. ";s:18:"ihaf_insert_footer";s:0:"";s:16:"ihaf_insert_body";s:0:"";s:21:"_transient_doing_cron";s:33:"1596417378.3123149871826171875000";}}

inspirasi

5 Kasus Kepribadian Ganda Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Terlibat Kasus Kriminal

By  | 

Dissociative Identity Disorder atau gangguan identitas disosiatif atau yang lebih akrab dikenal sebagai kepribadian ganda merupakan keadaan jiwa seseorang yang mengembangkan lebh dari satu kepribadian dalam dirinya.

Pasien yang mengidap kepribadian ganda biasanya disebabkan karena pengalaman traumatis di masa kecil. Pengalaman traumatis itu bisa secara fisik maupun verbal.

Dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, dalam satu tubuh, pasien bisa mengembangkan puluhan bahkan ratusan kepribadian. Kepribadian-kepribadian ini menguasai kesadaran si pemilik asli secara bersamaan.

Fenomena ini termasuk dalam golongan kontroversial. Baik dalam ranah psikiatri maupun hukum. Hal ini lantaran ada beberapa kasus yang mencuat ke publik dan menjadi pemberitaan besar lantaran si pemilik tubuh tersandung kasus hukum yang sering kali tak disadarinya sendiri.

Beberapa kisah bahkan ada yang diangkat menjdi buku dan film. Berikut kasus kepribadian ganda yang fenomenal dilansir dari Psyche.

Baca juga: Keunikan Suku Baduy, Menjunjung Tinggi Adat & Ingin Wilayahnya Dihapus dari Tujuan Wisata

Billy Milligan, memiliki 24 kepribadian dan kisahnya diadaptasi menjadi buku

Kasus Kepribadian Ganda Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Terlibat Kasus Kriminal

(foto: merdeka)

William Stanlet Milligan atau yang lebi dikenall dengan Billy Milligan sempat menghebohkan lantaran melakukan tindak kriminalitas. Kausnya menuat pada tahun 70-an di Amerika Serikat.

Billy disebut sebagai pelaku pencurian, penyerangan dan pemerkosaan. Tentu bukan diri Billy yang melakukannya, tetapi Adalana, wanita lesbian yang ada dalam tubuhnya.

Menjalani serangkaian tes, Billy diketahui memiliki 24 kepribadian. Ia akhirnya dibebaskan lantaran gangguan psikologis yang dialami.

Namun ia diharuskan menghabiskan waktu 10 tahun di institusi kejiwaan. Dibebaskan tahun 1988, Billy meninggal di panti perawatan Ohio tahun 2014.

Kisah Billy telah diadaptasi dalam bentuk buku, The Minds of Billy Milligan dan Billy Milligan’s War oleh Daniel Keyes. Kisah ini juga telah diadaptasi dalam bentuk film berjudul Split pada 2016.

Shirley Ardell Mason, memiliki 16 kepribadian dan kisahnya dibuat film

Kasus Kepribadian Ganda Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Terlibat Kasus Kriminal

(foto: alchetron)

Sebelum kasus Billy Milligan mencuat, rupanya Amerika Serikat sempat dihebohkan dengan kasus Ardell Mason yang disebut memiliki 16 kepribadian.

Kasus ini lebih dikenal dengan nama Sybil lantaran sempat dibukukan dengan judul Sybil: The True and Extraordinary Story of Woman Possessed By Sixteen Separate Personalities. Di buku inilah namanya disamarkan menjadi Sybil Isabel Dorset.

Menurut psikoanalis yang menanganinya, Corneli B. Wibur, kepribadian Shirley terdiri dari beragam umur dan sifat lantaran siksaan fisik yang ia terima dari sang ibu.

Ada pria yang bernama Sid dan Mike, sosok berkebangsaan Prancis dan kepribadian yang masih bayi. Kisah Shirley juga pernah dibuat film dengan judul Sybil pada 1976 dan dibuat ulang pada 2007.

Truddi Chase, memiliki 92 kepribadian dan saling mengenal satu sama lain

Kasus Kepribadian Ganda Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Terlibat Kasus Kriminal

(foto: alchetron)

Biasanya kepribadian yang ada saling memperebutkan tubuh, berbeda dengan kepribadian dalam diri Truddi yang justru menyadari kehadian satu sama lain dan tak berbenturan. Ia bahkan menyebut mereka sebagai pasukan dan menghargai eksistensi 92 kepribadiannya.

Terkait dengan masa lalunya, ia mengaku sempat dilecehkan secara seksual dan fisik oleh ayah tiri saat ia berusia 2 tahun sedangkan sang ibu melampiaskan emosi padanya saat berumur 12 tahun.

Usai memeriksakan diri ke psikiater, ia menemuka ada 92 kepribadian dan yang termuda adalah gadis 5 tahun bernama Lamb Chp dan tertua adalah Ean, penyair dan filsuf Irlandia berusia seribu tahun.

Truddi dan terapisnya sempat menuliskan manuskrip berjudul When Rabbit Howl terkait kisahnya dan diterbitkan pada 1987.

Tulisan ini juga diadaptasi menjadi miniseri berjudul Voice Within pada 1990. Truddi pernah diundang di acara Oprah Winfrey dan meninggal dunia pada 10 Maret 2010.

Baca juga: Mengenal Room 39, Organisasi Misterius Korea Utara yang Bertugas Pertahankan Harta Kim Jong Un

Chris Costner Sizemore, miliki 22 kepribadian dan nyaris membunuh bayinya sendiri

Kasus Kepribadian Ganda Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Terlibat Kasus Kriminal

(foto: newday)

Chris datang dari keluarga bahagia, namun kejadian traumatis melihat jasad pria yang dikenalnya ditarik dari selokan, memicu munculnya kepribadian lain dalam dirinya.

Ketika dewasa, kepribadian lain muncul. Bahkan kepribadian bernama Eve Black berusaha untuk mencekik bayinyayang baru lahir namun beruntung dihentikan kepribadian lain.

Chris dirawat 8 psikiater dalam waktu 25 tahun dan terkuaklah 22 kepridian. Setelah menjalani 4 tahun terapi dengan Dr. Tony Tsitos, kepribadiannya menjadi satu pada 1974. Kisahnya diadaptasi dalam sebuah buku berjudul The Three Faces of Eve dan diadaptasi dalam film pada 1975.

Louis Vivet, orang pertama yang disebut miliki kepribadian ganda

Kasus Kepribadian Ganda Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Terlibat Kasus Kriminal

(foto: jadiberita)

Louis Vivet disebut sebagai orang pertama yang didiagnosa menderita kepribadian ganda. Ia dilahirkan pada 1863 di Paris dari seorang ibu tuna susila dan kerap memukulinya.

Ia sudah melakukan kejahatan sejak usia 8 tahun dan tinggal di lembaga permasyarakatan hingga 19 tahun. Kepribadian lain muncul ketika ia berusia 17 tahun.

Louis melakukan serangkaian perawatan kejiwaan, seperti hipnotis dan metaloterapi. Akhirnya dokter mendiagnosis dirinya memiliki 10 kepribadian dengan sifat dan kisah hidup yang sangat berbeda. ia terakhir diketahui dirawat di Bicetre Hospital, Paris pada 1886.

Tak diketahui kapan dan bagaimana ia meninggal. Kisah inilah yang menginspirasi Robert Louis Stevenson untuk menulis novel klasik berjudul The Strange Case of Dr. Jekkyl and Mr. Hyde.