lifestyle

10 Gerakan Yoga Mata yang Ampuh Mengatasi Mata Lelah

Penulis:   | 

Mata perih, berair hingga tegang cenderung dirasakan hampir setiap orang. Hal itu menjadi kode karena mata mulai lelah terhadap aktivitas.

Bayangkan, berapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk menatap layar komputer, televisi bahkan handphone?

Padahal, mata sama halnya dengan organ tubuh yang lain. Karena itu, penting bagi kita untuk menaruh perhatian lebih pada organ vital yang satu ini. Pasalnya jika terus diabaikan, ragam masalah dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat mata. Melakukan yoga mata misalnya. Asal tahu saja, yoga mata bisa merangsang otot di sekitar bola mata, loh! Langkah ini membantu kamu dalam melenturkan kedua bola mata.

Lantas, gerakan apa saja yang dianjurkan dalam melakukan yoga mata? Bagaimana pula caranya? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: 10 Makanan Anti-Aging yang Bisa Bikin Wajah Muda Terus

1. Sebagai pemanasan, pejamkan mata selama 30 – 60 detik

10 Gerakan Yoga Mata yang Ampuh Mengatasi Mata Lelah. Apa Saja?

(foto: pexels/taina)

Sebelum melakukannya, kamu disarankan untuk mengambil posisi duduk yang nyaman. Namun perlu diingat, badan dan bahu kamu tidak boleh dalam keadaan bungkuk.

Di samping itu, kamu pun harus rileks, sehingga singkirkanlah pikiran yang bisa mengganggu.

Jika sudah dalam posisi tenang, pejamkan mata dan tarik nafas secara teratur. Lakukan selama 30 – 60 menit, kemudian rasakan aliran darah yang mengalir di area mata.

2. Berlatih untuk memfokuskan pandangan

10 Gerakan Yoga Mata yang Ampuh Mengatasi Mata Lelah. Apa Saja?

(foto: pexels/douglas)

Terlalu lama menatap gadget membuat pandangan buram. Bahkan, di beberapa waktu pandangan cenderung berkunang-kunang.

Untuk mengatasinya, cobalah ambil benda apapun yang bisa dijadikan objek. Kemudian, taruh benda tepat di hadapan mata.

Jika sudah, tatap benda tersebut selama kurang lebih 5 – 10 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak empat kali. Tujuannya agar membantu otot mata kian melentur.

3. Berlatih berkedip cepat

10 Gerakan Yoga Mata yang Ampuh Mengatasi Mata Lelah. Apa Saja?

(foto: pexels/harry)

Selain membersihkan kedua bola mata, berkedip cepat juga membantu untuk melembabkan mata. Sebab, mata yang kering memicu terjadinya perih dan rasa gatal.

Caranya, beberapa kali kedipkan mata dengan cepat. Setelah itu, tutup mata selama 20 detik sembari bernapas teratur. Untuk mendambakan mata yang sehat, lakukan metode ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.

4. Gerakkan bola mata ke atas dan ke bawah

10 Gerakan Yoga Mata yang Ampuh Mengatasi Mata Lelah. Apa Saja?

(foto: pexels/nathan)

Tak dapat dipungkiri, saat mengerjakan sesuatu mata lebih gampang lelah. Untuk menyiasatinya, coba gerakkan mata ke atas dan ke bawah minimal selama lima detik.

Pertama-tama, semaksimal mungkin gerakkan bola mata ke atas. Kemudian, diamkan selama lima menit. Jika sudah, gerakkan bola mata ke bawah dan diamkan selama lima detik pula.

Agar khasiatnya bisa dirasakan, lakukan metode ini selama lima kali. Kemudian, akhiri dengan memejamkan mata selama kurang lebih lima detik.

Dijamin deh! perlahan pandanganmu jauh lebih baik karena otot mata sudah kembali melentur.

5. Tingkatkan kemampuan otot dengan menggerakkan bola mata ke kanan atas dan kiri bawah

10 Gerakan Yoga Mata yang Ampuh Mengatasi Mata Lelah. Apa Saja?

(foto: pexels/natalia)

Selain rutin mengonsumsi vitamin A, kamu juga perlu melakkukan yoga untuk melatih otot mata. Caranya pun erbilang mudah.

Pertama, gerakkan mata ke sudut kanan dan tahan selama tiga detik. Setelah itu, gerakkan mata ke arah kiri bawah dan tahan selama tiga detik.

Jika sudah selesai, akhiri yoga dengan memejamkan mata selama lima detik. Jangan lupa lakukan metode ini setidaknya empat kali dalam sehari, ya.

Baca juga: Ingin Mahir Bahasa Korea? Simak 10 Tips Berikut

6. Otot mata kaku? Lakukan peregangan dengan menggerakkan bola mata ke kiri atas dan kanan bawah

10 Gerakan Yoga Mata yang Ampuh Mengatasi Mata Lelah. Apa Saja?

(foto: pexels/victor)

Metode ini bisa kamu lakukan saat sedang bersantai. Caranya simple! kamu hanya perlu menggerakkan bola mata ke sisi kiri atas selama tiga detik. Kemudian lakukan hal yang sama ke arah kanan bawah.

Sama seperti metode di atas. Gerakan ini perlu diulangi setidaknya empat kali dalam sehari. Dijamin deh! kedua bola mata akan terasa lebih lentur dan ringan.

7. Lakukan gerakan melingkar

10 Gerakan Yoga Mata yang Ampuh Mengatasi Mata Lelah. Apa Saja?

(foto: unsplash/amanda)

Bukan hanya tangan ataupun kaki. Kedua bola mata juga perlu digerakkan ke seluruh arah dengan gerakan melingkar. Lihat lah ke arah atas, kanan, bawah, kiri dan kembali ke posisi semula.

Hendaknya gerakan ini dilakukan sebanyak lima kali. Setelah itu, jangan lupa pejamkan mata agar kedua bola mata tetap rileks.

Siapa sangka, jika rutin dilakukan penglihatan akan lebih jelas. Jangan lupa dicoba, ya!

8. Manjakan mata dengan kompres air hangat

10 Hal yang Ampuh Mengatasi Mata Lelah. Apa Saja?

(foto: pexels/yassin)

Sebenarnya, ada cara simple untuk melakukan metode ini. Kamu hanya perlu menggosok kedua telapak tangan hingga terasa panas. Setelah itu, letakkan telapak tangan ke arah mata yang terpejam.

Rasakan lah sensasi hangat yang membuat kamu nyaman. Lakukan metode ini saat sebelum tidur agar otot mata kian rileks. Ssstt, metode ini juga membantu untuk tidur lebih cepat, loh! cocok bagi kamu yang insomnia.

9. Memijat area kelopak mata

10 Hal yang Ampuh Mengatasi Mata Lelah. Apa Saja?

(foto: pexels/andres)

Sudah menjadi rahasia umum, pijat menjadi salah satu metode untuk meredakan tekanan. Pasalnya, pijat bisa merangsang peningkatan aliran darah, sehingga ampuh mengatasi ketegangan.

Untuk mengatasi mata yang lelah, mulailah memijat kelopak mata dengan menggunakan tiga jari. Ulangi gerakann agar kelopak mata termanjakan.

10. Luangkan waktu untuk beristirahat

10 Hal yang Ampuh Mengatasi Mata Lelah. Apa Saja?

(foto: pexels/ismael)

Memang, bekerja mengharuskan untuk menatap layar komputer ataupun laptop. Tetapi, jika dilakuka terus-menerus tentu membuat mata kian lelah.

Agar kesehatan mata tetap terjaga, hendaknya sisihkan waktu untuk beristirahat. Caranya, bisa menggunakan metode 20:20:20.

Artinya, setiap 20 menit alihkan pandangan dari layar komputer, kemudian pusatkan pada objek sejauh 20 kaki atau sekitar enam meter. Lakukan metode ini selama 20 detik.

Itulah beberapa gerakan yoga mata yang bisa kamu lakukan di mana saja. Yuk, sama-sama menjaga kesehatan mata. Selamat mencoba!

Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments