inspirasi

20 Tanaman Hias Gantung yang bisa Ditanam di Rumah

Penulis:   | 

Ada berbagai macam tanaman hias yang bisa digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan rumahmu, salah satunya adalah tanaman hias gantung.

Sebagian besar orang menyukai tanaman hias untuk dijadikan hiasan di dalam maupun luar rumah. Tanaman hias mampu memberikan nilai estetika jika ditempatkan di tempat yang tepat. Dan tentu saja harus dirawat dengan sepenuh hati.

Selain mampu memberikan nilai estetika atau keindahan, tanaman hias juga bisa membuat hati dan pikiran menjadi tenang, sehingga dapat menekan resiko timbulnya rasa stress.

Tanaman hias gantung merupakan salah satu metode penanaman tanaman dengan cara digantung, baik di dinding rumah maupun di pohon.

Walaupun memiliki tampilan sederhana, nyatanya tanaman ini dapat mengubah nuansa dan energi hunian di rumah menjadi sangat nyaman.

Selain itu, tanaman jenis ini juga tidak memerlukan lahan yang luas sebagai media tanamnya. Cukup menggunakan pot kecil atau wadah biasa, lalu digantung.

Ada beberapa jenis bunga yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Jika kamu tertarik menanamnya, kamu bisa memilih beberapa jenis bunga berikut ini.

Baca juga: 10 Permainan Tradisional Anak, Ada Bola Bekel & Petak Umpet

1. Acalypha atau bunga ekor kucing

Mengenal 10 jenis tanaman hias gantung wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Jenis tanaman hias gantung yang pertama adalah acalypha atau yang biasanya disebut dengan bunga ekor kucing.

Tanaman hias yang memiliki bunga berbentuk ulat-ulatan ini banyak dipilih oleh pecinta tanaman hias karena memiliki bunga yang cantik.

Selain memiliki bunga yang cantik, rupanya acalypha merupakan golongan bunga yang mudah dirawat. Maka tak heran jika banyak orang yang mengaguminya.

Tidak hanya itu, tanaman hias ini ternyata termasuk tanaman yang mudah tumbuh. Walaupun mudah layu, namun saat disiram makan akan segar kembali. Hal ini dikarenakan akar tanaman ini mampu menyerap air dengan cepat.

2. Anggrek

Mengenal 10 jenis tanaman hias gantung wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Anggrek merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak jenis, dan tentu saja semuanya memiliki keindahan tersendiri.

Anggrek umumnya dijadikan sebagai tanaman hias terumana tanaman hias gantung. Hal ini dikarenakan, tanaman ini bersifat merambat sehingga sangat cocok bila ditanam dengan cara digantung.

Anggrek memiliki keunikan, yakni ia menyukai matahari, namun tidak tahan jika terkena panas matahari terlalu lama. Oleh sebab itu, tanaman ini tidak bisa hidup di daerah yang terlalu panas seperti gurun.

Anggrek dapat hidup pada kondisi ketersediaan air yang rendah. Air diperoleh dari hujan, tetesan, embun, atau uap air di udara.

Anggrek memiliki bunga yang sangat indah, untuk itu banyak pecinta tanaman hias tergila-gila akan keindahannya sehingga menjadikan tanaman hias ini sebagai primadona.

Konon, anggrek dijadikan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan dan keindahan.

3. Begonia

Mengenal 10 jenis tanaman hias gantung wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Jika kamu ingin menanam tanaman hias yang tidak membutuhkan kesulitan untuk merawatnya, begonia salah satu pilihannya. Hal ini dikarenakan, begonia masuk ke dalam kategori tanaman hias yang mudah dirawat sebab dapat tumbuh di area lembab. Sehingga, tidak membutuhkan perawatan khusus saat menanamnya.

Begonia memiliki bunga kecil dan unik, maka tak heran jika banyak pecinta tanaman hias menjadikannya sebagai hiasan di luar maupun di dalam rumah.

Tidak hanya sebagai hiasan untuk mempercantik rumah, rupanya tanaman cantik ini juga bisa menjaga sirkulasi udara di dalam rumah agar tetap jernih.

Ada beragam jenis begonia, diantaranya begonia cane, begonia rex, begonia semperflorenz, begonia tuberous, dan masih banyak ragam lainnya.

4. Fuchsia

Mengenal 10 jenis tanaman hias gantung wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Tanaman hias gantung yang wajib dipilih selanjutnya adalah fuchsia atau lebih dikenal dengan sebutan bunga anting-anting.

Fuchsia bisa tumbuh dalam kondisi suhu sedang dan dapat mekar sepanjang tahun. Sehingga, ia banyak dijumpai di area taman yang umumnya dijadikan sebagai tempat tumbuhnya berbagai jenis tanaman hias.

Media tanam yang digunakan untuk menanam tanaman hias ini, haruslah lembab dan tidak terlalu basah. Sebab, jika terlalu basah maka akan terjadi pembusukan pada akar.

Selain itu, jangan terlalu memberinya panas matahari sepanjang hari, sebab panas matahari yang berlebih akan membuat bunga anting-anting ini tidak tumbuh dengan baik.

5. Hoya carnosa

Mengenal 10 jenis tanaman hias gantung wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Jika anggrek cukup populer di kalangan masyarakat, baik yang suka tanaman hias ataupun tidak, Hoya carnosa justru sebaliknya. Nama tanaman satu ini masih cukup asing di telinga hampir sebagian besar masyarakat.

Hoya carnosa merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki bunga unik nan cantik. Dahulu, tanaman ini sudah dipelihara di taman puri bangsawan Eropa. Kemudian, mulai di kenal di kalangan masyarakat Amerika Serikat pada tahun 1970-an.

Tanaman ini sangat cocok jika ditanam dengan metode gantung, sebab ia tumbuh secara merambat dengan tinggi mencapai 3 meter.

Bentuk bunga Hoya carnosa sendiri adalah seperti bintang namun dipenuhi dengan bulu-bulu halus.

Bahkan, tanaman ini disebut sebagai tanaman lilin atau bunga porselen karena bunganya tidak terlihat seperti bunga asli melainkan bunga palsu atau bunga plastik.

Tidak hanya cantik, bunga Hoya carnosa juga mengeluarkan aroma yang sangat wangi, sehingga sangat cocok jika ditanam di dalam ruangan dan dijadikan sebagai pengharum ruangan alami.

Baca juga: Mengenal Ishaq Al Mausili, Musisi dari Baghdad Penemu Tangga Nada

6. Lantana

Mengenal 10 jenis tanaman hias gantung wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Lantana merupakan salah satu tanaman hias yang kerap disebut sebagai bunga tai ayam. Hal ini dikarenakan, bau kurang sedap yang dihasilkan saat bunganya diremas.

Kelebihan dari tanaman hias ini adalah bisa tumbuh dengan cepat. Selain itu, bunga yang dihasilkan pun dapat mekar dalam waktu yang cukup lama.

Perlu dicatat, bahwa saat menanam lantana, tidak perlu melakukan penyiraman terlalu sering. Sebab, bunga ini tidak terlalu menyukai air yang banyak. Jika kamu menyiramnya terlalu sering dengan air dalam jumlah banyak, maka akarnya akan membusuk.

Bunga lantana memiliki beragam warna, namun yang paling disukai oleh sebagian besar masyarakat adalah lantana berwarna kuning dan oranye.

7. Million Bells

Mengenal 10 jenis tanaman hias gantung wajib ditanam di rumah.

(foto: istockphoto)

Million bells merupakan tanaman hias yang masuk ke dalam keluarga petunia. Tanaman ini memiliki bentuk bunga yang cantik. Dikatakan sebagai bunga millions bells sebab bunganya berkelompok hingga menyerupai sejuta lonceng.

Bunga yang dihasilkan tanaman ini cukup unik. Sebab, dalam waktu yang singkat, bunganya akan tumbuh secara berkelompok dan bermekaran, sehingga terlihat sangat indah.

Tanaman hias ini tidak membutuhkan perawatan cukup sulit agar bunganya tetap mekar. Yang diperlukan hanyalah tanah berair dan terpupuk dengan baik saja. Jangan lupa untuk memberikan sinar matahari yang cukup.

Million bells memiliki beberapa corak bunga diantaranya ungu kebiruan, oranye, merah, serta kuning.

8. Petunia

Petunia

(foto: istockphoto)

Petunia merupakan salah satu tanaman hias yang selalu menjadi primadona di kalangan masyarakat. Dari jaman dahulu hingga sekarang, bunga ini selalu ada di rumah-rumah para pecinta tanaman hias gantung.

Petunia memiliki bunga yang berbentuk kecil namun terlihat indah. Agar bunganya mekar dalam waktu lama, diperlukan pemupukan yang tepat pada media tanam.

Tanaman hias ini sangat cocok ditanam di rumah karena tidak membutuhkan perlakuan ekstra untuk merawatnya.

Petunia memiliki beberapa warna bunga seperti fushia, keunguan, warna merah hingga merah jambu.

9. Portulaca

Portulaca

(foto: istockphoto)

Portulaca merupakan tanaman hias berasal dari Amerika Selatan yang kerap disebut dengan krokot mawar. Tanaman ini memiliki lebih dari 100 spesies yang tersebar di daerah tropis maupun sub tropis.

Tanaman ini memiliki kemampuan tumbuh dengan cepat, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman penutup tanah. Tidak hanya itu, portulaca juga sangat mudah ditanam terutama di daerah yang beriklim tropis, sehingga tidak membutuhkan perawatan yang cukup sulit.

Bunga yang dihasilkan tanaman ini juga sangat cantik dan indah. Tidak sedikit orang menanamnya untuk dijadikan sebagai hiasan seperti tanaman hias gantung maupun tanaman hias yang ditanam di tanah biasa seperti rumput.

10. Tradescantia

Tradescantia

(foto: istockphoto)

Jenis tanaman hias gantung yang terakhir adalah tradescantia. Tradescantia merupakan tanaman hias yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat sesuai dengan arah cahaya. matahari. Cara menanamnya terbilang cukup mudah. Jika di musim panas, ia membutuhkan air yang berlimpah. Namun jika di musim dingin, penyiraman haruslah dikurangi.

Tradescantia menyukai kelembapan, akan tetapi jangan terlalu berair. Sebab, terlalu banyak air akan membuat akarnya mengalami pembusukan.

Tanaman hias ini memiliki daun berwarna cantik yakni putih, hijau, dan pink. Untuk membuat daun selalu rimbun, maka diperlukan pemangkasan secara teratur.

11. Oxalis triangularis

20 Tanaman Hias Gantung yang bisa Ditanam di Rumah

(foto: istockphoto)

Salah satu tempat yang cocok diletakkan tanaman hias gantung agar terlihat lebih indah adalah teras rumah.

Teras rumah merupakan pintu bagian rumah yang bisa dilihat oleh siapa saja dari luar. Oleh sebab itu, harus terlihat rapi dan indah dengan ditanami tanaman hias gantung seperti oxalis triangularis.

Tanaman ini dikenal dengan keunikan daunnya yang mampu terbuka di siang hari dan menutup di malam hari.

Bentuk daunnya menyerupai segitiga sama seperti Namanya. Tanaman hias ini memiliki perpaduan warna yang cukup bagus, yakni warna ungu pada bagian daun, dan warna putih pada bagian bunga.

12. English ivy

20 Tanaman Hias Gantung yang bisa Ditanam di Rumah

(foto: istockphoto)

English ivy merupakan salah satu jenis tanaman hias gantung yang cocok dijadikan sebagai dekorasi teras rumah.

Tanaman hias ini memiliki bentuk yang tidak terlalu besar dengan daun rimbun dan menjuntai ke bawah. Oleh sebab itu, sangat cocok dija

Untuk membuat tampilan lebih menarik, biarkan daun menjuntai ke bawah dan jangan memotongnya.

Karena tanaman ini dapat tumbuh sangat Panjang, maka pastikan terlebih dahulu untuk menyediakan tempat yang cukup luas agar ia bisa tumbuh dengan leluasa.

English ivy merupakan tanaman yang suka terhadap cahaya sedang. Oleh sebab itu, letakkan ia di tempat yang agak teduh dan tidak terkena panas matahari secara langsung.

Namun, tanaman hias gantung ini bisa beradaptasi dengan cahaya rendah, jadi bisa diletakkan di dalam ruangan.

13. Spider plant

20 Tanaman Hias Gantung yang bisa Ditanam di Rumah

(foto: istockphoto)

Spider plant merupakan tanaman hias gantung yang tidak membutuhkan perawatan cukup sulit karena dapat menyesuaikan dengan kondisi cahaya sedang maupun rendah.

Tanaman yang kerap disebut dengan lili paris ini bisa menjadi pilihan sebagai dekorasi teras maupun ruangan.

Bentuk daunnya ramping dan runcing memanjang, terlihat sangat cantic  dan unik. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai ornament untuk mengisi ruangan atau tempat-tempat yang kososng yang berada di dalam tumah.

Bagi kamu yang sedang memelihara hewan peliharaan namun ingin memiliki tanaman hias gantung, maka spider plant adalah pilihan yang tepat.

Sebab, tanaman hias ini tidak beracun sehingga jika hewan peliharaanmu tidak sengaja memakannya, maka tidak akan menimbulkan dampak buruk.

Jangan lupa untuk selalu menyiram tanaman ini saat bagian tanahnya terlihat sedikit kering.

14. Ripple peperomia

20 Tanaman Hias Gantung yang bisa Ditanam di Rumah

(foto: istockphoto)

Untuk menambah kecantika pada setiap sisi rumah, kamu bisa mencoba menanam tanaman hias gantung yang satu ini.

Ripple peperomia memiliki bentuk daun menyerupai hati dengan berbagai pilihan warna menarik seperti hijau, krem, merah, dan abu-abu.

Karena keunikan bentuk dan warna itulah mampu menjadi daya tarik tanaman hias ini. Ripple peperomia sangat cocok diletakkan di bagian teras rumah agar para tamu yang dating bertamu bisa menikmati kencantikannya.

15. Bird nest fern

20 Tanaman Hias Gantung yang bisa Ditanam di Rumah

(foto: istockphoto)

Bird nest fern merupakan salah satu jenis tanaman hias gantung yang memiliki ciri unik, yakni bentu daun bergantung pada jumlah sinar matahri yang didaptakan.

Daun tanaman ini akan terlihat menyusut jika mendapatkan sinar matahari berlebih, sementara jika mendapat sinar matahari dalam jumlah sedikit makan daunnya akan menjadi rata.

Tanaman ini sangat menyukai lingkungan lembab, tak heran jika ia masuk ke dalam golongan tumbuhan hutan hujan tropis.

Bird nest fern juga hidup menempel pada tanaman lain untuk hidup atau sebutan lainnya epifit di alam liar.

Walaupun demikan, tanaman hias ini sangat cocok ditanam di rumah, khususnya di bagian  teras karena bisa mendapatkan cahaya matahari langsung.

Namun, jika ingin meletakkannya di dalam ruangan, kamar mandi adalah tempat yang cocok karena memiliki suhu yang cukup sejuk.

16. Sedum morganianum

20 Tanaman Hias Gantung yang bisa Ditanam di Rumah

(foto: istockphoto)

Sedum morganium merupakan tanaman hias gantung yang sangat mudah dirawat, sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin mempercantik rumah dengan tanaman namun tidak memiliki banyak waktu untuk merawatnya.

Hal ini dikarenakan, tanaman hias ini mirip dengan tanaman kaktus yang tidak membutuhkan banyak air namun harus terkena sinar matahari dalam jumlah banyak.

Oleh sebab itu, ia sangat cocok jika diletakkan di luar rumah yang dapat dijangkau oleh sinar matahari langsung seperti teras rumah ataupun halaman belakang.

Untuk lebih mudah dalam penyebutannya, sebagian besar pecinta tanaman hias menyebutnya dengan sebutan kaktus anggur karena bentuknya bergerombol menyerupai buah anggur.

Namun, tanaman hias ini memiliki kekurangan, yakni warna yang pucat sehingga tidak menonjol.

17. Heart leaf philodendron

20 Tanaman Hias Gantung yang bisa Ditanam di Rumah

(foto: istockphoto)

Sesuai dengan Namanya, tanaman hias gantung yang satu ini memiliki bentuk dau menyerupai hati. Akan tetapi, heart leaf philodendron tidak memiliki bunga. Ia hanya unggul di bagian daun saja yang bentuknya unik.

Oleh karena itu, tanaman ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menambah variasi tanaman hias di rumah atau saat sedang bosan dengan tanaman berbunga.

Tidak hanya memberikan keindahan, rupanya tanaman hias ini juga bisa bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menyerap polutan.

Seperti yang kita tahu bahwa, jika tubuh terlalu banyak menghirup polutan maka akan berdampak buruk bagi organ paru-paru dan lainnya.

Oleh sebab itu, menanam tanaman hias ini menjadi pilihan terbaik untuk menghasilkan udara segar yang bisa dihirup setiap hari.

Letakkan tanaman ini di teras rumah agar terlihat lebih manarik. Sebagai tambahan informasi, heart leaf philodendron merupakan tanaman hias yang akan tumbuh subur walau tidak mendapatkan perawatan yang ekstra.

18. Keladi

20 Tanaman Hias Gantung yang bisa Ditanam di Rumah

(foto: istockphoto)

Selama ini kita tahu bahwa keladi merupakan tanaman umbi-umbian yang memiliki daun lebar. Namun, ternyata ia juga termasuk tanaman hias yang bentuk daunnya bisa berubah.

Keladi atau syngonim podophylim ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias gantung dengan bentuk daun lebih kecil.

Kelopaknya akan berubah menjadi serupa dengan jari tangan. Tanaman hias ini tidak membutuhkan perawatan yang sulit karena jarang mengundang hama.

Karena tanaman ini tumbuh merambat, jadi pastikan untuk menggantungnya lebih tinggi agar bisa merambat cantic ke bawah.

19. String of pearls

20 Tanaman Hias Gantung yang bisa Ditanam di Rumah

(foto: istockphoto)

Sama seperti sedum morganianum, tanaman hias satu ini juga sama seperti kaktus. Ia memiliki bentuk hampir sama seperti anggur.

String of pearls merupakan tanaman hias yang bisa hidup di daerah kering karena tidak membutuhkan banyak air, namun ia suka terhadap cahaya matahari sevara langsung.

Ia memiliki bunga berwarna putih, yang bisa menghasilkan aroma unik seperti kayu manis. Tanaman ini sangat cocok ditanam sebagai tanaman hias gantung karena dapat tumbuh menjalar.

20. Spanish moss

20 Tanaman Hias Gantung yang bisa Ditanam di Rumah

(foto: istockphoto)

Spanish moss atau yang biasa disebut dengan tanaman gantung jenggot merupakan tanaman hias yang dapat tumbuh di pepohonan.

Ia memiliki bentuk unik yakni seperti rumput atau tali kusut yang menjuntai ke bawah, sehingga sangat cocok jika ditanam dan diletakkan di bagian teras rumah.

Saat tanaman hias ini hidup di alam liar, banyak burung menggunakannya sebagai sarang sebab bentuknya yang rimbun dan seperti helaian rumput.

Akhir Kata

Jenis-jenis tanaman hias gantung di atas, mungkin seringkali kamu jumpai di berbagai tempat. Jika kamu ingin menanamnya sebagai hiasan di rumah, maka kamu bisa menemukannya di toko bunga terdekat.

Namun, perlu diingat bahwa setiap tanaman yang kita tanam, haruslah dirawat dengan sungguh-sungguh agar kita bisa merasakan keindahannya dalam jangka waktu panjang.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.