup menikmati ceritanya, penonton kemungkinan besar tidak akan bertanya-tanya dari mana pembuat cerita mendapat inspirasi jurus kamehameha.

Tapi apakah kamu sudah tahu bahwa ternyata Kamehameha adalah nama seseorang yang pernah dihormati di Hawaii?

Jadi, bukan sekadar istilah yang unik dan mudah diingat, Kamehameha merupakan simbol kekuatan, persatuan, dan kepemimpinan yang adil.

Baca juga: Gua Ek Luntie, Saksi Bisu Tsunami Purba di Aceh Sejak Ribuan Tahun Lalu

Pembuat komik Dragon Ball terinspirasi saat melihat patung Kamehameha di Hawaii

Asal Usul Jurus Kemehameha, Tentang Seorang Raja Pemersatu Kepulauan Hawaii

(foto: deviantart)

Komik Dragon Ball pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1984. Komik karya Akira Toriyama memang sangat terkenal di dunia.

Bercerita tentang Son Goku yang berusaha untuk mengumpulkan tujuh bola ajaib agar keinginannya terkabul.

Son Goku punya jurus kamehameha yang ikonik dan menjadi andalannya.

Konon pada suatu hari, sebelum membuat cerita Dragon Ball, Akira Toriyama sempat berkunjung ke Hawaii dan memperhatikan patung Kamehameha.

Terinspirasi dengan kisah nyata tokoh Kamehameha, maka Akira Toriyama memakai namanya menjadi sebuah jurus yang penting untuk tokoh komiknya.

Meskipun kamehameha terkesan fiktif dan seolah-olah pertama kali muncul di komik Dragon Ball, ternyata nama sosok Kamehameha pernah disebut di dalam beberapa literatur Hawaii.

Sejak kecil sudah dibentuk jadi prajurit yang kuat dan pemberani

Asal Usul Jurus Kemehameha, Tentang Seorang Raja Pemersatu Kepulauan Hawaii

(foto: pearlharbortour)

Kamehmeha adalah seorang raja yang pernah sukses menyatukan wilayah Hawaii. Diperkirakan, ia lahir pada November 1758. Ia termasuk anggota keluarga kerajaan di Kohala Utara.

Kelahirannya tidak berselang lama dengan munculnya komet Halley. Menurut kepercayaan setempat, seorang pemimpin yang lahir bersamaan dengan jatuhnya komet, maka akan mempersatukan wilayah kepulauan yang besar.

Sejak masih muda, lingkungannya sudah membentuknya jadi prajurit yang berbadan kuat, tinggi, penuh keberanian, bahkan sampai dijuluki Dewa Perang.

Salah satu bentuk keberaniannya saat masih muda adalah pertempuran yang terjadi pada tahun 1778.

Kamehameha pernah menghadapi pertempuran melawan pasukan Inggris yang dipimpin James Cook. Dalam pertempuran itulah, James Cook meregang nyawa.

Baca juga: Legenda Menehune, Makhluk Kerdil yang Cekatan Tapi Pemalu

Mampu menundukkan setiap kerajaan dengan kekuatan fisik dan mentalnya

Asal Usul Jurus Kemehameha, Tentang Seorang Raja Pemersatu Kepulauan Hawaii

(foto: timetoast)

Sejak tahun 1700-an, kepulauan Hawaii berbentuk kerajaan-kerajaan. Masing-masing pulau memiliki kerajaan dan pemerintahan sendiri. Konflik antar kerajaan sudah menjadi hal biasa.

Tapi situasinya berubah sejak kehadiran Kamehameha. Para leluhur sejak dulu sudah memberi kabar bahwa wilayahnya akan dipersatukan oleh seorang anak yang lahir bertepatan dengan jatuhnya benda raksasa dari langit.

Karena itu, ia dipercaya untuk menggunakan kekuatannya menghadapi banyak situasi. Usahanya yang ingin mempersatukan Hawaii dilakukan dengan terstruktur.

Dengan kekuatan fisik dan mentalnya, ia mulai menundukkan setiap kerajaan.

Masyarakat Hawaii mempercayainya untuk menjadi seorang raja yang adil

Asal Usul Jurus Kemehameha, Tentang Seorang Raja Pemersatu Kepulauan Hawaii

(foto: pinterest)

Tidak hanya dipercaya leluhur karena waktu kelahirannya, masyarakat pun mempercayainya. Apalagi setelah melihat Kamehameha mampu memindahkan batu yang merupakan batuan vulkanik seberat 2 ton.

Hampir semua masyarakat meyakini bahwa siapa saja yang bisa memindahnya dengan kekuatan khusus yang tidak dimiliki orang lain, maka dialah yang akan jadi pemimpin di Hawaii.

Setelah mempersatukan semua kerajaan yang ada di Hawaii, ia diangkat jadi raja yang adil. Setelah menjadi raja, gejolak terus muncul dari berbagai penjuru.

Kamehameha mampu mengatasinya sampai tutup usia di tahun 1819. Untuk mengenang jasanya, di Hawaii ada jalan raya yang diberi nama Kamehameha Highway.