lifestyle

6 Cara Simpel dan Efektif Menghemat Gaji Bulanan

By  | 

Menabung adalah suatu keharusan agar uang tidak cepat habis, untuk berbagai kebutuhan dadakan dan untuk mewujudkan berbagai rencana lainnya dalam hidup.

Ada berbagai sumber tabungan misalnya uang jajan dan juga gaji bulanan. Tapi sayangnya karena berbagai kebutuhan dan juga keinginan yang begitu banyak, tanpa disadari gaji bulanan cepat habis akhirnya tidak bisa menabung deh.

Kalau terus menerus seperti ini, bisa dipastikan saat hari tua kamu akan mengalami kesulitan keuangan. Maka dari itu belajarlah untuk menghemat gaji bulanan.

Jika kamu sudah berusaha hemat tapi belum berhasil, coba deh beberapa cara simpel dan efektif yang berikut yang dilansir dari RentoMojo.

Baca juga: Gak Cuma Fisik, Ini 9 Tanda yang Menunjukan Bahwa Kamu Cantik!

1. Pantau uang masuk dan keluar

Cara Simple Dan Efektif Menghemat Gaji Bulanan

(foto: freepik)

Saat gaji bulanan cair, segera lakukan pemantauan terhadap uang masuk dan juga keluar. Meskipun tergoda untuk membelanjakan gaji yang ada, kamu harus menahannya dan berani berkata “tidak”!

Catat setiap gaji yang masuk dan pada catatan tersebut buatlah dua kategori yaitu kategori tetap dan kategori variabel.

Pada kategori tetap ini berisi berbagai pengeluaran yang diperlukan setiap bulannya seperti menyewa kontrakan, membayar tagihan listrik, belanja bahan pokok dan lain sebagainya yang bersifat kebutuhan.

Sedangkan pada kategori variabel berisi pengeluaran yang sifatnya keinginan dan belum tentu dalam sebulan kamu akan mengeluarkan biaya tersebut seperti liburan, makan di restoran mewah, belanja pakaian dan lainnya.

2. Buat anggaran

Cara Simple Dan Efektif Menghemat Gaji Bulanan

(foto: unsplash/danez1)

Buatlah anggaran agar kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan gaji. Anggaran yang dimaksud ini, setidaknya dalam satu bulan gaji kamu menghemat 30% nya.

Jika saat dihitung-hitung 30% tidak cukup, cobalah pikirkan untuk lebih memperhatikan pengeluaran apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan.

3. Lunasi hutang

Cara Simple Dan Efektif Menghemat Gaji Bulanan

(foto: unsplash/travisessinger)

Jika kamu memiliki hutang, segeralah lunasi dan jangan menundanya. Dengan menundanya akan ada banyak uang yang akan kamu keluarkan untuk bunganya.

Pembayaran hutang tersebut dananya bisa kamu dapat dari 5% tabungan. Melunasi hutang lebih cepat juga akan sangat membantu hidupmu kedepannya.

Tapi sebaiknya hindarilah hutang, karena akan sangat merugikanmu apalagi dengan bunga yang besar.

Baca juga: Baru Belajar Masak? 7 Tips Ini Akan Membuat Masakan Lebih Enak

4. Siapkan dana darurat

Cara Simple Dan Efektif Menghemat Gaji Bulanan

(foto: freepik)

Setelah menyisihkan sebagian kecil dana untuk membayar hutang dari tabungan, selanjutnya kamu perlu menyiapkan dana darurat.

Nah, dana darurat ini bisa kamu dapatkan 5% juga dari uang tabungan yang ada. Kegunaan dari dana darurat adalah jika sewaktu-waktu kamu sakit, atau mengalami kecelakaan bisa menggunakan dana darurat ini.

Tentunya dana darurat ini akan sangat membantu kamu jika mengalami situasi keuangan yang buruk.

5. Cari penghasilan tambahan

Cara Simple Dan Efektif Menghemat Gaji Bulanan

(foto: unsplash/christinhumephoto)

Sekarang ini jamannya orang-orang punya lebih dari satu pekerjaan lho! Ya, kamu juga bisa seperti itu.

Cobalah beberapa kerja sampingan yang akan membantu kamu menghasilkan uang tambahan dari kerja freelance ataupun dengan membuka usaha seperti sablon, catering ataupun kue kering.

Sedangkan untuk kerja freelance kamu bisa mencoba di berbagai situs yang menyediakan berbagai lowongan kerja freelance.

6. Investasi

Cara Simple Dan Efektif Menghemat Gaji Bulanan

(foto: freepik)

Investasi ini sangat penting lho, meskipun membutuhkan modal yang cukup besar tapi keuntungannya bisa kamu rasakan di beberapa tahun mendatang.

Bahkan ketika kamu pensiun nanti, investasi akan sangat berguna untuk kehidupan hari tua dan biaya pendidikan anak-anak.

Apalagi sekarang ini ada juga investasi dengan modal hanya Rp 50 ribu aja, dengan begitu pastinya akan sangat meringankan kamu bukan?

Tentunya menghemat gaji bulanan memang sangat bermanfaat untuk kehidupanmu. Yang paling penting janganlah menghabiskan semua gajimu untuk membeli berbagai keinginan yang tidak penting. Selamat mencoba beberapa cara diatas ya!