teknologi

YouTube Vanced, Nonton Video Gratis Tanpa Iklan

Penulis:   | 

Nonton Video melalui Youtube Vanced – Pada YouTube kita akan menemukan iklan yang muncul sebelum atau ketika kita menonton video. Ada kalanya, iklan yang muncul sangatlah mengganggu dan membuat pengalaman menonton sedikit terganggu.

Pas lagi seru-serunya, eh tiba-tiba iklan muncul. Hal-hal seperti ini kadang bisa menurunkan mood ketika menonton video.

Untuk dapat menonton video tanpa iklan kamu harus berlangganan YouTube Premium yang menawarkan fitur advanced atau fitur lebih dari YouTube biasa. YouTube premium sendiri dihargai dengan harga 60.000 rupiah untuk satu bulannya.

Harga yang relatif mahal untuk para pelajar seperti mahasiswa atau pun bagi kaum rebahan yang tak kunjung mendapatkan panggilan kerja.

Berdasarkan kasus itulah, YouTube Vanced diciptakan. Berbekal aplikasi ini kamu dapat menonton Video pada YouTube layaknya pengguna YouTube premium. Kok bisa?

Kami akan ulas fitur serta kekurangan dan kelebihan dari aplikasi ini.

Baca juga: 5 Aplikasi Spam Chat WhatsApp (Bom Chat WA), Bikin Temanmu Heboh

Apa itu YouTube Vanced?

YouTube Vanced adalah aplikasi YouTuve mod yang telah dimodifikasi sedemikian rupa, menyerupai YouTube Premium.

Pengembangnya bukanlah perusahaan besar melainkan hasil kolaborasi beberapa developer yakni xfileFIN, KevinX8, ZaneZam dan Laura Almeida.

Untuk saat ini, YouTube Vanced menggunakan GitHub sebagai repository code dari aplikasi YouTube Vanced serta memiliki license GPL  yang artinya, YouTube Vanced adalah aplikasi open source yang bebas dikustomisasi.

Pada paket penginstalannya, kamu akan mendapatkan YouTube Vanced dan YouTube Music Vanced yang sama-sama memberikan fitur premium kepada penggunanya. Ada pula MicroG yang berfungsi untuk melakukan kustomisasi pada dua aplikasi utama tersebut.

Aplikasi ini masih terus dikembangkan hingga saat ini, dan kamu dapat melihat pembaharuan pada YouTube Vanced Manager meliputi pembaharuan untuk YouTube Vanced Video, Music ataupun MicroG.

Selain itu, ada pula pengaturan tambahan yang tidak akan pernah kamu dapat ketika menggunakan YouTube Original.

Untuk lebih jelas membahas mengenai fitur yang dihadirkan, berikut akan kami ulas fitur yang dihadirkan.

YouTube Vanced, YouTube Gratis Tanpa Iklan!

(foto: YouTubeVanced)

Fitur yang diusung YouTube Vanced

Pada situs resminya, kita akan menemukan informasi mengenai fitur-fitur yang diusung oleh aplikasi ini.

Akan tetapi, apa yang kami sampaikan adalah ulasan dari apa yang kami rasakan ketika melakukan testing secara langsung dengan menggunakan aplikasi YouTube Venced.

1. Amoled black theme

UI atau tampilan aplikasi ini mengusung ide desain dark atau gelap untuk mengurangi radiasi ponsel yang beresiko merusak mata. Selain itu, tampilan yang gelap juga membuat baterai smartphone awet.

2. Tidak ada iklan

Seperti yang telah kami sampaikan, aplikasi memblokir iklan yang muncul saat menonton Video. Kamu benar-benar tidak menemukan iklan saat menggunakan aplikasi ini.

3. Picture in picture

Fitur milik YouTube Premium ini, berhasil disematkan pada aplikasi ini. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan video floating atau mengambang saat aplikasi YouTube ditutup.

4. Swipe gesture

Lewat fitur ini, pengguna dapat mengontrol kecerahan layar hanya dengan mengusap layar ke atas dan ke bawah seperti yang sering kita lakukan pada video player VLC atau pun MX Player.

5. Auto-repeat

Aplikasi ini juga menghadirkan fitur auto-repeat yang memungkinkan pengguna untuk mengulang video seperti musik secara otomatis.

Fitur di atas terdengar menarik bukan? Kamu bisa merasakan sensasi dan menikmati semua fitur YouTube Premium tanpa perlu merogoh kocek sepeser pun.

Namun selayaknya aplikasi, tentu ada kekurangan dan kelebihan yang dihadirkan. Lantas apa saja? Mari kita simpulkan kelebihan dan kekurangannya.

YouTube Vanced, YouTube Gratis Tanpa Iklan!

(foto: YouTubeVanced)

Kelebihan

1. Fitur premium 

Menawarkan fitur premium dalam satu paket penginstalan yakni tidak ada iklan, tampilan picture in picture dan tampilan warna yang dapat dikustomisasi.

2. YouTube Music

Menyediakan YouTube Music Vanced dengan fitur yang premium, tidak ada iklan ketika mendengarkan musik apa pun serta dapat menayangkan hanya audio pada YouTube Music. Selain itu, YouTube Music Vanced dapat memutar lagu pada background atau saat aplikasi ditutup.

3. High-Resolution

Tampilan resolusi video hingga 4K untuk semua perangkat yang dapat dihubungkan dengan ponsel kita.

4. Bisa lihat dislike

Kita tahu, YouTube telah menyembunyikan jumlah disklike atau tombol tidak suka pada aplikasinya. Namun, ada kalanya kita ingin melihat jumlah tersebut, untuk melihat sebuah kualitas konten.

Kamu dapat mengaktifkan fitur Return YouTube Dislike dan melihat kembali jumlah dislike dari setiap video di YouTube.

5. Pengaturan sponsor block

Seperti yang telah kami sampaikan, aplikasi memblokir iklan yang biasanya muncul. Namun, tak hanya memblokir iklan asal-asalan, pengguna juga diberikan privilege untuk mengatur jenis iklan apa saja yang diblokir.

YouTube Vanced, YouTube Gratis Tanpa Iklan!

(foto: YouTubeVanced)

Kekurangan 

1. Tidak resmi di google play

Ini bukanlah aplikasi resmi dari Google. Sehingga tidak tersedia di PlayStore atau pun AppStore.

Mungkin kamu akan menemui aplikasi Venced YouTube pada Playstore, namun tampilan dan fitur yang ditampilkan berbeda dengan Aplikasi resminya.

2. Belum tentu aman

Aplikasi ini merupakan hasil pengembangan dari developer yang tidak mendapatkan licensi resmi Google. Sehingga tidak ada kepastian, apakah aplikasi ini aman untuk

3. Merugikan YouTube dan kreator

Aplikasi ini secara tidak langsung merugikan YouTube beserta para kreator-nya. Dengan tidak adanya iklan, penghasilan para kreator tentu berkurang.

Demikian pula penghasilan YouTube dari fitur premium yang dihadirkan serta periklanan Adsense.

4. Proses download tidak semudah biasanya

Proses downloadnya sedikit rumit, karena pengguna harus menginstal YouTube Vanced Manager sebagai pengelola utama YouTube Vanced Video dan Musik. Dan harus mengunduh package pada situs resmi mereka.

Menggunakan aplikasi di luar market resmi memang sedikit mengkhawatirkan. Akan tetapi, aplikasi ini terlihat menggiurkan dengan fitur yang premium dan sederet kelebihannya.

Namun kembali lagi, jika kamu berani mengambil risiko karena fitur yang disediakan, mengapa tidak?

5. Bad Code

Apakah Kamu pernah merasakan kekhawatiran menggunakan sebuah aplikasi? Misalnya ketika takut nge-bug atau nge-lag yang disebabkan internal program yang belum sempurna.

Tenryata, hal tersebut menjadi salah satu kelemahan aplikasi Youtube Vanced. Yup, aplikasi tersebut dapat dikatakan memiliki bad code yang menyebabkan aplikasi tersebut sering nge-bug ketika digunakan.

Selain itu, aplikasi tersebut tidak resmi dan tidak mengalami pembaharuan. Juga, tidak ada kepastian dalam pengembangan aplikasi.

6. Dibanned oleh Google

Kita semua tahu bahwa perusahaan teknologi digital terbesar di dunia memiliki aturan serta kebijakannya sendiri perihal aplikasi mod. Begitu pula dengan Google.

Seperti yang pernah disampaikan di awal bahwa Youtube Vanced adalah aplikasi tidak resmi. Maka dari itu, terdapat banyak kekurangan pada aplikasi tersbeut.

Apabila akun Gmail Kamu terdeteksi menggunakan aplikasi ilegal, kemungkinan besar akan dibanned Google.

Apabila akun Gmail yang Kamu miliki merupakan akun utama yang digunakan oleh berbagai platform, tentu akan menimbulkan sebuah permasalahan rumit.

7. Update Manual

Setiap aplikasi tentu membutuhkan update pembaruan secara rutin untuk meningkatkan performa dan perbaikan. Akan tetapi, hal tersebut sepertinya akan sulit dilakukan oleh pengguna Youtube Vanced.

Jadwal update aplikasi Youtube Vanced tergantung kepada pembuat aplikasi tersebut. Juga, aplikasi Youtube Vanced tidak dapat melakukan auto update.

Hal tersebut mengharuskan Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam melakukan pembaruan pada aplikasi yang kamu inginkan.

Hmm, sedikit membuat diri untuk berpikir dua kali untuk menggunakan, ya!

Baca juga: 5 Cara Download File di Scribd, Gratis Tanpa Login

Download YouTube Vanced

Saat mengunduh aplikasi, kamu akan menemukan 1 aplikasi utama atau induk yakni YouTube Vanced Manager yang memiliki ukuran sekitar 4,26 MB saja.

Pada Vanced Manager, kamu bisa mengunduh dan menginstal YouTube Vanced Video dan YouTube Vanced Music.

Keduanya, dibekali fitur Premium sebagai berikut ini:

  • YouTube Vanced Video tanpa iklan, baik iklan pada video atau pun iklan baner.
  • Picture in Picture, atau jendela mengambang ketika YouTube ditutup dan membuka aplikasi lain.
  • Tampilan Dark (hemat baterai).
  • Auto Repeat Video (perulangan video secara otomatis).
  • Aplikasi bebas di kustomisasi.
  • YouTube Music tanpa iklan.
  • YouTube Music bisa berjalan di background atau saat aplikasi ditutup.
  • Bisa menayangkan hanya audio saja (hemat kuota).
  • Bisa download video atau pun music sepuasnya dan dapat di tonton secara offline.
  • Melihat jumlah like dan dislike pada video.
  • Swipe control untuk mengatur kecerahan layar dan volume saat menonton video.

Untuk dapat mengunduh aplikasi YouTube Vanced, silahkan kunjungi situs YouTube Vanced  atau bisa juga melalui forum XDA Developer.

Berhenti beroperasi

Pada 13 Maret 2022, tim Youtube Vancad mengumumkan akan menutup layanan dalam beberapa hari mendatang dan tautan unduhan yang ada akan dihapus.

Aplikasi tetap berfungsi untuk pengguna yang saat ini sudah menginstalnya di Android, namun aplikasi ini tidak lagi menerima pembaruan di masa depan.

Tim Vanced mengungkapkan bahwa penghentian layanan karena legalitas dan terdapat ancaman hukum dari pemilik Youtube, Google.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.