kpop

9 Idol yang Terlibat Langsung dalam Pembuatan MV Mereka, Ada Tiffany SNSD & Suga BTS

By  | 

Industri KPop telah berkembang pesat dalam proses pembuatan musik sepanjang waktu. Dahulu, idol hanyalah artis yang berlatih keras untuk memberikan yang terbaik di atas panggung mengikuti agensi mereka dalam hal suara, konsep, koreografi, dan lain sebagainya.

Namun, seiring perkembangan jaman, idol memiliki banyak peluang untuk mengendalikan pembuatan musik yang berhubungan dengan mereka secara pribadi dan memiliki lebih banyak kebebasan dalam mengekspresikan apa yang mereka inginkan.

Berikut ini adalah beberapa idol yang turut serta dalam pembuatan MV mereka secara langsung.

Baca juga: 10 Pesona Go Ara, Pianis Manis di Drama Do Do Sol Sol La La Sol

1. Kim Heechul Super Junior

Kim Heechul pernah debut sebagai seorang sutradara pada tahun 2011 dengan merilis video klip berjudul Close Ur Mouth dan berduet dengan Kim Jungmo.

Selain lagu tersebut, beberapa lagu juga telah ia sutrdarai sendiri, diantaranya I Wish, Narcissus, dan Ulsanbawi.

Bahkan idol berusia 37 tahun ini juga memakai topi sutradaranya untuk membuat video klip Sweet Dream, lagu tersebut adalah lagu kalaborasinya bersama acara variety show yang berjudul Ask Us Everything dimana idol kelahiran Wonju, Korea Selatan tersebut menjadi anggota tetap.

2. Amber Liu F(X)

Amber Liu memang dikenal dengan kecerdasannya dalam bermusik. Ia terlibat langsung dalam mengarahkan music videonya.

Borders adalah music video pertamanya yang memperoleh kesuksesan, kemudian ia juga turut serta dalam pembuatan video klip ulang tahun yang dibuatnya untuk F(X) dan masih banyak lagi video klip lainnya yang ia buat.

Idol yang memiliki tinggi 167 cm ini berkali-kali memperlihatkan bakat visualnya melalui perilisan musiknya.

3. Im Seulong 2AM

Partisipasi Im Seulong di album karyanya sendiri yang berjudul Normal, tak hanya sebatas menciptakan lirik lagu karena ia juga ikut andil dalam mengarahkan video klip Tell Me Baby dan Mood Swing.

4. Crayon Pop

Crayon Pop juga ikut menerapkan semua konsep yang ada dibenak mereka. Jadi pada akhirnya, mereka ikut andil atas proses album mereka sendiri.

Seperti saat mereka membuat album DIY, para membernya ikut serta mengarahkan video pra-rilis untuk single Vroom Vroom mereka.

5. Jackson Wang

Penggemar terus dibuat terkagum-kagum dengan pekerjaan Jackson yang selalu melebihi ekspektasi dalam musik solonya.

Saat ini, idol yang berasal dari Hongkong tersebut telah banyak menghibur penggemar dengan membuat music video dan lirik lagu yang dibuat sendiri.

Bahkan ia juga turut serta mengedit hasil videonya sendiri untuk perilisan lagu terbarunya yang berdujul Pretty Please. Satu hal yang pasti, hasilnya lumayan menyenangkan.

Baca juga: 4 Bintang Cilik yang Terlihat Mirip dengan Idol KPop

6. Tiffany SNSD

Setelah debut solonya di Amerika Serikat, Tiffany tidak segan-segan berpartisipas langsung dengan berbagai karyanya diseluruh musik dalam hal penulisan lirik hinga produksinya.

Dengan single Magnetic Moon, idol yang mempunyai nama lengkap Stephanie Young Hwang ini melangkah lebih jauh dengan menciptakan konsep untuk proyeknya dan juga bertanggung jawab dalam mengarahkannya.

7. Agust D

Agust D atau Suga BTS adalah seorang produser dan penulis lirik berbakat, dan kali ini ia menyalurkan keterampilannya dalam menjadi seorang sutradara.

Saat mempersiapkan Daechwita, ia bertemu dengan sutradara untuk merencanakan pembuatan video musik.

Idol yang menduduki posisi rapper digrupnya tersebut secara khusus meminta set drama sejarah dan beberapa idenya yang akhirnya dimasukkan ke daalam adegan, seperti bekas luka di wajahnya dan kontras antara oengaturan tradisional dan modern.

8. Bang Yong Guk B.A.P

Bang Yong Guk adalah seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, dan produser.

Ia menambahkan daftar pencapaianya saat menjadi sutradara dalam video klip AM 4:44 dimana ia memiliki pengaruh penting pada aspek pembuatan film, pengeditan, dan karya seni dari video klip tersebut.

9. (G)I-DLE

Grup yang diisi member dengan visual memikat ini telah membawa industri KPop dengan berbagi konsep Girl Crush yang mereka bawakan.

Setelah berbagai kompetensi membuat dan memperoduksi, bakat mereka semakin berkembang kala turut serta dalam pembuatan music video yang berjudul Blow Your Mind. Mereka menjadi sutradara dalam pembuatan video klip tersebut.

Selain menguasai performance mereka di atas panggung, mereka juga ahli dalam peran mereka di balik layar. Sungguh sangat berbakat kan?