1919 Yu Gwan-Sun, Kisah Para Aktivis Perempuan Pejuang Kemerdekaan Korea

film

1919 Yu Gwan-Sun, Kisah Para Aktivis Perempuan Pejuang Kemerdekaan Korea

By  | 

1919 Yu Gwan-Sun merupakan film keluaran Korea Selatan yang dirilis pada 14 Maret 2019. Film bergenre dokumenter ini diarahkan oleh sutradara Shin Sang Min.

Beberapa karakter dan tokohnya diperankan oleh; Lee Sae Bom sebagai Yoo Kwan Soon, Kim Na Ni sebagai Kwon Ae Ra, Jang Se Ah sebagai Shin Kwan Bin, Park Ja Hee, Na Ae Jin, dan Moon Bo Ram.

Film ini mengeksplorasi kehidupan aktivis kemerdekaan perempuan yang berperang melawan pendudukan Jepang di Korea Utara dan Selatan.

Baca: Pohang Harbor, Rekayasa Kematian Untuk Mengungkap Keberadaan Sang Ayah

Dikisahkan juga para tokoh seperti Yu Gwan Sun, Eo Yoon Hee, Kwon Aera, Shim Myung Chul, Noh Soon Kyung, Lim Myung Ae, dan Shin Kwan Bin.

Yu Gwan Sun yang lahir di tahun 1902 dan meninggal tahun 1920, semasa ia hidup merupakan pelajar yang giat dan menjadi pengajar di kampung halamannya kepada warga setempat. Ia mengenalkan ilmu pengetahuan barat dan geografi.

1919 Yu Gwan-Sun, Kisah Para Aktivis Perempuan Pejuang Kemerdekaan Korea

(foto: hancinema)

Yu Gwan Sun juga berperan dalam peristiwa Samil Undong yakni pergerakan mempersatukan seluruh negeri dalam upaya kemerdekaan. Ia dan teman-temannya yang ikut berdemo ditangkap polisi.

Ia jugalah yang membawa obor untuk menggerakkan aksi demonstrasi dan membaca deklarasi pada 1 Maret 1919.

Baca juga: Film Korea ‘Granny Poetry Club,’ Kehidupan Bertabur Puisi di Tengah Kondisi Buta Aksara

Ia kemudian ditahan dan dihukum penjara dengan menerima siksaan. Karena siksaan di penjara, ia gugur sebagai pahlawan di usia yang masih muda yakni 18 tahun.

Nah, bagi para penggemar film Korea bertema sejarah dan perjuangan, akan sangat disayangkan apabila sampai melewatkan film yang satu ini. Yuk daripada penasaran, intip trailernya dulu berikut ini!

Loading...